Sukses


Kronologi Ed Woodward Angkat Kaki dari Manchester United: Rumah Pernah Diserang Fans hingga Kisruh Liga Super Eropa

Bola.com, Manchester - Kisruh Liga Super Eropa memakan banyak korban. Satu di antaranya 

Pengunduran diri Ed Woodward tak lepas dari situasi yang terjadi dalam 48 jam terakhir. Situasi internal Manchester United tidak kondusif setelah klub memutuskan ambil bagian pada kompetisi tandingan Liga Super Eropa.

Woodward sempat membuat pertemuan dengan pemain MU untuk memberi penjelasan tentang posisinya. Akan tetapi, pemain menunjukkan respons negatif. Bruno Fernandes dan Marcus Rashford secara tegas menentang sikap klub.

Kapten klub, Harry Maguire dan juga Luke Shaw, bahkan dikabarkan berani mengkonfrontasi Ed Woodward secara langsung pada pertemuan itu. Mundur pun dianggap sebagai pilihan terbaik bagi Woodward. 

Sebenarnya, Ed Woodward sudah berniat untuk mundur dari Manchester United sejak 2019 yang lalu.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 7 halaman

Ed Woodward, Orang Lama di Manchester United

Woodward adalah orang lama di MU. Dia sudah bekerja di Manchester United sejak 2007. Saat itu, Woodward bertugas pada bagian komersial. Namun, sejak 2013, dia menjadi eksekutif United setelah David Gill mengakhiri masa kerjanya.

Setelah cukup lama bekerja di United, Woodward resmi menyatakan mundur pada akhir 2021.

"Saya sangat bangga bisa melayani United dan sebuah rasa hormat bisa bekerja untuk klub sepak bola terbesar di dunia selama 16 tahun terakhir," kata Woodward.

"Klub ini berada di posisi bagus untuk masa depan dan bakal sulit bagi saya meninggalkan klub di akhir tahun nanti," tegasnya.

 

3 dari 7 halaman

Antek JP Morgan

Woodward menjadi salah satu otak di balik rencananya bergulirnya Liga Super Eropa. Woodward mendapat jabatan yang penting. Dia adalah vice-chairman. Sedangkan, yang tampil sebagai chairman adalah Florentino Perez.

Liga Super Eropa dikabarkan mendapat sokongan dana dari firma sekuritas dan perbankan investasi asal Amerika Serikat, JP Morgan Chase.

Nah, Woodward bukan sosok asing bagi JP Morgan. Sebelum bergabung dengan United, Woodward bekerja untuk JP Morgan di Amerika Serikat. Woodward diyakini punya andil penting membawa JP Morgan ke Liga Super Eropa.

 

4 dari 7 halaman

Kepercayaan Keluarga Glazer

Ed Woodward adalah orang yang sangat dipercayai keluarga Glazer. Woodward lah yang memberi nasehat pada Malcom Glazer untuk membeli United pada 2005 dan membuat klub terlilit utang dalam jumlah besar.

Setelah Malcom Glazer wafat, posisi Ed Woodward tetap tidak tergantikan. Anak-anak Glazer memang sangat dominan di United, tetapi tidak ada yang berani menyentuh posisi Woodward sama sekali.

 

5 dari 7 halaman

Rumahnya Diserang Fans

Fans United sejak awal tidak cukup senang dengan kedatangan Keluarga Glazer di klub. Mereka menilai investasi yang ditanamkan justru membawa klub dalam situasi sulit secara finansial dengan utang yang menumpuk.

Bukan hanya pada Keluarga Glazer, fans United juga membenci Woodward. Ia dinilai sering melakukan blunder di bursa transfer dan tidak mengikuti rencana yang diinginkan manajer.

Fans United berulang kali protes pada Woodward. Salah satu yang paling buruk adalah dengan menyerang rumahnya di Cheshire yang terjadi Januari 2020 lalu. Serangan itu membuat sang istri merasa terguncang dan meminta Woodward mundur.

 

6 dari 7 halaman

Liburan Saat Bursa Transfer

Ed Woodward diyakini sudah lama ingin meninggalkan United. Dua musim terakhir, Woodward sudah menunjuk orang lain untuk menjalankan tugas dalam melakukan negosiasi transfer.

Woodward menugaskan Matt Judge untuk mengurus kepindahan dan kedatangan pemain. Pada bursa transfer musim panas 2019 lalu, Woodward memilih berlibur daripada sibuk mengurus rencana transfer United.

Indikasi bakal mundurnya Ed Woodward makin terlihat ketika menunjuk John Murtough pada awal tahun. Murtough yang semula menjadi pemandu bakat United dipercaya untuk menjadi direktur olahraga.

Murtough kini memegang kendali atas segala kebijakan transfer Setan Merah. Artinya, peran Ed Woodward tidak lagi sevital dulu dan lebih fokus pada urusan finansial saja.

Selain menunjuk Murtough, Woodward juga menunjuk Darren Fletcher untuk menjadi direktur teknik.

 

7 dari 7 halaman

Respons Manchester United

Ed Woodward telah mundur setelah 48 jam yang menegangkan terkait proyek ESL. Woodward masih akan bertugas hingga akhir 2021. Pihak klub mengucapkan terima kasih pada kerja yang dilakukan Woodward selama ini.

"Ed Woodward telah melayani klub dengan sangat baik. Mewakili semua orang di United, saya ingin mengucapkan terima kasih tas kerja keras dan dedikasinya," tulis Joel Glazer.

"Kontribusinya untuk klub sangat besar dan dia akan selalu diterima di Old Trafford sebagai bagian dari keluarga Manchester United," imbuhnya.

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 21/4/2021)

Video Populer

Foto Populer