Sukses


8 Momen Saat Manchester United Berstatus Juara Paruh Musim Liga Inggris: Tidak Melulu Berakhir Juara

Bola.com, Jakarta - Manchester United resmi menyandang status sebagai juara paruh musim Liga Inggris 2020/2021. Status ini mereka dapatkan setelah mereka menang melawan Fulham dini hari tadi.

Pada pertandingan pekan ke-19 Liga Inggris itu, Manchester United harus bertandang ke Craven Cottage. Tuan rumah, Fulham berhasil unggul cepat melalui gol Ademola Lookman di menit ke-5.

United tidak patah arang. Setan Merah berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Edinson Cavani di babak kedua sebelum tendangan roket Paul Pogba di babak kedua mengunci kemenangan Setan Merah.

Berkat tiga poin ini, United merebut kembali posisi puncak klasemen, setelah posisi ini sempat dikudeta oleh Leicester City dan Manchester City. Mereka juga resmi dinobatkan menjadi juara paruh musim Liga Inggris 2020/2021.

Keberhasilan MU menjadi juara paruh musim ini membuat fans MU mulai berangan-angan apakah mereka bisa mempertahankan posisi ini di akhir musim nanti.

Sejarah mencatat sejak Liga Inggris digelar pada tahun 1992, MU sudah delapan kali menjadi juara paruh musim. Lantas bagaimana ending mereka di musim itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 9 halaman

1. 2012/2013

Terakhir kali Manchester United menjadi juara paruh musim terjadi di musim 2012/13.

Mengawali musim dengan kekalahn 1-0 melawan Everton, MU langsung tancap gas. Diperkuat Robin van Persie, Setan Merah sukses merebut puncak klasemen di pekan ke-13.

Semenjak saat itu, MU tidak pernah turun dari peringkat 1 dan resmi memenangkan gelar liga Inggris ke-20 mereka di akhir musim, di mana ini merupakan musim terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer MU.

3 dari 9 halaman

2. 2010/2011

Manchester United menjadi juara paruh musim pada musim 2010-11.

Pada musim itu, MU memang menjalani start yang solid. Mereka tidak terkalahkan di 14 laga perdana EPL, sebelum di pekan ke-14 mereka berhasil mengudeta puncak klasemen.

Semenjak pekan ke-14 itu, MU tidak pernah turun dari puncak klasemen hingga mereka dinobatkan jadi juara paruh musim. Tren positif itu mereka pertahankan sehingga mereka menjadi juara EPL musim itu, dan resmi melewati perolehan trofi juara EPL Liverpool dengan 19 Trofi.

4 dari 9 halaman

3. 2007/2008

Pada musim 2007-08, Manchester United juga berhasil merengkuh status juara paruh musim EPL.

Namun di musim ini, persaingan di puncak klasemen cukup ketat antara MU, Chelsea dan Arsenal. MU baru merebut posisi puncak klasemen di pertandingan pekan ke-19 saat mereka menang 4-0 atas Sunderland.

Setelah menjadi juara paruh musim, MU sempat beberapa kali terpeleset. Namun United berhasil merebut kembali posisi puncak klasemen di pekan ke-28 saat mereka menang 1-0 melawan Fulham. Mereka sukses mempertahankan posisi itu hingga akhir musim dan menjadi juara, meski Chelsea menempel ketat hingga pertandingan terakhir.

5 dari 9 halaman

4. 2006/2007

Manchester United berhasil menjadi juara pra musim di musim 2006/07.

Di musim ini Manchester United bisa dikatakan sangat tangguh. Pasalnya mereka sudah mengamankan posisi puncak klasemen sejak pekan ketujuh usai membekuk Newcastle dengan skor 2-0.

Manchester United berhasil menjadi juara paruh musim sebelum menutup musim dengan trofi EPL.

6 dari 9 halaman

5. 2003/2004

Salah satu kisah sedih Manchester United saat menjadi juara paruh musim terjadi di musim 2003/04.

Pada musim itu, MU harus bersaing dengan Arsenal yang tampil tokcer. Namun di pekan ke-16 mereka berhasil merebut puncak klasemen dan bertahan hingga paruh musim.

Namun sayangnya sejak pekan ke-21 performa MU menurun. Mereka akhirnya digusur oleh Arsenal dan Chelsea dan finish di peringkat tiga klasemen akhir EPL. Btw pada musim ini Arsenal yang menjadi juara dengan status The Invincible, alias tidak terkalahkan sepanjang musim.

7 dari 9 halaman

6. 2000/2001

Musim berikutnya di mana MU menjadi juara paruh musim Premier League terjadi di musim 2000/01.

Kedatangan Ruud Van Nistelrooy dari PSV menjadi alasan utama MU tampil gemilang di musim ini. Mereka sudah menjadi pemuncak klasemen semenjak pekan kesembilan EPL, dan situasi itu bertahan hingga mereka menjadi juara paruh musim.

United tidak tergeser dari puncak klasemen hingga akhir musim dan mereka sukses menjadi juara di akhir musim.

8 dari 9 halaman

7. 1997/1998

Kisah sedih lainnya saat MU menjadi juara paruh musim EPL terjadi di musim 1997/98.

Di musim ini, United memang tampil apik sejak awal musim. Mereka pertama kali mengamankan peringkat pertama sejak pekan ke-12 hingga menjadi juara paruh musim.

Sempat lama mempertahankan posisi itu, MU tergusur dari puncak klasemen saat ditahan imbang Liverpool di pekan ke-34 EPL. Arsenal sukses memanfaatkan itu dan naik ke puncak klasemen dan menjadi juara EPL musim itu dengan raihan 78 poin, unggul satu poin saja dari MU yang finish sebagai runner up.

9 dari 9 halaman

8. 1993/1994

Pertama kali MU merasakan jadi juara paruh musim Premier League terjadi di musim 1993/94.

Di musim ini, Manchester United memang tampil digdaya. Sejak pekan ke-4 EPL, mereka sudah tidak tergusur dari puncak klasemen hingga paruh musim.

Keperkasaan MU berlanjut hingga akhir musim dan resmi menjadi juara dengan raihan 92 poin, unggul delapan poin dari Blackburn Rovers yang menjadi runner up.

 

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 21/01/2021)

Video Populer

Foto Populer