Sukses


Nick Pope, Kiper Masa Depan Inggris yang Ungguli Raihan Clean Sheets Kiper Liverpool

Bola.com, Burnley - Persaingan Sarung Tangan Emas Premier League 2019-2020 bakal berlangsung ketat. Nick Pope, yang mengawal jala Burnley, memunculkan kejutan karena mampu mengungguli nama-nama tenar.

Sampai Kamis (2/7/2020), Nick Pope mampu menahbiskan diri sebagai kiper paling banyak melakukan clean sheets di Premier League. Kiper asal Inggris itu membukukan 13 clean sheets dari 2.880 menit bermain bersama Burnley.

Jumlah itu berhasil menungguli pencapaian milik kiper Liverpool, Alisson Becker. Kiper asal Brasil mencatatkan 12 clean sheets dalam 1.915 menit bermain.

Nick Pope juga mampu melakukan 98 penyelamatan di Premier League. Penampilan apik Nick Pope berdampak langsung pada pencapaian Burnley saat ini di Premier League yang menghuni peringkat kesembilan pada klasemen sementara.

"Sejak muda, saya didorong untuk menonton proses terjadinya gol. Terutama gol-gol terbaik. Sehingga bisa melihat dan mengetahui kekuatan pemain lain dalam mencetak gol lalu memanfaatkan hal tersebut untuk penampilan saya sendiri," kata Nick Pope seperti dikutip Burnley Express, Kamis (2/7/2020).

Sementara itu, di posisi ketiga ada empat nama. Mareka adalah Ederson Morales (Manchester City), Dean Henderson (Sheffield United), Kasper Schmeichel (Leicester City), dan Rui Patricio (Wolverhampton) yang mengoleksi masing-masing 11 clean sheets.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kiper Masa Depan Inggris

Nick Pope lahir di Soham, Inggris pada 19 April 1992. Karier profesionalnya dimulai di Charlton Athletic pada Divisi Championship 2012-2013.

Ketika itu, Nick Pope hanya mendapatkan kesempatan sekali bermain. Namanya mulai rutin dimainkan Charlton Athletic pada musim 2015-2016 yakni sebanyak 24 kali.

Sebelumnya, Charlton Athletic lebih sering melepas Nick Pope sebagai pemain pinjaman. Kiper berpostur 191 itu dibuang ke Harrow Borough, Welling United, Cambridge United, Aldershot Town, York City, dan Burry Town.

Pada 2016, Burnley mendatangkan Nick Pope ke Turf Moor. Dalam debutnya, Nick Pope belum dipercaya bermain di Premier League dan hanya bermain di Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Musim 2017-2018, Nick Pope akhirnya dipromosikan menjadi kiper utama. Ketika itu, Nick Pope mampu tampil sebanyak 35 kali. Penampilan apiknya itulah yang membuat Nick Pope menembus Timnas Inggris.

Nick Pope kemudian menjalani debut bersama Timnas Inggris pada 7 Juni 2018 dalam usia 26 tahun 1 bulan dan 19 hari. Manajer Gareth Southgate memberinya 25 menit bermain dalam laga persahabatan melawan Kosta Rika.

Nick Pope kini menjadi kiper masa depan Timnas Inggris. Nick Pope akan bersaing dengan Jordan Pickford (Everton) dan Dean Henderson (Sheffield United).

"Beberapa tahun lalu, kiper mungkin semuanya tentang clean sheets. Akan tetapi, sekarang Anda melihat kiper yang mampu mengubah tempo seluruh pertadingan seperti memulai serangan, membangun serangan, dan itu berkembang dalam beberapa tahun terakhir," ucap Nick Pope.

Video Populer

Foto Populer