Sukses


Liga Inggris: Hebat! Belum Genap 2 Musim di Arsenal, David Luiz Sudah Koleksi 3 Kartu Merah

Bola.com, Jakarta - Arsenal kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers di laga pekan ke-22 Premier League, Rabu (3/2/2021) dini hari WIB. Dalam laga itu, The Gunners tak hanya kalah, tapi juga kehilangan David Luiz dan Bernd Leno yang mendapatkan kartu merah dari wasit.

Arsenal sempat unggul lebih dulu lewat gol Nicolas Pepe pada menit ke-32. Namun, pada akhir babak pertama Arsenal harus kehilangan David Luiz karena menjatuhkan pemain lawan di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan memberikan kartu merah untuk David Luiz.

Pelanggaran ini memang bisa diperdebatkan. Tayangan ulang memperlihatkan David Luiz sebenarnya tidak menyentuh lawan. Mikel Arteta menegaskan Arsenal akan mengajukan banding terhadap keputusan tersebut.

Kendati demikian, tetap saja kartu merah dan insiden penalti memperlihatkan masalah Arsenal dengan David Luiz. Meski pada akhirnya, The Gunners tak hanya kehilangan David Luiz, tapi juga sang kiper, Bernd Leno karena kartu merah pada menit ke-72.

Video

2 dari 3 halaman

3 Kartu Merah, 6 Insiden Penalti

Kartu merah dan penalti dalam pertandingan ini memperpanjang catatan buruk David Luiz bersama Arsenal. Menurut catatan Opta, bek Brasil ini telah menerima hukuman 3 kartu merah dan membuat 6 pelanggaran penalti sejak bergabung dengan Arsenal pada Agustus 2019 lalu.

Jumlah ini lebih banyak dari pemain Premier League manapun dalam periode yang sama. David Luiz pun melakukannya hanya dalam kurun waktu 1,5 musim, belum genap dua musim.

Sepanjang kariernya di Premier League, David Luiz telah menghadiahkan sembilan penalti untuk tim lawan, termasuk tiga insiden penalti ketika masih membela Chelsea.

Bahkan pada musim lalu, David Luiz membuat total lima pelanggaran yang berbuah penalti, rekor terbanyak untuk satu pemain dalam satu musim.

Satu yang lebih buruk, semua kartu merah yang diterima David Luiz di liga terjadi secara langsung, bukan karena dua kartu kuning.

3 dari 3 halaman

Masalah Pertahanan Arteta

Kebiasaan buruk David Luiz menjatuhkan lawan di kotak penalti dan dihukum kartu merah ini pun menunjukkan masalah pertahanan Arsenal. Sebenarnya kualitas bek The Gunners sudah membaik, tapi masih saja ada insiden seperti ini.

Arteta baru satu tahun satu bulan menangani Arsenal, dan selama itu Arsenal telah menerima total 9 kartu merah di Premier League, setidaknya 6 lebih banyak dari tim-tim lainnya.

Setidaknya kali ini Luiz tampak tidak bersalah, wasit diyakini keliru menggambil keputusan dan Arsenal akan mengajukan banding.

Namun, kartu merah Luiz ini bisa merusak momentum apik barisan bek Arsenal yang mulai percaya diri beberapa pekan terakhir.

Sumber: Opta

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 3/2/2021)

Video Populer

Foto Populer