Sukses


Liga Inggris: Jurgen Klopp Ungkap Peran Penting Roy Hodgson Dalam Kariernya

Bola.com, Jakarta - Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson, memutuskan untuk pensiun pada musim panas mendatang, yang artinya musim ini menjadi yang terakhir dalam kariernya. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku kesuksesannya saat ini tidak lepas dari sosok Roy Hodgson.

Jurgen Klopp sudah cukup lama menjadi seorang pelatih. Ia sudah meraih kesuksesan ketika masih menangani Borussia Dortmund.

Klopp juga meraih kesuksesan saat meraih Liverpool. Satu di antaranya dengan membantu The Reds meraih gelar Premier League pertama dalam sejarah klub.

Gaya permainan sepak bola yang diusung Jurgen Klopp juga menjadi tren. Tidak sedikit pelatih lain juga terinspirasi oleh taktik yang diterapkan Klopp bersama The Reds.

Jurgen Klopp pun mengaku memiliki sosok yang menjadi sumber inspirasinya dalam melatih dan menjadikannya seperti sekarang ini. Klopp mengaku kerap menyimak taktik pelatih Italia Arrigo Sacchi dan Roy Hodgson yang juga merupakan mantan pelatih Liverpool.

"Mantan manajer saya Wolfgang Frank, yang memperkenalkan pertahanan berorientasi bola di Jerman, memperlihatkan banyak video dari Arrigo Sacchi dan juga Roy Hodgson ketika melatih di Swiss," ujar Klopp seperti dilansir dari Football Italia.

"Ia jelas merupakan bagian dari tim penemu gaya permainan ini. Saya mengenalnya jauh sebelum saya bertemu langsung dengannya. Namun, ketika saya bertemu dengannya, itu bahkan lebih baik karena ia pria yang sangat-sangat baik," lanjut Jurgen Klopp.

Video

2 dari 2 halaman

Mustahil Mengikuti Jejaknya

Roy Hodgson yang melatih Crystal Palace pada musim ini akan pensiun pada musim panas mendatang. Artinya, ini menjadi musim terakhir bagi Hodgson sebagai pelatih.

Menjadi pelatih hingga usia 73 tahun membuat Roy Hodgson cukup spesial. Jurgen Klopp pun ditantang untuk bisa menjadi pelatih hingga usia yang sama. Namun, Klopp memilih menggelengkan kepalanya.

"Tidak, tak ada peluang. Semoga saya sehat dan hidup saat itu. Itu sudah menjadi pencapaian yang luar biasa, tapi tidak, saya tidak akan melatih lagi," ujarnya seperti dilansir dari Liverpool Echo.

"Tapi, Anda cukup muda. Jika saya masih di bangku cadangan, maka Anda bisa mengingatkan saya tentang hal itu dan memberi tahu saya omong kosong apa yang saya bicarakan bertahun-tahun yang lalu. Namun, itu sama sekali tidak ada dalam rencana saya," kelakar Klopp.

Roy Hodgson pernah melatih Liverpool selama setengah musim saja, tepatnya pada musim 2010/2011. Ia awalnya ditunjuk menjadi pelatih pada Juli 2010, tapi kemudian mengundurkan diri pada Januari 2011.

Sumber: Football Italia, Liverpool Echo

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 20/5/2021)

Video Populer

Foto Populer