Sukses


Sergio Aguero, Legenda Besar Manchester City yang Pergi Terlalu Cepat

Bola.com, Jakarta - "Raja". "Ajaib". "Inspiratif". Diminta untuk mendeskripsikan Sergio Aguero dalam satu kata, Jermaine Jenas, Micah Richards, dan Nedum Onuoha memberikan jawaban yang mengatakan itu semua.

Striker Manchester City, Sergio Aguero meninggalkan Stadion Etihad musim panas ini setelah 10 tahun berkarier di sana dengan sumbangsih 258 gol dan kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya di klub.

Dia meraih lima gelar Premier League, satu Piala FA, enam gelar Piala Liga dan, pada 29 Mei mendatang memiliki kesempatan untuk menambah medali Liga Champions .

Angka individualnya mungkin bahkan lebih mengesankan. Dia adalah pencetak gol terbanyak Manchester City sepanjang masa. Dia memiliki rasio menit-ke-gol terbaik dalam sejarah Premier League.

Aguero mengoleksi lebih banyak hattrick Liga Inggris daripada siapa pun. Dia adalah pencetak gol luar negeri teratas dalam sejarah liga. Dan dia berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak Premier League sepanjang masa.

 

Video

2 dari 5 halaman

Transfer yang Terlalu Murah

Aguero bergabung dengan Manchester City dari Atletico Madrid pada 2011 seharga £ 35 juta, pada usia 23 tahun. Sebelumnya, pemain Argentina itu telah membantu Atletico meraih sukses Liga Europa, memenangkan dua Piala Dunia U-20 dan merebut emas Olimpiade pada 2008.

Pundit ternama asal Amerika Selatan Tim Vickery bercerita:

"Saya selalu heran kecilnya jumlah transfer yang harus dibayar City dan betapa sedikitnya klub yang membidiknya. Padahal Aguero adalah pemain spesial. Pertama kali saya melihatnya pada tahun 2005 adalah ketika dia berusia 16 tahun. Yang mengejutkan adalah betapa lengkapnya dia.

Dia kuat, bagus dalam penguasaan bola, hebat dalam ruang kecil dan ada perbandingan yang langsung terlintas di benak saya - pemain Brazil Romario.

Sebelum sang pemain datang ke Eropa, selalu ada pertanyaan tentang bagaimana mereka akan beradaptasi. Atletico Madrid ngeri dengan diet sang pemain. Ia menyantap daging merah dan minuman bersoda. Mereka mencoba mengatur dietnya. Jadi pada saat City membelinya, saya tidak melihat risiko apa pun.

Kemudian Aguero menegaskan bahwa dia ingin keluar dari Atletico. Itu keputusan yang tepat bagi dirinya karena dia telah membawa Manchester City ke level berikutnya dan akan selamanya dikaitkan dengan klub tersebut."

3 dari 5 halaman

Santai dalam Latihan

Debut Aguero di Premier League terjadi di pertandingan pembukaan City musim 2011. Dimasukkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-59 dengan City unggul 1-0 melawan Swansea, striker tersebut mencetak dua gol sebagai penanda seorang striker hebat telah datang ke Inggris.

Mantan bek Manchester City Micah Richards mengungkapkan kekagumannya.  "Sejak dia datang, Anda akan terkagum-kagum. Anda memiliki perasaan wow. Bagi kami yang tumbuh dewasa, Shaun Goater atau Nicolas Anelka adalah hal yang besar. Ketika Aguero datang melalui pintu, Anda tidak percaya ini terjadi.

Ricard blak-blakan kalau Aguero adalah pemain yang amat malas dalam sesi latihan.

"Dia adalah pemain terburuk dalam sejarah pelatihan. Dia memiliki gaya yang santai. Aguero hanya akan berjalan-jalan. Kadang-kadang dia bahkan tidak mengikat sepatu botnya. Tapi saat itu sampai pada penyelesaian, permainan berakhir. Saya pikir dia akan menjadi sensasional tetapi ketika saya berlatih dengannya, saya pikir 'apakah kita melakukan kesalahan di sini?' Saya pikir Tevez lebih baik, tapi kemudian dia melakukan debut ...Gol demi gol terjadi."

"Saya berada di sana selama empat tahun bersamanya. Dengan Aguero, Anda tidak akan percaya betapa berbedanya dirinya sebagai seorang superstar di lapangan dan kehidupan kesehariannya. Dia adalah orang yang paling rendah hati.

Mantan bek Manchester City Nedum Onuoha menambahkan. "Saya selalu menemukan Aguero sebagai orang yang baik. Tulisannya ada di dinding untukku tapi dia masih terus berjalan di sekitar kita. Seseorang seperti Sergio sangat rendah hati saat mereka datang.

Dalam waktu yang sangat singkat, itu berubah dari tim yang berharap berada di enam besar menjadi tim yang diharapkan menjadi yang teratas. Pemain seperti Sergio telah dibawa untuk memenangkan liga. Mentalitas tim telah berubah."

4 dari 5 halaman

Lebih Hebat dari Alan Shearer

Aguero akan selalu dikenang sebagai sosok pemenang ketika mencetak gol pada masa injury time melawan QPR pada hari terakhir musim 2012 yang membawa City gelar Premier League pertama mereka. Tapi sekilas tentang trofi yang dia menangkan dan gol yang dia cetak menunjukkan mengapa Aguero akan selalu dianggap sebagai legenda di Etihad.

"Di musim pertamanya, mereka memenangkan liga dan dia hampir tidak pernah keluar dari tiga besar sepanjang waktunya di sana. Pada akhirnya jika Anda telah bermain dengan Sergio Aguero selama 10 tahun terakhir, itu berarti Anda mengalami saat-saat yang sangat, sangat menyenangkan.

Untuk Manchester City, meskipun mereka sedang dalam perjalanan, banyak orang datang melalui pintu berharap untuk pergi dan pergi ke tempat yang lebih besar. Tapi Sergio tahu dia adalah proyeknya sendiri, dan dia telah mengambil peran itu, dia telah menjadi ikon," ujar Onuoha.

Dengan cara Manchester City bermain selama 10 tahun terakhir, City tidak bisa meminta striker yang lebih baik dibanding Sergio Aguero. IQ sepak bolanya luar biasa.

Jika dia tidak melakukan apa yang telah dia lakukan, City tidak akan melakukan apa yang telah mereka lakukan selama 10 tahun terakhir. Jika kita berbicara tentang pencetak gol, dia telah menjadi pemain luar negeri paling penting dan terbaik dalam sejarah Premier League," papar Onuoha.

"Ketika Anda datang ke Manchester, itu adalah kota yang hebat dan ketika Anda adalah orang utama di Manchester, para penggemar mendukung Anda, Anda memenangkan Liga Inggris. Apa lagi yang kamu inginkan? Man City masih berkembang dan dia adalah bagian yang hilang dari teka-teki itu," timpal Micah Richards.

Alan Shearer, pencetak gol terbanyak Premier Leahue sepanjang masa: Kelas, kualitas, gol, teknik sentuhan. Hanya penyerang tengah serba bisa yang brilian asal Manchester City itu yang kehebatannya melampaui Shearer.

"Dia akan selalu dikenang karena gol terakhir yang memenangkan City gelar pada tahun 2012, yang bisa dibilang gol paling terkenal dalam sejarah Premier League. Itulah yang membedakan kualitas penyerang, mereka terlihat sangat tenang namun mematikan. Jika Anda ingin bola jatuh kepada siapa pun pada saat itu, itu adalah sosok Aguero.

City membutuhkan sesuatu, seseorang yang spesial untuk memberi mereka sihir itu dan itulah yang dia berikan saat mereka sangat membutuhkannya. Dia adalah pembunuh berkualitas, penembak jitu berkualitas," ujar Richard mengarisbawahi.

Manchester City disebut Richard harus mengaguminya dan menghormatinya atas apa yang telah dilakukannya. Sangat menyenangkan melihatnya bermain. "Yang bisa kami katakan hanyalah terima kasih atas hiburan yang telah dia berikan kepada kami," ucap sang mantan bek Manchester City itu.

5 dari 5 halaman

Petualangan Selanjutnya Aguero

Setelah menjalani karier yang luar biasa di Manchester City, akan melangkah ke mana kaki Aguero? Dia telah melakukan pembicaraan dengan Barcelona. Beberapa klub elite Liga Inggris juga ngebet meminangnya.

"Manchester City harus membuatkan patung Aguero di stadion. Dia adalah legenda. Mungkin pemain terbaik untuk City untuk apa yang telah dia lakukan untuk klub dan saya tidak percaya kami harus melepas kepergiannya," ucap Micah Ricard.

City akan perlu membeli striker segera untuk menggantikannya. "Saya merasa City membiarkan Sergio Aguero pergi terlalu cepat. Kami telah melihat apa yang bisa dilakukan Edinson Cavani di Manchester United," kata Richard.

Keputusan Pep Guardiola sering mencadangkannya sepanjang musim ini disayangkan. Legenda semestinya diperlakukan berbeda di musim terakhirnya. Sebagai seorang manusia, Aguero terlihat tak senang dengan situasi ini. Gestur wajahnya di pinggir lapangan menegaskan hal itu.

Akankah penggemar Manchester City akan melihat aksi bintang pujaan untuk terakhir kali di final Liga Champions melawan Chelsea?

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer