Sukses


Meraba Wajah Glowing Manchester United Musim 2021 / 2022, OTW Juara Liga Inggris Nih?

Bola.com, Jakarta - Manchester United bisa jadi adalah tim Liga Inggris paling aktif bersolek pada bursa transfer pemain musim panas ini. Apakah musim 2021/2022 akan menjadi milik Setan Merah?

Selain Jadon Sancho dan Raphael Varane, ada satu nama yang nyaris tak terdengar, dia adalah kiper Tom Heaton. Mungkin ia hanya akan jadi back-up, tapi ditelisik lebih dalam, ini adalah bukti keseriusan Manchester United menyambut musim baru.

Rapahel Varane memang belum diresmikan, tapi seremonial hanya akan menunggu waktu saja, tepatnya setelah bek Prancis itu menjalani tes medis. Stok bek tengah yang dimiliki Ole Gunnar Solskjaer praktis bertambah gemuk.

Sektor bek tengah telah menjadi penyakit kronis Manchester United selepas kehilangan duet Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Bongkar pasang dilakukan, mulai dari Phil Jones, Chris Smalling, hingga Eric Baily, yang sayangnya belum memuaskan.

Manchester United kemudian mendatangkan Victor Lindelof. Bek asal Swedia itu memberikan kualitas berbeda dibandingkan pemain-pemain lain, hingga akhirnya manajemen klub memberanikan diri merekrut Harry Maguire dari Leicester City.

Awalnya, Maguire dianggap sebagai transfer flop karena sejumlah blunder fatal. Perlahan namun pasti, agaknya banyak orang kini menganggap bahwa bek Timnas Inggris itu memiliki kualitas yang sangat sangat mumpuni.

Tugas Solskjaer berikutnya adalah menemukan rekan duet Maguire di belakang. Lindelof bukannya jelek. Justru musim kemarin, kerjasama keduanya di pertahanan teramat solid dibandingkan pendahulunya, sebut saja Jones-Smalling.

Solksjaer secara terbuka mengatakan bahwa Varane bakal jadi pembeda utama di skuad dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi diketahui kalau Sir Alex Ferguson telah lama mengincarnya.

"Tentu saja sangat gembira kami mencapai kesepakatan dengan Real Madrid. Tes medis semoga berjalan baik. Dia pemenang yang sudah terbukti. Dia pemain yang sudah kami pantau selama bertahun-tahun," kata Solskjaer, seperti dikutip Metro.co.uk, Kamis (29/7/2021).

"Sir Alex [Ferguson] sangat dekat untuk mengontraknya. Kali ini, kami mendapatkan dia di ujung lain kariernya. Dia telah membuktikan karier lamanya, betapa bagusnya dia, profesional dan dia memenangkan apa yang ada untuk dimenangkan."

"Dengan masuknya dia (Varane), kami juga memiliki cara bermain yang berbeda. Saya bisa melihat berbagai cara bermain dengan Raphael, saya tidak sabar untuk memasukkannya, semoga kami bisa segera mendapatkannya."

"Dua pemain yang kami miliki akan membuat perbedaan besar bagi Manchester United, baik musim ini, jangka pendek, tetapi juga jangka panjang," tegas Solskjaer.

Kemudian Sancho yang membuat Manchester United harus menggelontorkan dana hingga 73 juta pounds juga merupakan keputusan tepat. Sebab, Setan Merah dikenal dengan sosok winger klasik, yang ironisnya, sudah tak ada sepeninggal Ryan Giggs, Nani, dan Ashley Young yang bahkan diplot sebagai bek sayap.

Sancho pernah mengaku lebih menyukai peran winger ketimbang inside forward dan inverted winger. Tapi ia menegaskan siap menjalankan apapun yang diminta Solskjaer.

Dengan komposisi skuad yang sudah ada, tidaklah berlebihan jika mengatakan bahwa Manchester United adalah kandidat terkuat peraih juara Liga Inggris 2021/2022. Berikut ini Bola.com mengulas wajah glowing mereka musim ini:

 

2 dari 4 halaman

Komposisi Terbaik

Meskipun Solskjaer mungkin masih memiliki keputusan untuk menentukan siapa penjaga gawang pilihan pertama menjelang musim baru, Dean Henderson kemungkinan akan menjadi starter.

Jangan salah, David De Gea masih dan tetap akan menjadi penjaga gawang terbaik Manchester United setelah era Edwin van der Saar. Tapi Solskjaer membutuhkan konsistensi dan pembuktian.

Dean Henderson, dengan usianya yang masih muda, pengalaman yang belum banyak, dan kematangan bermain, memiliki satu hal yang jadi bekal: kepercayaan Solskjaer.

Kiper asli Inggris itu sukses mencuri perhatian saat dipinjamkan ke Sheffield United. Momentumnya pas. Saat De Gea kerap dikritik, Henderson muncul sebagai alternatif yang tak bisa ditolak.

Di depannya, dengan asumsi Solskjaer memilih untuk menggunakan formasi 4-3-3, empat bek, dari kanan ke kiri, akan terdiri dari Aaron Wan-Bissaka, Varane, Maguire dan Luke Shaw, yang tampil luar biasa.

Kecuali Kieran Trippier sukses didatangkan dari Atletico Madrid, Wan-Bissaka harus siap bersaing menjadi pilihan utama di posisi bek kanan.

Di lini tengah di mana hal-hal bisa menjadi menarik bagi Solskjaer. Jika memilih untuk menggunakan sistem 4-3-3, kemungkinan dia akan memiliki dua pemain defensifdi belakang Bruno Fernandes, yang akan beroperasi dalam peran yang lebih maju dan bermain lebih dekat ke tiga pemain depan.

Kualifikasi itu dimiliki oleh Scott McTominay. Pendampingnya bisa siapa saja, tapi andai Paul Pogba bertahan, duet mereka di belakang Bruno praktis tak terbantahkan.

Di depan, pemain baru Sancho akan berbaris di sayap kanan, dengan Edinson Cavani beroperasi di tengah dan Marcus Rashford masuk dari sisi kiri ketika ia kembali bugar. Seperti ulasan di atas, Sancho bakal berperan sebagai winger, peran yang 'hilang' cukup lama meski MU memiliki Daniel James dan Mason Greenwood.

Jika Solskjaer memang memilih untuk pergi dengan susunan pemain di atas, ia akan ditinggalkan dengan berbagai opsi di bangku cadangan, termasuk Donny van de Beek, Juan Mata, Jesse Lingard, Anthony Martial dan Mason Greenwood.

3 dari 4 halaman

Prediksi Starting XI

Manchester United 4-3-3

  • Kiper: David De Gea
  • Belakang: Wan-Bissaka, Raphael Varane, Harry Maguire, Luke Shaw
  • Tengah: Scott McTominay, Paul Pogba, Bruno Fernandes
  • Depan: Jadon Sancho, Edinson Cavani, Marcus Rashford
4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer