Sukses


Beda Nasib dengan Elkan Baggott, Dua Pemain Keturunan Indonesia di Liga Inggris Ini Lebih Beruntung

Bola.com, Jakarta - Ada sejumlah pemain keturunan Indonesia di Liga Inggris. Tiga di antaranya adalah Elkan Baggott, Justin Hubner, dan Joseph Simatupang Ferguson. Bagaimana kabar mereka saat ini?

Elkan Baggott yang digadang-gadang sebagai pemain masa depan Timnas Indonesia dipinjamkan Ipswich Town ke tim kasta kelima Liga Inggris, King's Lynn Town FC hingga akhir musim. 'Kesempatan langka' ini semestinya dimaksimalkan pemain bek berusia 18 tahun itu.

Apes, pada laga full debut-nya, Elkan Baggott gagal mempersembahkan kemenangan. Menghadapi Altrincham pada lanjutan Vanarama National League 2020/2021, King's Lynn Town FC kalah telak 0-3.

Peminjaman Elkan Baggott ke King's Lynn Town cukup mengejutkan. Anggota Timnas Indonesia U-19 ini baru menandatangani kontrak profesional bersama Ipswich Town hingga 2023 setelah menolak sejumlah tawaran dari tim Premier League.

"Elkan Baggott telah bergabung dengan King's Lynn Town dengan status pinjaman pemain muda sampai akhir musim," tulis Ipswich Town di lamannya, Selasa (23/3/2021).

"Ipswich Town mendoakan yang terbaik untuk Elkan Baggott selama waktunya di King's Lynn Town," lanjut pernyataan tersebut.

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Justin Hubner Jadi Regular Player di Wolves U-18

Justin Quincy Hubner adalah pemain Wolverhampton Wanderers yang bermain reguler di tim U-18 dan U-23.

Sebelum bergabung dengan Wolves, Justin Hubner lebih dulu bermain di klub Belanda, FC Den Bosch. Klub lamanya sempat tak mengizinkan Justin keluar, namun ia memilih untuk tidak meneruskan kariernya di tim Liga Inggris.

Posisinya sama seperti Elkan Baggott, yakni bek tengah. Ia juga berkaki kidal. Namun bedanya, Justin Hubner juga bisa dimainkan di posisi bek kiri dan memiliki atribut menyerang yang bagus.

Informasi dari Transfermarkt menyebutkan bahwa Justin Hubner telah bermain 17 kali buat Wolverhampton U-18. Hebatnya, ia cuma dua kali saja tidak bermain 90 menit penuh.

3 dari 3 halaman

Joseph Simatupang, Orang Batak di Blackburn Rovers

Joseph Simatupang lahir dan tinggal lama di Manchester, Inggris, namun ia mengaku sering berkunjung ke Indonesia. "Hampir setiap tahun saya ke Indonesia."

Adapun darah Indonesia didapatkan dari ibunya. Sang ibunda lahir dan besar di Pontianak, Kalimantan. Dengan begitu, kans untuk berseragam Timnas Indonesia masih besar selama Joseph Simatupang belum bermain di Timnas Inggris.

Sepanjang 2020, Joseph Simatupang dilanda cedera sehingga absen cukup lama. Namun, memasuki 2021, ia mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Ia menjalani debutnya pada 16 Februari lalu menghadapi Liverpool U-18. Bermain selama 11 menit, ia membantu Blackburn Rovers U-18 menang tipis 1-0 pada laga tandang.

Total Joseph Simatupang telah bermain tiga kali, termasuk ketika kalah 1-4 dari Arsenal U-18 di mana ia bermain selama 45 menit.

Video Populer

Foto Populer