Sukses


6 Bintang yang Gagal Direkrut Manchester United dan Pemain Penggantinya: Lirik Shearer, Eh Malah Dapat Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, dikenal jeli mencari bakat-bakat dari berbagai pelosok dunia yang kemudian diubahnya menjadi pemain kelas dunia. Cristiano Ronaldo jadi salah satu contohnya. 

Kejelian Ferguson dalam urusan mengendus talenta pemain sangat membantu Manchester United memenangi banyak gelar di Premier League, maupun Liga Champions. Setidaknya di era Ferguson. 

Namun, bukan berarti Ferguson tidak pernah gagal di bursa transfer. Bukan sekali dua kali pemain bidikan MU lepas begitu saja. 

Setan Merah menorehkan banyak kesuksesan dalam perekrutan pemain seperti Eric Cantona, Ole Gunnar Solskjaer hingga Nemanja Vidic. Tetapi mereka tidak sepenuhnya berhasil merekrut semua pemain yang diinginkan, bahkan di era Sir Alex Ferguson.

Seperti dilansir Planet Football, berikut ini enam pemain yang pernah dilirik Manchester United, tapi gagal digaet, plus pemain yang akhirnya direkrut sebagai pengganti. 

 

2 dari 8 halaman

1. Alan Shearer Gagal, Dapat Solskjaer

Ambisi Sir Alex Ferguson ingin mendatangkan Alan Shearer bukanlah rahasia. Setelah kehilangan striker Inggris itu ke Blackburn Rovers, ia terus mengawasinya hingga musim panas 1996.

Saat itu, Manchester United telah menjuarai gelar ganda. Tetapi, Shearer tidak bisa menampik godaan gabung klub idolanya, Newcastle United. 

MU menghemat uang dan malah memboyong Ole Gunnar Solskjae, hanya dengan 10 perses dari 15 juta pounds yang harus dirogoh Newcastle untuk mendatangkan Shearer. Selain itu, Setan Merah masih punya uang untuk membeli Teddy Sheringham pada musim panas berikutnya. Ternyata semuanya baik-baik saja.

 

3 dari 8 halaman

2. Gabriel Batistuta Gagal, Tak Ada Pengganti

Rumor Gabriel Batistuta ke United menunjukkan Ferguson masih tertarik pada jenis striker tertentu beberapa tahun kemudian. Pemain Argentina itu tampaknya tertarik untuk pindah, sampai akhirnya batal.

Pada Januari 2000, Batistuta menunjukkan tertarik pindah ke Old Trafford jika meninggalkan Fiorentina. Tetapi ketika dia benar-benar meninggalkan Stadio Artemio Franchi, Bastituta malah gabung AS Roma.

Manchester United berencana mengalihkan bidikan Ruud van Nistelrooy pada musim panas itu, tetapi sang pemain cedera. MU mereka tidak mendapatkan siapa pun.

 

4 dari 8 halaman

3. Ronaldinho Gagal, Dapat Kleberson dan Cristiano Ronaldo

Prospek Ronaldinho pindah ke Manchester adalah salah satu yang terbaik, banyak dinantikan banyak orang. United telah memantau pemain PSG untuk sementara waktu setelah ikut mengantar Timnas Brasil menyingkirkan Inggris dari Piala Dunia 2002.

Tetapi, pemain Brasil itu tidak bisa menolak kesempatan bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2003.

Namun, tidak perlu khawatir. United mendapatkan bintang Piala Dunia Brasil lainnya di Kleberson. Hasilnya MU hanya finis kedua untuk kali kedua sepanjang sejarah Premier League. 

Ingatlah, mereka juga merekrut Cristiano Ronaldo muda pada musim panas itu, yang jelas hasilnya tidak terlalu buruk.

 

5 dari 8 halaman

4. Gareth Bale Gagal, Boyong Nani dan Anderson

Perburuan mendapatkan tanda tangan Gareth Bale dari Southampton sangat sengit. Manchester United menjadi salah satu dari banyak klub Inggris yang tertarik pada sensasi sang pemain.

Dia akhirnya akan bergabung dengan Tottenham, tentu saja. Bale mengalami perjalanan panjang tanpa kemenangan di awal karier Spursnya sebelum tumbuh dan berkenbang di sana.

Setelah gagal merekrut Bale, Ferguson mengeluarkan 30 juta pounds untuk memboyong Nani dan Anderson. Keduanya mungkin tidak memberikan dampak seperti Bale untuk Spurs, tetapi memiliki momen mereka sendiri.

MU kembali mencoba untuk menandatangani Bale untuk kedua kalinya pada 2013 tetapi kalah dari Real Madrid.

 

6 dari 8 halaman

5. Raul Gagal, Gaet Bebe

Legenda Spanyol Raul adalah salah satu pemain yang menurut laporan membuat Ferguson berubah pikiran. Ia menarik diri dari kesepakatan dan membiarkan penyerang Real Madrid itu bergabung dengan Schalke.

Raul kemudian mengonfirmasi minat tersebut, tetapi United sudah memiliki Michael Owen. Jadi apakah mereka benar-benar membutuhkannya? 

Alih-alih membuang-buang uang pada pemain berusia 33 tahun tanpa nilai jual, Manchester United merekrut Bebe… yang akan mereka jual dengan kerugian besar. 

7 dari 8 halaman

6. Aaron Ramsey Gagal, Dapat Zoran Tosic

Manchester United sudah sepakat dengan Cardiff soal nilai transfer untuk Aaron Ramsey, bahkan menerbitkan berita itu di di situs klub. Namun, Aaron Ramsey malah akhirnya memilih Arsenal, karena merasa lebih diinginkan di sana. 

Beberapa bulan kemudian, MU memastikan mereka tidak ingin kalah dalam mengejar target muda lain, mengakhiri penandatanganan Zoran Tosic dari Partizan. Sayangnya, karier Tosic di Old Trafford tidak berjalan dengan baik.

 

Sumber: Planet Football 

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Perhatian Khusus Marcus Rahsford untuk Pemain Muda Manchester United, Shola Shoretire

Video Populer

Foto Populer