Sukses


Liga Inggris: Sah! Newcastle United Diakuisisi Konsorsium Milik Pangeran Arab Saudi, Resmi Jadi Klub Tajir Melintir

Bola.com, Newcastle - Newcastle United resmi punya pemilik baru. Konsorsium yang dipimpin Pangeran Arab Saudi, Muhammed Bin Salman, telah 100 persen mengakuisisi The Magpies, Kamis (7/10/2021). 

Public Investment Fund (PIF) milik Muhammed Bin Salman mengambil alih Newcastle United dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley. Kekuasaan Ashley selama 14 tahun berakhir malam ini. 

Pihak Premier League menyetujui akuisisi tersebut setelah mendapat jaminan yang mengikat secara hukum bahwa negara Arab Saudi tidak akan mengendalikan klub. Sebelumnya, proses pengambilalihan tersebut sempat tertunda selama 18 bulan karena berbagai masalah. 

PIF dikabarkan mengucurkan dana 300 juta pounds untuk membeli saham The Magpies. Dana yang digunakan PIF untuk mengakuisisi saham Newcastle United akan terpisah dari uang milik negara.

"Premier League, Klub Sepak Bola Newcastle United dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan tentang pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media," tulis pihak Premier League, seperti dikutip dari BBC

"Sengketa hukum terkait entitas mana yang akan memiliki dan atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan klub setelah pengambilalihan. Semua pihak telah sepakat bahwa penyelesaian diperlukan untuk mengakhiri ketidakpastian panjang bagi para penggemar atas kepemilikan klub."

"Premier League telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan klub sepak bola Newcastle United. Semua pihak senang telah menyelesaikan proses ini yang memberikan kepastian dan kejelasan kepada Klub Sepak Bola Newcastle United dan para penggemar mereka," imbuh pernyataan Premier League itu. 

 

2 dari 4 halaman

Pernyataan Pemilik Newcastle United

Newcastle United juga telah membuat pernyataan resmi melalui media sosial klub. Mereka menegaskan 100 persen mengambil alih Newcastle.   

"Grup investasi yang dipimpin oleh Public Investment Fund, dan juga terdiri dari PCP Capital Partners dan RB Sports & Media, telah menyelesaikan akuisisi 100 persen dari Newcastle United Limited dan Newcastle United Football Club Limited dari St. James Holdings Limited," tulis pihak Newcastle. 

Gubernur PIF, Yasir Al-Rumayyan, telah resmi didapuk sebagai Ketua Non-Eksekutif Newcastle. PIF mengaku bangga telah menjadi pemilik anyar The Magpies.

"Kami berterima kasih kepada para suporter Newcastle atas dukungan setia selama bertahun-tahun. Kami senang bekerja sama dengan mereka," ujar Al-Rumayyan. 

 

3 dari 4 halaman

Jauh Lebih Kaya daripada Pemilik Manchester City

Akuisisi tersebut menjadikan Newcastle United menjadi klub sultan alias tajir melintir. Pangeran Muhammad Bin Salman bahkan punya kekayaan yang jauh lebih fantastis dibanding pemilik Manchester City, Sheikh Mansour. 

Menurut ESPN, Public Investment Fund (PIF) milik Muhammad Bin Salman memiliki kekayaan senilai 320 miliar pounds atau Rp6.188 triliun. 

Adapun kekayaan Sheikh Mansour senilai 23 miliar pounds atau setara Rp444 triliun. Artinya kekayaan pemilik Newcastle 13 kali lipat lebih banyak daripada owner Manchester City. 

Sumber: BBC, ESPN

 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Newcastle United

Video Populer

Foto Populer