Sukses


Mikel Arteta Curhat Sulitnya Memberi Tahu Mesut Ozil soal Tak Masuk Skuad Liga Europa

Bola.com, Jakarta Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengakui sangat sulit saat memberi tahu Mesut Ozil bahwa dirinya tidak masuk daftar 25 pemain untuk Liga Europa.  

Masa depan Mesut Ozil sudah menjadi sorotan karena tidak pernah dimainkan sejak Maret 2020. Artinya, pada musim ini dia juga sama sekali belum pernah diturunkan oleh Arteta. 

Puncaknya, pemain berkebangsaan Jerman itu tidak masuk dalam daftar pemain untuk Liga Europa musim 2020/2021. Arteta mengaku memberi tahu keputusannya secara langsung kepada sang pemain dan juga penggawa lain yang tidak masuk daftar itu. 

"Saya bicara dengan berhadapan langsung dengan mereka sebelum merilis skuad. Saya menjelaskan alasan mengapa jumlah itu yang kami miliki," kata Arteta, seperti dilansir Metro, Sabtu (17/10/2020), menjelang duel melawan Manchester City. 

"Sangat sulit menjelaskan hal itu kepada mereka, tapi ini batasan dan aturan. Kami harus menghormati keputusan itu dan berusaha berlatih sebaik mungkin untuk membantu tim pada saat itu dan kita lihat apa yang terjadi pada Desember," imbuh Arteta. 

 

2 dari 3 halaman

Sikap Terbuka

Sebelumnya, Direktur Teknik Arsenal, Edu, juga buka-bukaan tentang cara yang dilakukan klub untuk memberitahukan kabar tidak menyenangkan itu kepada sang pemain. 

Selain Mesut Ozil, pemain lain yang tidak masuk skuad itu adalah Sokratis Papastahopolos. Bahkan, Ozil kemungkinan akan dipaksa hengkang dari Arsenal sebelum Januari 2021 karena klub sedang berusaha membicarakan tentang pemutusan kontrak lebih dini.  

Edu dan manajer Arsenal, Mikel Arteta, berdiskusi terlebih dahulu untuk memilih cara terbaik menyampaikan kabar itu. Mereka akhirnya memilih cara memberitahukan secara langsung, alias melalui tatap muka. 

"Kami harus mengatur jumlah pemain asing di skuad karena hanya boleh memasukkan 17 ke daftar skuad kami. Saya berbicara kepada Mikel tentang pemain yang mungkin kami tinggalkan dan kami mendiskusikan juga bagaimana menangani situasi menantang seperti ini," kata Edu, seperti dilansir The Sun, Jumat (9/10/2020). 

"Cara yang kami pertimbangkan adalah duduk bersama dengan sang pemain dan kami terbuka terhadap mereka dan juga berbicara kepada sang agen." 

"Satu-satunya caranya adalah bertatap muka langsung dan menjelaskan dengan jelas mengapa Mikel membuat keputusan itu. Dan saya rasa kami melakukannya dengan baik," imbuh Edu tentang cara memberi tahu Mesut Ozil dan pemain lain yang tidak masuk skuad Liga Europa. 

Sumber: Metro

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer