Sukses


Liga Inggris: Marco van Basten Kritik Transfer Donny van de Beek ke Manchester United

Bola.com, Jakarta - Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, menyesalkan transfer Donny van de Beek ke Manchester United. Meski mendapatkan gaji lebih besar, Donny van de Beek membuat langkah keliru karena jarang bermain.

Donny van de Beek resmi menjadi pemain Manchester United pada awal musim 2020/2021. Gelandang berusia 23 tahun itu dibeli dengan harga 40 juta pound oleh The Red Devils.

Sebenarnya, Donny van de Beek menjadi rebutan banyak klub pada awal musim 2019/2020. Real Madrid menjadi peminat utamanya. Begitu pula dengan Juventus. Namun, Ajax enggan melepasnya.

Donny van de Beek mulai dipercaya tampil di tim utama Ajax sejak 2015. Dia mulai bermain secara reguler pada musim 2017/2018. Setelah itu, dia juga menjadi andalan lini tengah Timnas Belanda.

Setelah bermain reguler di Ajax, Donny van de Beek mengalami fase sulit di Manchester United. Ia belum menjadi pilihan utama Ole Gunnar Solskjaer.

Ia belum menjadi pilihan utama Ole Gunnar Solskjaer. Donny van de Beek baru sekali tampil sebagai pemain inti Manchester United, itupun dalam laga Carabao Cup.

"Donny seharusnya tidak pergi ke Manchester United," ucap Marco van Basten kepada Ziggo Sport, seperti dikutip dari SportMole.

Video

2 dari 2 halaman

Gaji Besar, Tak Seharusnya di Bangku Cadangan

Marco van Basten menilai pemain seperti Donny van de Beek tidak seharusnya duduk di bangku cadangan Manchester United. Pemain berusia 23 tahun itu harus bermain reguler untuk mengembangkan bakat yang dimiliki.

"Ketika Anda adalah pemain bagus, Anda ingin bermain setiap pekan. Sangat buruk bagi pemain seperti Donny jika hanya bermain enam atau tujuh pertandingan pada tahun ini," lanjut mantan pemain AC Milan itu.

Donny van de Beek hanya bermain dalam empat dari enam laga Manchester United di Premier League. Semua kesempatan itu sebagai pemain pengganti. Donny van de Beek baru bermain selama 60 menit, Marco van Basten merasas kondisi itu cukup buruk.

"Itu mengejutkan untuk ritme pertandingan Anda. Saya tahu dia mendapatkan gaji yang besar dan lebih banyak dari biasanya. Tapi, sebagai pemain top, Anda harus kritis dan melihat peluang bermain ketika Anda bergabung bersama klub baru," ujar Marco van Basten.

"Donny van de Beek harus menunggu prospek yang lebih baik dan menandatangani kontrak dengan klub lain," lanjut peraih satu gelar Ballon d'Or itu.

Video Populer

Foto Populer