Sukses


Perjalan Karier Javier Mascherano di Liga Inggris: Timbulkan Polemik di West Ham hingga Jadi Bintang di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Javier Mascherano merupakan satu di antara pesepak bola asal Argentina yang pernah bermain di Inggris. Namun, awal karier Mascherano di Inggris sempat diwarnai polemik bersama West Ham United, sebelum akhirnya menjadi bintang bersama Liverpool.

Javier Mascherano merupakan satu di antara pemain yang banyak diburu klub-klub Eropa pada bursa transfer musim panas 2006. Real Madrid, Barcelona, hingga Juventus kepincut dengan penampilan impresif pemain asal Argentina itu bersama Corinthians.

Akan tetapi, Mascherano memutuskan untuk tidak bergabung dengan satu di antara ketiga klub tersebut. Dia justru memilih untuk melanjutkan kariernya bersama klub medioker Premier League, West Ham United.

Javier Mascherano bersama dengan Carlos Tevez diboyong West Ham dari Corinthians pada bursa transfer musim panas 2006. Namun, transfer Mascherano serta Tevez ke West Ham United menimbulkan polemik.

Pasalnya, The Hammers tidak sepenuhnya memiliki kedua pemain tersebut. West Ham dikabarkan hanya menjadi batu loncatan bagi Javier Mascherano dan Carlos Tevez untuk menjalani karier di Eropa.

Hingga akhirnya diketahui jika hak ekonomi kedua pemain tersebut dipegang Media Sports Investments yang dimiliki Kia Joorabchian. Nantinya, dana hasil penjualan Javier Mascherano dan Tevez tidak masuk ke rekening West Ham United, melainkan Media Sports Investments.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Gagal Beri Kontribusi Positif

Tak hanya menimbulkan masalah terkait kepemilikan pihak ketiga, kehadiran Javier Mascherano ternyata tak membawa dampak positif buat West Ham United. Sebelum Mascherano bergabung, The Hammers meraih satu kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan.

Namun setelah eks gelandang Timnas Argentina itu bergabung, West Ham justru menelan delapan kekalahan dan satu hasil imbang dari sembilan pertandingan di semua kompetisi.

Situasi tersebut membuat Javier Mascherano disebut-sebut kesulitan beradaptasi dan ingin hengkang dari West Ham United. Lalu, pada 16 Januari 2007, Liverpool meminta izin kepada FIFA agar bisa meminjam Mascherano dari West Ham.

Pasalnya, FIFA melarang seorang pemain tampil bersama dua klub pada periode antara 1 Juli hingga 30 Juni tahun berikutnya. Adapun saat itu, Mascherano telah bermain untuk Corinthians dan West Ham.

Hingga akhirnya, FIFA memberikan lampu hijau kepada Liverpool untuk menggaet Javier Mascherano pada 2 Februari 2007.

3 dari 3 halaman

Bersinar Bersama Liverpool

Bergabung dengan Liverpool, perjalanan karier Mascherano semakin bersinar. Dia menjadi pemain andalan The Reds di lini tengah. Pada paruh musim berseragam Liverpool, Javier Mascherano tampil dalam 11 laga.

Mascherano juga turut membantu Liverpool finis di peringkat ketiga klasemen Premier League dan menembus final Liga Champions 2006/2007.

Kontribusi Javier Mascherano di lini tengah membuat manajemen Liverpool puas. The Reds pun akhirnya mempermanenkan status sang pemain dan memberikan kontrak berdurasi empat musim.

Liverpool harus mengucurkan dana hingga 18,6 juta poundsterling untuk bisa menebus Mascherano dari Media Sports Investments pada 29 Februari 2008. Performa pria yang kini berusia 36 tahun itu pun semakin meningkat bersama Liverpool.

Dia tampil dalam 139 penampilan dan mencetak dua gol untuk skuad Si Merah. Sayangnya, Javier Mascherano tak mampu membawa Liverpool merengkuh titel juara.

Pada 28 Agustus 2010, kebersamaan Mascherano dengan The Reds harus berakhir. Dia memutuskan untuk menerima pinangan dari Barcelona dengan mahar 24 juta euro.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer