Sukses


5 Kiper Paling Sulit Dijebol di Pentas Liga Inggris Musim Ini, Tak Ada Nama Alisson Becker di Dalamnya

Bola.com, Jakarta - Tidak seperti striker atau gelandang, yang mendapatkan banyak peluang sepanjang permainan untuk mengubah hasil akhir pertandingan, penjaga gawang tidak berbagi kemewahan itu. Peran kiper nyaris tak terlihat sepanjang laga.

Clean sheet adalah salah satu kriteria utama yang menjadi patokan kehebatan seorang penjaga gawang. Tetapi mendasarkan kinerja mereka hanya pada statistik itu menyesatkan karena bek dan gelandang memainkan peran yang sama pentingnya untuk menjaga timnya dari kebobolan.

Pastinya, di era sepak bola modern kekinian, di mana mayoritas tim memainkan permainan ofensif dengan menempatkan banyak penyerang, peran kiper menjadi amat krusial. Kerjanya makin berat. Ia tidak lagi hanya mengawasi pergerakan striker, tetapi juga penyerang sayap, gelandang serang, atau full back yang setiap saat bisa menebar ancaman untuk mencetak gol. 

Berikut ini deretan 5 kiper dengan kinerja ciamik di pentas Liga Inggris musim ini.

Video

2 dari 6 halaman

Kasper Schmeichel

Kasper Schmeichel telah menjadi penjaga gawang utama Leicester City selama sembilan tahun di King Power Stadium. Pemain Denmark itu juga mengangkat trofi Premier League pada musim 2015-2016 bersama The Foxes.

Setelah dua kali finis di urutan ke-9 dalam empat musim terakhir, Leicester City telah menemukan performa mereka tahun ini dan begitu pula Kasper Schmeichel. Dengan 83 penyelamatan dan 11 sapuan musim ini, Schmeichel telah menjadi roda penggerak integral bagi Leicester.

Gelar Piala FA menegaskan kehebatannya mengawal gawang Leicester. Sepanjang laga ia berulangkali mematahkan serangan mematikan Chelsea di laga puncak.

3 dari 6 halaman

Illan Meslier

Illan Meslier menjalani musim debut di Premier Leagueyang brilian. Leeds United comeback ke kasta tertinggi setelah 16 tahun yang panjang. Pemain berusia 21 tahun itu telah mengatasi tekanan dengan luar biasa.

Ia melakukan 136 penyelamatan, kedua tertinggi setelah Sam Johnstone dari West Bromwich Albion. Meslier telah menjaga 10 clean sheet dalam 34 penampilan musim ini, menjadikannya penjaga gawang Liga Inggris termuda yang mencapai penghitungan itu.

4 dari 6 halaman

Emiliano Martinez

Emiliano Martinez memiliki musim pertama yang menginspirasi di Aston Villa. Dia menghabiskan sembilan tahun di Arsenal tanpa banyak waktu bermain karena dia dipinjamkan ke beberapa klub Championship. Kepindahan Martinez ke Aston Villa tentunya menjadi langkah maju bagi pemain Argentina itu.

Martinez telah mencatatkan 14 clean sheet dalam 34 penampilan di Premier League musim ini. Dengan rataan 3,62 penyelamatan per 90 menit atas namanya, klub hanya kebobolan 41 gol sejauh musim ini dibandingkan dengan 67 gol di seluruh musim 2019-2020.

5 dari 6 halaman

Edouard Mendy

Rentetan blunder yang dilakukan Kepa Arrizabelaga musim lalu membuat Chelsea fokus mencari penjaga gawang anyar di bursa musim panas lalu.

Datanglah sosok Edouard Mendy menjadi penyelamat kinerja buruk pertahanan Chelsea.

Mendy hanya kebobolan 23 gol sejauh ini dalam 29 penampilan liga. Pemain berusia 29 tahun itu telah mencatatkan 16 clean sheet, yang membawa Chelsea ke peringkat tiga klasemen Premier League.

Edouard Mendy adalah pengumpan bola yang luar biasa, aspek yang menjadi sangat penting bagi penjaga gawang era modern. Tingkat penyelesaian operannya yang 82,93% musim ini adalah bukti dari keahliannya bermain bola.

Mendy bisa menutup tahun yang sudah mengesankan dengan lebih banyak kesuksesan jika Chelsea memenangkan Liga Champions.

6 dari 6 halaman

Ederson

Tempat nomor satu untuk penjaga gawang terbaik di Premier League musim 2020-2021 jatuh ke tangan Ederson dari Manchester City.

Sejak klub merekrutnya dari Benfica pada musim panas 2017, pemain Brasil itu terus berkembang dan bisa dibilang menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Ederson gesit, berwibawa, secara fisik mengesankan, dan sangat dihormati karena kemampuan distribusinya yang sempurna. Dia memang seorang penjaga gawang yang seringkali memulai serangan City dari belakang.

Ederson menikmati bergegas keluar garis untuk mempersempit sudut menembak untuk striker lawan. Dengan pemain Brasil itu berada di antara mistar gawang, Manchester City telah mencatatkan 18 clean sheet dalam 34 pertandingan liga, tertinggi dari semua penjaga gawang musim ini di Premier League. Ederson juga membanggakan tingkat operan menembus angka 82,19%.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer