Sukses


Rivalitas 6 Klub asal London di Pentas Liga Inggris, Siapa Paling Sukses atau Cupu di Era Premier League?

Bola.com, Jakarta - Kota London merupakan salah satu kota yang sangat populer di dunia. Ibu kota dari negara Inggris ini memiliki banyak sekali daya tarik. Kultur sepak bola di sana amat kuat.

London bisa dibilang adalah kota terbesar di Eropa. Selain itu, London juga menjadi kota yang cukup banyak memiliki klub sepak bola.

Dari delapan kasta sepakbola di Inggris, London menyumbang sebanyak 42 klub. Jumlah sebanyak itu tentu menjadi pertanda bahwa London adalah kota dengan kultur sepak bola yang sangat kuat.

Saat ini ada enam klub dari London yang bermain dalam ajang Premier League musim ini. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

Video

2 dari 7 halaman

Arsenal

Salah satu klub London yang saat ini bermain di kompetisi Premier League adalah Arsenal. Klub yang bermarkas di Emrates Stadium itu telah berdiri sejak Oktober 1886.

Arsenal menjadi klub yang paling banyak meraih gelar Piala FA. Klub asal London Utara tersebut sejauh ini sudah meraih 13 gelar.

Arsenal juga punya prestasi yang bagus dalam ajang Premier League. Hingga saat ini, mereka telah merengkuh trofi Premier League sebanyak tiga kali.

3 dari 7 halaman

Chelsea

Di samping Arsenal, London juga punya klub besar lainnya, yakni Chelsea. Kesebelasan milik Roman Abramovich ini telah berdiri sejak tahun 1905.

Chelsea menjadi klub London tersukses dalam ajang Premier League. Hingga saat ini, klub berjuluk The Blues itu telah menyabet trofi Premier League sebanyak lima kali.

Tak hanya di Premier League, Chelsea juga sukses di kompetisi Eropa. Mereka telah berhasil membawa trofi Liga Champions dan Liga Europa ke Stamford Bridge.

4 dari 7 halaman

Crystal Palace

Crystal Palace merupakan klub London yang berdiri pada tahun 1905. Klub berjuluk The Eagles ini memainkan laga kandangnya di Selhurst Park yang berkapasitas 26 ribu penonton.

Palace juga menjadi salah satu klub pelopor berdirinya Federasi Sepak Bola Inggris atau FA. Meski begitu, prestasi yang ditorehkan klub ini tak ada yang spesial.

Prestasi terbaik Palace sepanjang gelaran Premier League ialah pada musim 1990-1991. Pada musim itu, Palace mampu finis di peringkat ketiga.

5 dari 7 halaman

Fulham

Menilik sejarahnya, Fulham berdiri pada tahun 1879. Klub yang berjuluk The Cottagers itu menjadi klub tertua di London.

Saat bertanding di kandang, Fulham memakai stadion Craven Cottage. Stadion yang dibuka pada tahun 1896 tersebut mempunyai kapasitas 19 ribu penonton.

Sama seperti Crystal Palace, Fulham tidak punya prestasi yang mentereng. Mereka pernah meraih beberapa trofi, tapi sebagian besar hanya merupakan trofi kompetisi kasta bawah di Inggris.

6 dari 7 halaman

Tottenham Hotspur

Tottenham merupakan salah satu klub besar di London. Klub yang saat ini bermarkas di Tottenham Hotspur Stadium itu berdiri pada 5 September 1882.

Spurs punya prestasi yang bagus di pentas domestik dengan meraih delapan Piala FA, empat Piala Liga dan tujuh Community Shield. Mereka juga pernah mengangkat satu Piala Winners dan dua Piala UEFA.

Namun sayangnya, Spurs masih belum mampu berbuat banyak dalam ajang Premier League. Mereka belum pernah menjuarai kompetisi tersebut hingga saat ini.

7 dari 7 halaman

West Ham United

Klub Inggris lain yang bermarkas di kota London adalah West Ham. Klub yang bermarkas di London Stadium itu berdiri pada tahun 1895.

West Ham memang belum pernah menjuarai Premier League. Namun, mereka pernah mengangkat trofi Piala FA dan Community Shield.

The Hammers juga pernah mencatatkan prestasi yang bagus saat bermain di kompetisi Eropa. Mereka berhasil memenangkan Liga Champions dan juga Piala Intertoto.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 6/5/2021)

Video Populer

Foto Populer