Sukses


Liga Inggris: Adu Kekayaan Pemilik Newcastle United Mohammed Bin Salman Vs Bos Manchester City

Bola.com, Jakarta - Newcastle United resmi jadi klub kaya raya. Konsorsium yang dipimpin Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, telah 100 persen mengakuisisi The Magpies, Kamis (7/10/2021).

Public Investment Fund (PIF) milik Muhammed Bin Salman mengambil alih Newcastle United dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley. Kekuasaan Ashley selama 14 tahun telah berakhir.

Pihak Premier League menyetujui akuisisi tersebut setelah mendapat jaminan yang mengikat secara hukum bahwa negara Arab Saudi tidak akan mengendalikan klub. Sebelumnya, proses pengambilalihan tersebut sempat tertunda selama 18 bulan karena berbagai masalah. 

PIF dikabarkan mengucurkan dana 300 juta pounds untuk membeli saham The Magpies. Dana yang digunakan PIF untuk mengakuisisi saham Newcastle United akan terpisah dari uang milik negara.

"Premier League, Klub Sepak Bola Newcastle United dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan tentang pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media," tulis pihak Premier League, seperti dikutip dari BBC. 

"Sengketa hukum terkait entitas mana yang akan memiliki dan atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan klub setelah pengambilalihan. Semua pihak telah sepakat bahwa penyelesaian diperlukan untuk mengakhiri ketidakpastian panjang bagi para penggemar atas kepemilikan klub."

"Premier League telah menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan Newcastle United. Semua pihak senang telah menyelesaikan proses ini yang memberikan kepastian dan kejelasan kepada Newcastle United dan para penggemar mereka."

Setelah berhasil membeli Newcastle United, Mohammed Salman bukan menjadi pengusaha minyak kelas kakap pertama asal Timur Tengah yang mengambil alih klub di Manchester.  

Sheikh Mansour telah melakukannya lebih dari 10 tahun lalu ketika membeli Manchester City. Mansour adalah politikus sekaligus pengusaha kaya raya dari Uni Emirat Arab dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi (UEA).

Sejak dia datang pada 2008, Manchester City telah memenangi empat gelar Premier League, empat Piala Liga Inggris, dan dua trofi Piala FA. Itu menjadi periode tersukses dalam sejarah The Citizen. 

Menurut berbagai laporan di Inggris, Bin Salman termitivasi membeli klub Premier League karena ingin bersaing dengan Mansour. 

Bagaimana perbandingan kekayaan, gaya hidup, dan kontroversi pemilik Newcastle United dan pemilik Manchester City itu? Berikut perbandingannya seperti dilansir The Sun, Sabtu (9/10/2021)

2 dari 8 halaman

1. Harta

Mohammed Bin Salman 

Keduanya sama-sama tak kesulitan dalam urusan uang. Kekayaan pribadi Bin Salman diperkirakan mencapai Rp18,28 triliun hingga Rp127,5 triliun. Tapi, bisa dibilang dia memiliki hampir seluruh kekayaan Arab Saudi di ujung jarinya. 

Skeih Mansour

Di sisi lain, kekayaan pribadi Mansour disebut-sebut mencapai Rp309 triliun. 

3 dari 8 halaman

2. Keluarga

Mohammed Bin Salman 

Bin Salman adalah bagian dari House of Saud, keluarga penguasa Arab Saudi sejak 1744.

Keluarga itu memiliki anggota sekitar 15.000 orang, meskipun mayoritas kekuasaan dan kekayaan berada di tangan sekitar 2.000 orang.

Keluarga Al Saud memiliki kekayaan gabungan yang dilaporkan sebesar 1,3 triliun pounds - dengan banyak komentator politik yang menyatakan bahwa jumlah itu terlalu rendah.

Bin Salman menikah dengan Sarah binti Mashhoor - yang dikenal sebagai 'Putri Barbie' - pada 2008, pasangan itu memiliki empat anak.

 

Skeih Mansour

Mansour adalah saudara tiri dari presiden UEA saat ini dan anggota keluarga Al Nahyan yang berkuasa.

Keluarga kaya minyak itu diperkirakan memiliki kekayaan gabungan setidaknya 150 miliar pounds dan telah mendorong pembangunan tempat liburan Dubai.

Sheikh Mansour memiliki dua istri dan enam anak.

Ia menikah dengan Sheikha Alia binti Mohammed bin Butti Al Hamed pada pertengahan 1990-an, dikaruniai satu putra. Ia kemudian juga menikahi Manal binti Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Manal, yang memiliki dua putri dan tiga putra dengan Sheikh Mansour, adalah presiden dari Dubai Women Establishment.

 

4 dari 8 halaman

3. Koleksi Mobil Mewah

Bagaimana koleksi mobil mewah mereka? Sepertinya Mansour lebih gemar terhadap mobil-mobil mewah daripada Bin Salman.  

Mohammed Bin Salman

  • Ferrari
  • Lamborghini
  • Buggati

Sheikh Mansour

  • Lima Bugatti
  • Porsche 911 GT1
  • Ferrari Enzo
  • Lamborghini Reventon
  • Mercedes SLR-McLaren
5 dari 8 halaman

4. Vila Mewah

Mohammed Bin Salman

Dia memiliki rumah mewah atau villa di Prancis yang dikenal dengan nama "Chateau Louis XIV". Rumah mewah tersebut harganya berkisar 230 juta pounds atau setara Rp4,2 triliun. 

 

Sheikh Mansour

Pemilik Manchester City ini punya villa mewah untuk berlibur di Spanyol, tepatnya di Los Quintos de San Martin. Nilainya sekitar 42 juta pounds atau Rp765 miliar.  

6 dari 8 halaman

5. Kapal Pesiar

Mohammed Bin Salman

Pengusaha kaya raya di Timur Tengah biasanya punya kapal pesiar mewah sendiri. Bin Salman punya yatch bernama Serena. Nilainya sekitar 380 juta pounds atau setara Rp6,94 triliun. 

Sheikh Mansour

Tentu saja penguasa asal UEA tersebut juga punya kapal pesiar, yang diberi nama Topaz. Kapal pesiar miliknya ternyata terbesar kelima di dunia. Nilainya mencapai 316 pounds atau setara Rp5,77 triliun.

7 dari 8 halaman

6. Klub Olahraga

Mohammed Bin Salman

Pangeran Arab Saudi ini dikenal menyukai sepak bola, dan fan Manchester United. Sebelum mengakuisi Newcastle United, dia sudah memiliki sebuah klub Divisi 2 di Arab Saudi. Klub tersebut dilabeli sesuai namanya.

Skeikh Mansour

Dalam urusan koleksi klub, Mansour lebih unggul. Dia adalah pemilik Manchester City, New York City FC, Melbourne City, dan Al-Jazira.   

Perusahaan induk yang dimiliki Mansour juga memiliki saham di Yokohama F. Marinos di Jepang, Club Atletico Torque di Uruguay, dan Girona di Spanyol.

Ada rencana untuk melebarkan sayap jauh ke Eropa dan Afrika.

8 dari 8 halaman

7. Bisnis dan Jabatan

Mohammed Bin Salman 

Bin Salman adalah Putra Mahkota Arab Saudi, putra dari pemimpin de facto Raja Salman, yang tak bisa memerintah penuh karena dementia.  Bin Salman juga Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan. Dia kerap menyebut dirinya sebagai seorang pemimpin yang moderat.  

Skeikh Mansour 

Mansour seorang Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab. Namun, tidak seperti Bin Salman yang fokus pada karier politiknya, Mansour lebih banyak menghabiskan waktu pada bisnis pribadinya. 

Dia merupakan pemimpin International Petroleum Investment Company, yang punya lini bisnis di berbagai belahan dunia.

Dia juga punya 32 persen saham di Virgin Galactic, serta 9,1 persen di Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz dan lainnya. 

Video Populer

Foto Populer