Sukses


Superstar Liga Inggris: Phil Foden, Bermasalah di Timnas Inggris tetapi Dapat Pujian di Manchester City

Bola.com, Wolverhampton - Gelandang Manchester City, Phil Foden, sempat tersandung masalah ketika membela Timnas Inggris. Namun, permasalahan yang melanda tak memengaruhi performa Foden bersama Man City.

Pemain berusia 20 tahun tersebut membuat kisruh ketika membela Timnas Inggris pada ajang UEFA Nations League, awal September 2020. Phil Foden bersama Mason Greenwood melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Keduanya mengundang wanita ke kamar hotel tempat The Three Lions menginap pasca-duel kontra Islandia. Akibatnya, Foden dan Greenwood dicoret dari skuad Timnas Inggris.

Merasa bersalah, Phil Foden mengutarakan permintaan maaf. Melalui unggahan di Twitter, Foden meminta maaf kepada pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, Manchester City hingga fans.

"Menyusul pemberitaan yang muncul hari ini menyoal aksi saya di Islandia, saya ingin membuat permintaan maaf. Saya meminta maaf kepada Gareth Southgate, rekan setim saya di Inggris, staf juga klub serta keluarga," tulis Phil Foden di akun Twitternya pada 8 September lalu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Gemilang di Manchester City

Meski bermasalah di Timnas Inggris, Phil Foden masih menjadi andalan bersama Manchester City. Foden tampil sejak menit awal saat Man City bersua Wolverhampton Wanderers pada laga pekan kedua Premier League, di Molineux Stadium, Selasa (22/9/2020) dini hari WIB.

Bermain sebagai gelandang serang kanan, Phil Foden menjadi penyeimbang di lini tengah Man City. Berdasarkan statistik di Whoscored, akurasi umpan Foden mencapai 94 persen, mencatatkan empat dribel sukses, dan melepaskan dua tembakan.

Sang pemain pun berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-32. Umpan Raheem Sterling dari sisi kiri mampu dikonversikan Phil Foden menjadi gol dengan tembakan.

Sampai pertandingan berakhir, Manchester City mengunci kemenangan 3-0 atas Wolverhampton. Dua gol The Citizens lainnya tercipta atas nama Kevin De Bruyne pada menit ke-20 dan Gabriel Jesus menit ke-90+4.

3 dari 3 halaman

Dipuji Pep Guardiola

Penampilan Phil Foden mendapat pujian dari manajer Manchester City, Pep Guardiola. Manajer asal Spanyol itu menyebut Foden memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap performa Man City.

"Sejak hari pertama dia berlatih dengan sangat baik. Selain gol yang dicetak, pada babak pertama dia tidak terlalu terlibat, tetapi pada babak kedua dia bermain sangat baik," ucap Guardiola.

"Sepanjang waktu dia bermain dengan kami, apakah lima atau 90 menit, dia memberi pengaruh dan berkontribusi bagi tim. Tidak terkecuali pada hari ini," tambahnya.

Sumber: Whoscored, BBC

Video Populer

Foto Populer