Sukses


Manchester United Vs Arsenal, Mikel Arteta Unggul atas Ole Gunnar Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Pertandingan antara Manchester United kontra Arsenal dalam lanjutan Premier League 2020/2021, Minggu (1/11/2020), bukan hanya jadi pertempuran antara para pemain di lapangan hijau. Pertandingan ini akan menjadi adu strategi yang menarik di antara dua manajer tim, Ole Gunnar Solskjaer dan Mikel Arteta.

Manchester United menjamu Arsenal di Old Trafford dalam laga pekan ketujuh Premier League. Manchester United berada di peringkat ke-15 klasemen sementara Premier League dengan tujuh poin dari lima pertandingan yang sduah mereka mainkan.

Sementara itu, Arsenal berada di peringkat ke-11 dalam klasemen sementara Premier League. The Gunners memiliki sembilan poin dari tiga kemenangan dalam enam pertandingan yang sudah mereka jalani.

Baik Ole Gunnar Solskjaer maupun Mikel Arteta merupakan dua manajer muda di Liga Inggris. Solskjaer baru berusia 47 tahun, sementara Arteta berusia 38 tahun.

Masih relatif muda, tapi kedua manajer ini memiliki segudang pengalaman. Ole Gunnar Solskjaer sudah memimpin Manchester United dalam 99 pertandingan, termasuk 19 di antaranya sebagai caretaker. Sementara itu, Arteta sudah menangani The Gunners dalam 39 pertandingan hingga saat ini.

Dari catatan yang dimiliki kedua manajer itu, Arteta masih punya rekor yang lebih baik ketimbang Solskjaer. Apa saja keunggulan Arteta dibanding manajer Manchester United asal Norwegia itu?

Video

2 dari 4 halaman

Unggul Rataan Poin per Pertandingan

Selama 39 kali menangani Arsenal, Arteta sukses meraih 24 kali kemenangan, enam hasil imbang, dan sembilan kali kekalahan. Dari hasil ini, mereka meraih 78 poin. Rata-rata tiap pertandingan, Arteta meraih 2 poin per laga.

Sementara, Solskjaer sudah 80 kali menakhodai Manchester United sebagai manajer. Dari 80 laga tersebut, ia meraih 42 kali kemenangan, 18 kali bermain imbang, dan 20 kali kalah.

Manchester United, selama kepemimpinan Ole, mendapat 144 poin. Rata-rata, dalam setiap pertandingan, Ole meraih 1,80 poin.

3 dari 4 halaman

Unggul Head to Head

Sepanjang kariernya menangani Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer sudah empat kali berhadapan dengan Arsenal. Namun, catatan yang dimilikinya tak terlalu bagus.

Ia hanya bisa meraih satu kemenangan atas The Gunners. Sisanya, ia mendapat satu kali hasil imbang dan dua kali kalah.

Satu-satunya kemenangan Solskjaer terjadi kala timnya bertemu dengan Arsenal pada laga putaran keempat Piala FA, 25 Januari 2019 lalu. Waktu itu, timnya menang dengan skor 3-1.

Sementara itu, sepanjang kariernya sebagai manajer Arsenal, Arteta baru satu kali menghadapi United. Dalam pertandingan pekan 21 Liga Inggris musim 2019/2020, The Gunners menang dengan skor 2-0.

Laga ini sekaligus pertama kalinya Arteta beradu strategi dengan Ole sebagai sesama manajer tim Premier League.

4 dari 4 halaman

Manchester United Unggul Tipis di Pertahanan

Dalam 39 pertandingan yang sudah dilalui bersama Arteta, Arsenal mencetak 71 gol dan 43 kali kebobolan. Sementara, dalam 80 laga mereka bersama Solskjaer, Manchester United mencetak 146 gol dan 86 kali kebobolan.

Dari data ini, United memiliki rataan produktivitas mencetak gol yang sama dengan Arsenal. Rata-rata, mereka berdua sama, mencetak 1,8 gol setiap pertandingan.

Dalam aspek pertahanan, kedua tim ini pun memiliki raihan yang relatif sama meski Manchester United unggul tipis. Dalam pertandingan mereka, gawang Manchester United rata-rata kebobolan 1,075 kali. Sementara, Arsenal rata-rata kebobolan 1,1 kali.

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah/Richard Andreas, published 31/10/2020)

Video Populer

Foto Populer