Sukses


Liverpool Dukung Liga Super Eropa, Jurgen Klopp Minta Suporter untuk Tetap Setia

Bola.com, Leeds - Liverpool mendukung dihelatnya European Super League atau Liga Super Eropa. Meski keputusan The Reds itu mendapat kecaman,  Jurgen Klopp meminta suporter untuk tetap loyal kepada timnya.

Ide menghelat Liga Super Eropa pertama kali dicetuskan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, pada 2009. Perez ingin menggelar turnamen tandingan dari Liga Champions yang dianggapnya tidak lagi kompetitif.

"Kami sudah menyepakati Liga Super terbaru yang menjamin bahwa yang terbaik akan selalu bermain melawan yang terbaik - itu tidak terjadi di Liga Champions," kata Perez kepada The Telegraph.

Awalnya, rencana menggelar Liga Super Eropa tersebut tidak dianggap serius. Namun pada Minggu (18/4/2021) malam WIB, sebanyak 12 klub elite Benua Biru yang berasal dari Inggris, Italia, dan Spanyol sepakat untuk ikut serta dalam Liga Super Eropa.

Satu di antara ke-12 klub tersebut adalah Liverpool. Meski begitu, masih belum diketahui kapan Liga Super Eropa akan bergulir. Apalagi, pesertanya masih belum mencapai kuota yang tersedia.

Keputusan menggelar Liga Super Eropa mendapat kecaman keras, mulai dari pelatih, suporter, pesepak bola legenda, hingga federasi sepak bola. Bahkan, UEFA dan FIFA bakal menjatuhkan sanksi berat kepada pihak yang ikut serta di Liga Super Eropa.

Klub tidak diperkenankan ikut kompetisi domestik, sedangkan para pemainnya dilarang bergabung dengan timnas negara masing-masing untuk ambil bagian dalam ajang internasional.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Tetap Setia

Pada 2019, Jurgen Klopp dengan tegas menolak dihelatnya Liga Super Eropa. Ketika itu, Klopp menyebut turnamen antarklub Eropa saat ini, Liga Champions dan Liga Europa, sudah berjalan dengan baik.

Manajer asal Jerman itu pun menegaskan masih tetap teguh pada pendapatnya tersebut. Kendati Liverpool kini menjadi bagian dari klub yang mendukung digelarnya Liga Super Eropa, Jurgen Klopp meminta kepada suporter untuk tetap setia mendukung.

"Perasaan saya tidak berubah. Pendapat saya tidak berubah. Saya mendengar untuk pertama kalinya kemarin (Minggu). Saya coba untuk mempersiapkan pertandingan yang sulit," ujar Klopp pascar-Liverpool bermain imbang 1-1 kontra Leeds United, Selasa (20/4/2021).

"Kami mendapat beberapa informasi, tidak banyak. Sebagian besar dari media. Itu sulit," lanjutnya.

"Publik tidak senang dengan keputusan itu, saya bisa memahaminya. Saya tidak bisa mengatakan lebih banyak karena kami tidak terlibat dalam proses itu - bukan para pemain, bukan saya - kami tidak mengetahuinya. Kami harus menunggu bagaimana perkembangannya," kata Jurgen Klopp.

Sumber: Goal International

3 dari 3 halaman

Simak Posisi Liverpool Saat Ini:

Video Populer

Foto Populer