Sukses


Superstar: Phil Foden, Jarang Jadi Starter tetapi Berstatus Pemain Paling Tajam di Manchester City

Bola.com, Manchester - Gelandang Manchester City, Phil Foden, tak selalu menjadi pilihan utama Pep Guardiola pada musim ini. Meski jarang menjadi starter, Foden kini bercokol di puncak daftar pencetak gol terbanyak Man City.

Pemain berusia 20 tahun itu tercatat tampil dalam 22 laga dari 27 pertandingan yang sudah dijalani The Citizens pada musim 2020/2021. Dari 22 laga tersebut, Phil Foden bermain sebagai starter dalam 16 laga.

Teranyar, dia tampil sejak menit awal ketika Manchester City bersua Brighton and Hove Albion pada laga pekan ke-18 Premier League di Stadion Etihad, Kamis (14/1/2021) dini hari WIB.

Phil Foden pun tampil impresif pada pertandingan tersebut. Berdasarkan statistik di Whoscored, Foden melepaskan dua tembakan yang satu di antaranya mengarah ke gawang, akurasi umpan hingga 90 persen, serta memenangkan dua duel udara dan dua dribel sukses.

Satu sepakan tepat sasaran yang dilepaskan Phil Foden berhasil berbuah gol pada menit ke-44. Manchester City pun menyudahi pertandingan dengan skor 1-0 kontra Brighton.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Pemain Paling Subur

Dengan tambahan satu gol tersebut, Phil Foden telah mendulang delapan gol dari 22 pertandingan yang sudah dijalani bersama Manchester City. Koleksi delapan gol tersebut membuat Foden menempati puncak daftar top skorer Man City.

Dia unggul atas Raheem Sterling dan Ferran Torres yang sama-sama mengoleksi tujuh gol. Manajer City, Pep Guardiola, mengaku puas dan memuji penampilan Phil Foden.

"Phil Foden berusia 20 tahun. Lihatlah statistik, jumlah permainan, assist dibandingkan dengan bintang-bintang yang lebih besar dalam sepak bola," ucap Guardiola.

"Dia bisa bermain di kedua sisi, di tengah sebagai false nine. Dia sangat pintar di depan gawang. Itulah mengapa dia pantas bermain," puji manajer asal Spanyol tersebut.

Sumber: Whoscored, BBC

Video Populer

Foto Populer