Sukses


Liga Inggris: Arsenal Berantakan Musim Ini, Bernd Leno Tegaskan Pemain yang Bertanggung Jawab

Bola.com, Jakarta - Kiper Arsenal, Bernd Leno, terang-terangan menyalahkan rekan-rekannya sebagai penyebab utama kebobrokan The Gunners sepanjang musim ini. Bernd Leno menolak jika Mikel Arteta menjadi satu-satunya yang harus bertanggung jawab.

Tren negatif Arsenal di Premier League berlanjut kala hanya mampu bermain imbang 1-1 kala menjamu Southampton di Emirates Stadium, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB.

Arsenal sempat tertinggal lebih dulu karena gol yang dicetak mantan pemain mereka, Theo Walcott. Tim tuan rumah baru menyamakan kedudukan berkat gol yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang pada babak kedua.

Peringkat ke-15 yang dimiliki Arsenal dalam klasemen Premier League membuat Mikel Arteta berada dalam sorotan. Namun, Bernd Leno menganggap yang patut disalahkan dalam masalah ini justru para pemain.

"Tekanan kepada Arteta sama sekali bukan masalahnya. Pelatih menjadi nama terakhir yang bisa disalahkan atas fakta bahwa kami berada dalam situasi ini," ujar Bernd Leno kepada Sky Germany.

"Jika Anda melihat cara kami berlari di lapangan, maka hanya para pemain yang harus disalahkan. Saya harus jujur mengenai hal itu," tegas kiper Arsenal itu.

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kesalahan Pemain

Bernd Leno pun mengungkapkan sejumlah kesalahan mendasar yang dilakukan oleh para pemain Arsenal. Menurutnya, hal itulah yang menjadi penyebab utama merosotnya performa The Gunners.

"Kami mendapat kartu merah, membuat kesalahan, berdiri di luar posisi. Ini adalah hal-hal yang dengan jelas harus kami tangani ribuan kali. Pada akhirnya, ini adalah karena kurangnya fokus dari para pemain," ujar Leno.

"Pelatih tidak menjadi masalah di ruang ganti. Tidak ada kritik untuknya. Kami mengkritik diri kami sendiri dan para pemain tahu bahwa mereka bertanggung jawab."

"Kami sebenarnya memiliki kualitas, tapi tiba-tiba ada jeda ini. Namun, tidak ada yang bisa menyematkannya hanya kepada satu orang," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Pengakuan Bernd Leno

Hasil imbang melawan Southampton mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun yang dialami Arsenal, masing-masing ketika melawan Wolverhampton, Tottenham Hotspur, dan Burnley.

"Angkanya berbicara sendiri, bahwa hal-hal tidak berjalan dengan baik pada akhir-akhir ini. Sebelumnya kami seringkali memang pantas kalah," ujar Leno.

"Kami memang bermain imbang 0-0 di Leeds, tapi itu adalah poin keberuntungan. Kami pantas kalah melawan Tottenham, juga melawan Wolverhampton. Bahkan 0-3 melawan Aston Villa. Terlalu banyak hasil yang tidak bagus dan performa yang mengecewakan," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Segera Berbenah

Bernd Leno pun menyebut bahwa para pemain lainnya juga sependapat dengannya soal kesalahan ini. Leno dan skuad Arsenal pun bertekad segera menyelesaikan masalah ini secepatnya.

"Sikap kami buruk, disiplin kami kurang, dan kami tidak percaya diri. Ada banyak faktor yang berperan di sini," tegas Leno.

"Kami telah membahas ini dengan sangat jelas secara internal dan semua orang setuju bahwa kami harus mengubahnya dengan sangat cepat." tandasnya.

Sumber: Sky Germany

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 17/12/2020)

Video Populer

Foto Populer