Sukses


7 Rekrutan Terakhir Sir Alex Ferguson di Manchester United, Tak Satupun Masih Mentas di Old Trafford

Bola.com, Jakarta - Musim 2012-2013 menjadi penanda penting bagi sejarah Manchester United. Musim itu adalah musim terakhir manajer legendaris Sir Alex Ferguson bertugas di Old Trafford.

Bersama Ferguson, United meraih banyak momen emas. Mereka menjadi tim yang disegani di Eropa dan menguasai persaingan juara di Premier League. Pada musim terakhirnya, Ferguson telah menyiapkan skuad yang tangguh untuk penerusnya: David Moyes.

Ferguson mewariskan tim yang menjadi juara Premier League musim 2012/2013.

Pada awal musim, Ferguson membeli tujuh pemain baru. Ada pemain memberi dampak besar bagi tim seperti Robin van Persie. Akan tetapi, ada juga pemain yang gagal bersinar di United.

Lantas, bagaimana nasib tujuh transfer Manchester United pada musim terakhir Ferguson?

2 dari 9 halaman

Robin van Persie

Dibeli dari Arsenal, Robin van Persie menjadi pemain penting bagi United musim 2012/2013. Pria asal Belanda mencetak 26 gol dan menjadi top skor Premier League musim tersebut.

Namun, performa Robin van Persie menurun pada musim selanjutnya. Dia hanya mencetak 22 gol dalam dua musim setelah Ferguson pensiun.

Robin van Persie sempat bermain di Fernerbahce selama dua setengah musim. Pada Januari 2018, dia kembali ke klub masa kecilnya yakni Feyenoord. Van Persie pensiun pada 2019 lalu dan kini menjadi pandit.

3 dari 9 halaman

Reece James

 Reece James yang ini bukan pemain yang kini membela Chelsea. United membeli Reece James dari Preston U-18. Saat itu, tidak ada pengumuman resmi dari klub tentang harga pemain yang kini berusia 27 tahun.

Reece James hanya punya satu caps di United. Pada musim 2014/2015, dia dimainkan saat United berjumpa MK Dons di laga Piala Liga Inggris.

United lebih sering mengirim Reece James ke tim lain dengan status pinjaman dari bermain di tim utama. Pada 2015, dia dilepas ke Wigan dengan status bebas transfer.

Saat ini, Reece James bermain untuk klub League One, Doncaster.

4 dari 9 halaman

Nick Powell

Nick Powell sempat diklaim bakal menjadi pemain penting di United. Sir Alex Ferguson membelinya dari klub kasta bawah Crewe Alexandra, tetapi dengan harga yang mahal yakni 7.5 juta euro. Usianya saat itu masih 18 tahun.

Awalnya, Nick Powell diyakini bisa menjadi penerus Paul Scholes di United. Apalagi, Nick Powell mencetak gol pada laga debutnya di United. Namun, dia kemudian justru gagal bersinar dan lebih sering dipinjamkan.

United melepas Nick Powell ke Wigan dengan status free transfer pada 2016. Saat ini, Nick Powell bermain untuk Stoke City di Championship.

5 dari 9 halaman

Alexander Buttner

Sir Alex Ferguson menyiapkan Alexander Buttner untuk menjadi pelapis Patrice Evra. United harus membayar 7.5 juta euro untuk bisa membeli Alexander Buttner dari klub asal Belanda, Vitesse.

Buttner tak mampu bersaing di United, walau bermain untuk United selama dua musim. Buttner ditendang dari Old Trafford ketika Louis van Gaal ditunjuk sebagai pelatih baru United pada awal musim 2014/2015.

Buttner kini bermain untuk klub Amerika Serikat, New England.

6 dari 9 halaman

Angelo Henriquez

 musim terakhirnya, Sir Alex Ferguson banyak membeli pemain muda. Angelo Henriquez salah satunya. Pemain asal Chile itu baru berusia 18 tahun ketika Ferguson memintanya bergabung ke United.

Saat itu, United harus membayar 5.5 juta euro untuk membeli Angelo Henriquez dari Universidad de Chile. Henriquez tak pernah memainkan satu laga pun bersama tim utama United di kompetisi resmi.

Henriquez dilepas ke Dinamo Zagreb pada 2015 dengan transfer 1.6 juta euro. Saat ini, pemain 26 tahun bermain untuk klub lamanya Universidad de Chile.

7 dari 9 halaman

Wilfried Zaha

Wilfried Zaha baru berusia 20 tahun saat Sir Alex Ferguson membelinya dari Crytal Palace pada 2012 lalu. Ketika itu, United mengeluarkan dana 11.7 juta euro untuk membawa Wilfried Zaha ke Old Trafford.

Wilfried Zaha gagal membuktikan talentanya di United. Dia kehilangan tempat pada era David Moyes. Sebuah isu menyebut Zaha punya hubungan dengan anak Moyes dan itu membuat sang manajer kesal.

Sempat dipinjamkan ke Cardiff City, Wilfried Zaha kembali ke Palace pada musim 2014/2015. Sampai saat ini, Zaha menjadi pemain yang penting bagi Palace.

8 dari 9 halaman

Shinji Kagawa

Ferguson juga menduplikasi kisah sukses dengan Park Ji-sung saat membeli pemain Asia lainnya, Shinji Kagawa. United membayar 16 juta euro kepada Dortmund agar bersedia melepas Kagawa.

Shinji Kagawa, yang saat itu berusia 23 tahun, tampil bagus untuk United. Musim pertama berjalan mulus dengan enam gol dari 20 laga Premier League. Namun, pensiunnya Ferguson membuat Kagawa tenggelam.

United memulangkan Kagawa ke Dortmund pada 2014 dengan mahar 8 juta euro.

Musim musim 2019/2020 lalu, Shinji Kagawa bermain untuk Real Zaragoza. Dia mencetak empat gol dari 33 laga di Segunda Division. Namun, dia tidak mendapat kontrak baru dan kini Kagawa berstatus free agent.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 4/12/2020)

9 dari 9 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer