Sukses


Romelu Lukaku dan Romantisme Pemain Belgia di Chelsea

Bola.com, Jakarta - Chelsea sudah merampungkan transfer Romelu Lukaku. Juru gedor asal Belgia itu akhirnya pulang ke London usai dua tahun bermain di tanah Italia.

Chelsea menggaet Lukaku dari Inter Milan. Pemain berusia 28 tahun tersebut ditebus dengan biaya yang mencapai 115 juta euro.

Lukaku diikat dengan kontrak panjang berdurasi lima tahun. Hal itu membuatnya bakal menjadi pemain Chelsea hingga 2026.

Ini merupakan periode kedua Lukaku membela Chelsea. Dia sebelumnya pernah berseragam The Blues pada 2011-2014 lalu.

Chelsea cukup sering menggunakan jasa pemain asal Belgia. Selain Lukaku, ada beberapa pemain dari negara tersebut yang juga pernah berseragam The Blues. Siapa saja?

Video

2 dari 8 halaman

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois menjadi pemain Belgia pertama yang didatangkan Chelsea. Courtois diboyong dari Genk pada tahun 2011 dengan banderol sebesar 8,9 juta euro.

Namun, Courtois tak langsung menembus tim utama Chelsea. Kiper timnas Belgia itu kemudian dipinjamkan ke Atletico Madrid untuk mengembangkan bakatnya.

Setelah tiga musim bermain untuk Atletico, Courtois kembali ke Chelsea. Dia sempat menjadi kiper utama The Blues selama empat musim sebelum dilepas ke Real Madrid.

3 dari 8 halaman

Romelu Lukaku

Selain Thibaut Courtois, Chelsea juga mendatangkan pemain Belgia lainnya pada bursa transfer musim panas 2011. Pemain tersebut adalah Romelu Lukaku yang diboyong dari Anderlecht.

Namun, Lukaku kesulitan bermain secara reguler sehingga sempat dipinjamkan ke West Bromwich dan Everton. Dia akhirnya dilepas secara permanen ke Goodison Park pada tahun 2014.

Beberapa tahun berselang, Lukaku akhirnya kembali ke Stamford Bridge. Pemain berusia 28 tahun tersebut ditebus dari Inter Milan dengan biaya 115 juta euro.

4 dari 8 halaman

Eden Hazard

Eden Hazard datang ke Chelsea dari Lille pada tahun 2012. Chelsea mengeluarkan uang sebesar 35 juta euro untuk memboyong Hazard ke Stamford Bridge.

Hazard menjelma sebagai salah satu pemain terbaik di Premier League bersama Chelsea. Dia mencetak 85 gol dan 61 assists dari 352 penampilan dan berhasil meerengkuh dua gelar Premier League.

Namun, Hazard berpisah dengan Chelsea pada tahun 2019. Pemain asal Belgia tersebut pindah ke Real Madrid dengan banderol 150 juta euro.

5 dari 8 halaman

Thorgan Hazard

Thorgan Hazard adalah adik kandung dari Eden Hazard. Dia bergabung dengan Chelsea pada tahun yang sama dengan sang kakak dari Lens.

Akan tetapi, Thorgan tak pernah menembus tim utama Chelsea. Dia sempat menjalani masa peminjaman bersama Zulte Waregem dan Borussia Monchengladbach.

Chelsea akhirnya melepas Thorgan secara permanen ke Monchengladbach pada tahun 2019. Pemain berusia 28 tahun tersebut saat ini bermain untuk Borussia Dortmund.

6 dari 8 halaman

Kevin de Bruyne

Kevin de Bruyne pernah menjadi bagian dari skuad Chelsea pada tahun 2012 hingga 2014. De Bruyne dibeli Chelsea pada Januari 2012 dari KRC Genk dengan biaya sebesar 8 juta euro.

De Bruyne tetap bertahan di Genk sampai akhir musim 2011/2012. Setelah dipinjamkan ke Werder Bremen selama semusim, De Bruyne akhirnya mendapatkan kesempatan tampil bersama Chelsea pada musim 2013/2014.

Namun sayang, Jose Mourinho jarang memainkan De Bruyne kala itu. Tak betah berada di bangku cadangan, De Bruyne akhirnya hengkang ke Wolfsburg pada bulan Januari 2014 dengan banderol sebesar 22 juta euro.

7 dari 8 halaman

Michy Batshuayi

Chelsea mendatangkan Michy Batshuayi pada tahun 2016. Striker asal Belgia tersebut dibeli dari Marseille dengan banderol 39 juta euro.

Namun, Batshuayi tak pernah menjadi pilihan utama di Stamford Bridge. Dia lebih sering dipinjamkan ke klub lain daripada bermain di skuad utama Chelsea.

Batshuayi menjalani masa peminjaman di Crystal Palace selama dua musim terakhir. Kontraknya bersama The Blues akan habis pada tahun depan.

8 dari 8 halaman

Charly Musonda

Charly Musonda merupakan pemain didikan akademi Chelsea. Musonda kemudian mendapat kesempatan promosi ke tim senior Chelsea pada tahun 2016.

Namun, karena persaingan yang sangat ketat di posisi gelandang serang, Musonda dipinjamkan ke banyak klub sepanjang kariernya. Dia pernah membela Real Betis, Celtic, dan Vitesse.

Musonda baru mencatatkan tujuh penampilan bersama Chelsea dengan mencetak satu gol. Dia masih terikat kontrak dengan The Blues sampai tahun depan.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 14/8/2021)

Video Populer

Foto Populer