Sukses


Liga Inggris: Cesar Azpilicueta Merasa Bersalah Gawang Chelsea Jadi Lumbung Gol

Bola.com, Jakarta - Lini pertahanan Chelsea jadi sorotan dalam lima pekan terakhir Liga Inggris 2020/2021. Bek sekaligus kapten tim, Cesar Azpilicueta, menyatakan bahwa dirinya lah yang layak disalahkan atas performa buruk The Blues.

Masalah ini sebenarnya sudah terlihat sejak musim kemarin. Dalam pentas di Premier League saja, Chelsea kebobolan 54 gol dari 38 pertandingan. Untungnya mereka masih mampu finis di peringkat ke-4.

Sebagai perbandingan, torehan kebobolan Chelsea pada musim kemarin tidak lebih baik dari Brighton. Dan perlu diketahui bahwa Brighton harus bersusah payah untuk menghindari zona degradasi.

Chelsea mendatangkan Edouard Mendy, Thiago Silva, hingga Ben Chilwell untuk mengatasi permasalahan ini. Sayangnya, sejauh ini, the Blues baru mencatatkan satu kali clean sheet dalam lima pertandingan perdananya di Premier League.

Bukan cuma sebagai kapten, Azpilicueta juga harus turut bertanggung jawab atas masalah ini. Sebab ia kerap kali dipercaya oleh Frank Lampard untuk mengawal sektor kanan pertahanan Chelsea.

Tentu saja, ia merasa bersalah saat melihat timnya kebobolan banyak gol. Oleh karenanya, Azpilicueta berharap rekannya untuk tidak memperpanjang catatan buruk tersebut waktu berhadapan dengan Sevilla.

"Saat anda lemah secara pertahanan, terkadang kami merasa harus mencetak tiga sampai empat gol di setiap pertandingan. Sebagai bek, saya merasa bersalah saat kebobolan banyak gol," ujar Azpilicueta dikutip dari Goal International.

"Chelsea harus membenahi kesalahan personal dan secara kolektif mengambil keputusan yang lebih baik. Selama semusim, anda takkan bermain dengan indah dan menang tiga atau empat gol setiap pertandingan," lanjutnya.

Video

2 dari 2 halaman

Bikin Repot Penyerang

Selama situasinya belum berubah, lini penyerangan Chelsea bakalan mendapatkan beban yang berat. Sebab mereka harus mencetak banyak gol agar the Blues bisa membawa pulang tiga poin dari setiap pertandingan.

"Ini adalah masalah yang harus kami selesaikan secara kolektif dan individu. Terkadang anda bisa lolos, tapi anda tidak bisa bergantung pada setiap pertandingan untuk mencetak tiga gol," tambahnya.

"Anda juga harus mendapatkan clean sheet. Penting bagi kepercayaan tim untuk memiliki soliditas ini. Kami harus mendapatkan konsistensi untuk tidak kebobolan gol."

"Saat anda punya soliditas di pertahanan, itu akan memberi dorongan bagi seluruh tim, kepada pemain menyerang untuk menciptakan peluang," pungkas mantan pemain Marseille tersebut.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 20/10/2020)

Liga Inggris: Manchester United Digilas Liverpool 0-5 di Old Trafford

Video Populer

Foto Populer