Sukses


Liga Inggris: Arsenal Punya Thomas Partey, Seharusnya Mesut Oezil Mendapat Tempat

Bola.com, Jakarta - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mungkin bakal menyesali keputusan mencoret Mesut Ozil dari skuat The Gunners pada musim ini. Arsenal sekarang punya masalah kreativitas untuk membongkar pertahanan lawan.

Arsenal memang bermain lebih tangguh saat ini. Terbukti sejak kedatangan Thomas Partey, The Gunners memiliki catatan yang cukup baik, termasuk saat menang 1-0 di markas Manchester United.

Namun, ketangguhan itu mengorbankan sisi kreativitas yang seharusnya ada. Kekalahan 0-1 dari Leicester City beberapa waktu lalu adalah contoh yang paling tepat, di mana Arsenal bermain baik dan mendominasi, tapi kehabisan ide untuk membongkar taktik parkir bus tim tamu.

Seharusnya pemain seperti Mesut Ozil bisa menjadi pembeda dalam pertandingan tersebut. Sayangnya, pemain asal Jerman itu sudah tidak masuk dalam rencana Mikel Arteta, padahal bisa saja kombinasi antara Partey dan Ozil mungkin bisa menjadi senjata terbaik Arsenal.

Hal itu diungkapkan seorang analis Premier League, Paul Merson. Menurutnya, pemain seperti Partey sangat cocok untuk membantu pemain seperti Ozil.

Kedua pemain tersebut bakal saling melengkapi. Partey dan Ozil akan membentuk tim yang tangguh sekaligus kreatif, sesuatu yang seimbang di lini tengah Arsenal. Merson mengambil contoh pertandingan Chelsea pada pekan lalu, di mana kombinasi N'Golo Kante, Mason Mount, dan Kai Havertz berjalan apik.

"Saya kira seharusnya sekarang ada ruang untuk Ozil setelah kedatangan Partey di dalam tim," ujar Merson kepada Sky Sports.

"Saya melihat Chelsea melawan Burnley, mereka memainkan empat bek, N'Golo Kante bermain di depan bek dan membiarkan gelandang lain berniat bebas. Karena Kante bermain di posisi itu, Kai Havertz dan Mason Mount menjadi lebih bebas berkreasi," lanjutnya.

Video

2 dari 2 halaman

Ada Partey, Ozil Bebas

Sayangnya, Ozil tidak lagi bisa bermain untuk Arsenal pada musim ini. Paling tidak sampai pendaftaran pemain berikutnya setelah bursa transfer Januari, atau ketika Arsenal mencapai fase gugur Liga Europa. Mikel Arteta mungkin saja mengubah keputusannya dalam dua kesempatan itu.

"Dengan adanya Partey yang sangat dominan di tengah dan tidak mudah kehilangan bola, saya kira seharusnya sekarang ada ruang untuk Ozil," ujar Merson.

"Jika lawan menjaga ketat Ozil, masih ada Partey yang nyaman membawa bola dan bisa menyulitkan. Ini adalah sebuah trik yang hilang dari Arsenal, tapi ini hanya pendapat saya."

"Partey sebagus itu dan seharusnya dia bisa membuka ruang untuk Ozil. Namun, Ozil tidak masuk tim untuk satu alasan yang jelas, dan itu karena dia tidak banyak berlari," lanjutnya.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 3/11/2020)

Video Populer

Foto Populer