Sukses


Sudah Deh Liverpool Jangan Ngeyel, David Alaba Sosok yang Kalian Butuhkan Segera! Ini 10 Alasannya

Bola.com, Jakarta - Liverpool membutuhkan bek tengah baru dengan kualitas mumpuni secepatnya. David Alaba bisa menjadi rekrutan yang ideal untuk The Reds.

Kontrak Alaba dengan Bayern Munchen akan berakhir pada akhir musim. Setelah negosiasi panjang tanpa hasil, Bayern menarik tawaran terakhir mereka pada awal bulan ini.

"Jawabannya adalah tawaran itu masih belum memuaskan dan kami harus memikirkannya lagi," terang presiden klub Herbert Hainer.

"Kami kemudian memutuskan untuk menarik kembali tawaran itu. Artinya tidak ada lagi tawaran untuknya," timpalnya lagi

Alaba sudah memperkuat Bayern sejak 2008. Pemain asal Austria itu telah membuat 396 penampilan untuk raksasa Jerman tersebut. Sekarang Alaba sepertinya akan meninggalkan Bayern. Liverpool disebut-sebut sebagai salah satu destinasi bagi sang pemain.

Liverpool saat ini tengah mengalami krisis bek tengah karena dihantam cedera. The Reds mungkin bisa menjadi Alaba sebagai rekrutan idealnya pada Januari 2021.

Berikut ini 10 alasan mengapa Alaba bisa menjadi target ideal bagi Liverpool di bursa transfer Januari seperti dilansir thisisAnfield.com.

Video

2 dari 11 halaman

Dampak Kilat

ni menjadi musim yang paling bergejolak dan menuntut dalam sejarah sepak bola. Liverpool sudah merasakan beban dari jadwal padat yang berkaitan dengan cedera.

Virgil van Dijk dipastikan absen sepanjang musim. Permain-pemain seperti Fabinho, Thiago, Trent Alexander-Arnold, dan Joe Gomez sudah masuk ruang perawatan. Andrew dan Jordan Henderson adalah pemain terbaru yang mengalami cedera.

Jurgen Klopp mencari pemain di akademi Liverpool untuk menambal skuadnya. Namun, merekrut Alaba akan menjadi solusi langsung dalam berbagai peran, terutama bek tengah.

3 dari 11 halaman

Bisa Bermain di Banyak Posisi

Salah satu kualitas luar biasa yang diberikan Alaba untuk Bayern Munchen dan timnas Austria selama bertahun-tahun adalah kemampuannya untuk bermain di sejumlah posisi berbeda dengan standar tinggi.

Sekarang ini Alaba beroperasi sebagai bek tengah di Bayern sehingga memungkinkan sang pemain untuk menjadi pengganti Van Dijk. Sementara itu, Alaba sudah menjadi pemain reguler di lini tengah negaranya.

Namun, Alaba juga bisa bermain sebagai bek kiri, di kedua sisi lini tengah dan bahkan sebagai pemain nomor 10. Dalam setiap peran dia mampu mempengaruhi jalannya pertandingan.

4 dari 11 halaman

Matang Jam Terbang

Setelah berusia 28 tahun pada bulan Juni, Alaba lebih muda dari Jordan Henderson, Van Dijk, James Milner, Gini Wijnaldum, Thiago, Joel Matip, Roberto Firmino, Xherdan Shaqiri, Sadio Mane. Ia juga satu pekan lebih muda dari Mohamed Salah.

Meskipun begitu, Alaba mendekati 400 penampilan untuk Bayern - termasuk 255 di Bundesliga dan 85 di Liga Champions. Ia telah bermain 73 kali untuk negaranya, seringkali sebagai kapten.

Pengalaman ini sangat penting bagi Klopp, seperti yang dibuktikan saat merekrut Thiago.

5 dari 11 halaman

Kombinasi Mematikan Alaba dan Thiago

Alaba dan Thiago telah bermain bersama-sama dalam 184 kesempatan. Ini menjadi yang ke-10 terbanyak dari kombinasi apapun sepanjang karier Alaba sejauh ini. Dalam hal menit, yakni selama 13.280 menit, itu adalah yang terbanyak kedelapan.

Mereka menjalin ikatan yang kuat selama berada di Bayern dan ini diterjemahkan ke dalam lapangan. Mereka juga diandalkan sebagai dua operator terbaik Bayern di posisi yang lebih dalam.

Menghidupkan kembali kombinasi ini di Liverpool sepertinya akan sangat berguna bagi klub.

6 dari 11 halaman

Murah Meriah

Sama seperti Thiago, yang situasi kontraknya yang akan berakhir di Bayern memungkinkan Liverpool untuk merekrutnya senilai 25 juta pounds, Alaba akan menjadi rekrutan yang murah.

Meski Bayern masih ingin mempertahankannya selama sisa musim ini dan mengizinkannya pergi dengan gratis pada musim panas mendatang, harga yang tepat bisa menggoda mereka untuk menjual lebih awal.

Dan tidak diragukan lagi Michael Edwards adalah orang yang tepat untuk melakukan negosiasi itu.

7 dari 11 halaman

Barkarakter

Setiap perekrutan pemain yang dilakukan Liverpool tidak hanya harus mencapai standar dalam hal kemampuan di lapangan tetapi sang pemain juga harus memiliki karakter di luar lapangan. Klopp biasanya berbicara secara pribadi kepada setiap calon pemain baru sebelum mereka datang ke klub.

Pernyataan dari manajer Bayern Hansi Flick ini menunjukkan bahwa Alana akan cocok untuk Klopp: “Saya akan sangat senang jika dia tetap bertahan di luar musim ini, dia adalah pemain yang fantastis dan manusia yang fantastis," kata Flick.

“Saya ingin menekankan hal itu lagi karena dia sangat penting bagi tim di lapangan, di luar lapangan, dia mewujudkan nilai-nilai tertentu dan sangat populer dengan tim dan penggemar. Saya akan sangat senang jika dia tetap bertahan."

8 dari 11 halaman

Bisa Jadi Serep Wijnaldum

Di luar masalah cedera yang terjadi pada musim ini, masalah lain paling mendesak bagi The Reds adalah mencari pengganti Wijnaldum, yang telah membuktikan dirinya sebagai pemain penting sejauh musim ini.

Pemain asal Belanda itu tidak akan memperpanjang masa tinggalnya di Anfield. Ia telah banyak diberitakan akan pergi dengan status bebas transfer pada akhir musim.

Sementara Alaba yang awalnya masuk sebagai bek tengah, bisa mengisi lini tengah Liverpool. Pemain Austria itu akan bergabung dengan Thiago, Fabinho, Henderson, Naby Keita dan Curtis Jones sebagai opsi reguler untuk Klopp.

9 dari 11 halaman

Penerus Milner

Kemungkinan tidak lama setelah Wijnaldum pergi, Milner juga bisa melakukan hal yang sama. Wakil kapten yang akan berusia 35 tahun pada Januari itu akan memasuki 18 bulan terakhir kontraknya.

Milner masih menjadi pemain yang berguna untuk Liverpool. Namun, kemampuannya akan menurun seiring dengan berjalannya waktu.

Menjalani peran reguler di satu posisi akan sangat ideal. Namun, kemampuan Alaba mengisi posisi bek kiri dan sejumlah peran lainnya tentu mengingatkan semua orang pada Milner.

10 dari 11 halaman

Bagus Buat Kepentingan Jangka Panjang

Membangun kedalaman skuad yang lebih dan transisi setelah Wijnaldum dan Milner akan menjadi bagian dari rencana jangka panjang Jurgen Klopp dan Michael Edwards.

Liverpool mungkin juga akan membahas masa depan Joel Matip jika masalah cederanya terus berlanjut. Sekarang bisa menjadi musim yang penting bagi pemain nomor 32 itu, meski telah menandatangani kontrak baru hingga 2024 pada Oktober lalu.

Kedatangan Alaba bisa menjadi langkah selanjutnya bagi Liverpool karena skuadnya terus berkembang.

11 dari 11 halaman

Kelas Dunia

Sederhananya, Alaba adalah pemain yang perlu direkrut Liverpool untuk memastikan mereka tetap di puncak dan bersaing memperebutkan gelar Premier League dan trofi Liga Champions.

Pemain berusia 28 tahun ini bisa dibilang bakal menjadi langkah maju dari sejumlah starter di skuad Klopp dan jika dia bersedia menerima peran yang mirip dengan Thiago yaitu sebagai pemain kunci, tetapi masih menjadi bagian dari rotasi. Karena itu, ia akan menjadi tambahan yang ideal bagi Liverpool.

Klopp pasti akan menikmati kesempatan bekerja dengan pemain yang dikaguminya selama menjadi manajer Borussia Dortmund dan Liverpool. Dan Alaba sepertinya akan menikmati kesempatan bermain untuk Liverpool jika hal itu muncul.

Sumber asli: This is Anfield

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 16/11/2020)

 

Video Populer

Foto Populer