Sukses


Berandai-andai Starting XI Manchester United Jika Zinedine Zidane Jadi Pelatih: Formasi 4-3-3, Anthony Martial Andalan di Lini Depan

Bola.com, Jakarta - Zinedine Zidane mencuat sebagai salah satu kandidat manajer baru Manchester United. Kebetulan, saat ini pria asal Prancis itu belum terikat kontrak dengan klub mana pun.

Posisi Ole Gunnar Solskjaer diprediksi tidak benar-benar aman. Kekalahan dengan skor 5-0 dari Liverpool mungkin akan membuat kepercayaan dari direksi klub pada eks manajer Cardiff City itu memudar.

Belakangan, Cristiano Ronaldo bahkan disebut menyodorkan nama Zidane jika United mencari manajer baru. Ronaldo -juga Raphael Varane- pernah meraih begitu banyak kesuksesan bersama Zidane di Real Madrid.

Andai United memecat Solskjaer, lalu menunjuk Zinedine Zidane sebagai manajer, tentu bakal ada beberapa perubahan di skuad. Sebab, Zidane punya ide yang berbeda dengan Solskjaer. Zidane lebih sering memakai formasi 4-3-3, bukan 4-2-3-1.

Lantas, seperti apa prediksi starting XI Manchester United jika Zidane jadi manajer? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

2 dari 13 halaman

Penjaga Gawang

Kedatangan Zinedine Zidane tidak akan mengubah posisi David De Gea di bawah mistar gawang Manchester United. Kiper asal Spanyol ini tampaknya bakal tetap menjadi pilihan utama walau baru mencatat satu nirbobol musim ini.

Ingat, pada 2015 lalu, Zidane sangat ingin membawa De Gea ke Real Madrid. Tapi, ada persoalan administrasi yang membuat transfer De Gea ke Real Madrid urung terlaksana.

3 dari 13 halaman

Bek Kanan

Zidane sangat menyukai bek sayap yang aktif menyerang. Saat masih di Real Madrid, dia punya Dani Carvajal untuk posisi bek kanan. Karakter itu ada pada sosok Diogo Dalot.

Tapi, Dalot belum cukup teruji di skuad United. Wan-Bissaka kemungkinan masih akan jadi pilihan utama. Performanya cukup stabil sejauh ini. Tapi, dia harus meningkat dalam kontribusi menyerang.

4 dari 13 halaman

Bek Tengah

Varane akan menjadi pilihan utama Zidane di posisi bek tengah (sebelah kanan) jika dia menjadi pelatih Manchester United. Keduanya sudah saling kenal dan punya koneksi yang bagus.

Di bawah kendali Zidane, Varane menjadi salah satu bek terbaik dunia. Performa Varane sangat stabil. Mereka membantu Real Madrid untuk meraih tiga gelar Liga Champions beruntun.

5 dari 13 halaman

Bek Tengah

Duet ideal Varane, saat di Real Madrid bersama Zidane, adalah Sergio Ramos. Mereka bermain untuk waktu yang sangat lama. Sementara, karakter Maguire sangat berbeda jika dibanding dengan Ramos.

Tapi, pilihan terbaik tetap Maguire. Zidane harus meningkatkan kemampuan marking dan membaca permainan Maguire secara signifikan. Jika itu mampu dilakukan, Maguire bakal jadi pemain yang penting.

6 dari 13 halaman

Bek Kiri

Seperti bek kanan, Zidane juga menyukai bek kiri yang agresif. Saat masih di Real Madrid, Zidane punya Marcelo yang bisa melakukan banyak hal ketika tim menyerang.

Luke Shaw punya kemampuan menyerang yang bagus. Crossing bek timnas Inggris juga bagus. Tapi, jika ingin menjadi seperti Marcelo, Shaw harus lebih berani menerobos kotak penalti dan mengasah kemampuan dribel.

7 dari 13 halaman

Gelandang Bertahan

Tidak ada pemain dengan tipe seperti Casemiro di Real Madrid. Scott McTominay lebih bertipe pemain box-to-box. Paling mendekati gaya Casemiro adalah Fred, dengan kekurangan dan kelebihannya.

Fred punya daya jelajah dan kemampuan membaca permainan yang bagus. Tapi, dia tidak sekuat Casemiro dalam duel satu lawan satu. Fred juga harus meningkatkan kemampuan bertahan secara signifikan.

8 dari 13 halaman

Gelandang Tengah

Zidane punya Toni Kroos yang piawai mengatur distribusi bola di Real Madrid. Nah, karakter yang sama juga dimiliki Paul Pogba. Pogba punya akurasi dan teknik melepas umpan yang bagus. Pogba umpan panjang yang brilian.

Tapi, Pogba lebih cenderung menyerang dan kesulitan melakukan tugas bertahan. Kroos, walau tidak punya kecepatan, masih bisa diandalkan untuk melakukan tugas bertahan.

9 dari 13 halaman

Gelandang Serang

Zidane tidak memakai peran playmaker di lini tengah pada formasi 4-3-3. Luka Modric bukan tipe playmaker dalam arti secara harafiah. United punya Bruno Fernandes untuk memainkan peran ini.

Fernandes cukup kesulitan ketika harus bermain lebih dalam. Hal ini terjadi bersama timnas Portugal yang memainkan formasi 4-3-3. Tapi, kehadiran Fernandes sangat penting bagi serangan United.

10 dari 13 halaman

Winger Kanan

Zidane bakal punya kemewahan di lini depan jika menerima pekerjaan sebagai manajer Manchester United. Untuk posisi winger kanan, ada dua opsi yang bisa dipilih: Jadon Sancho atau Mason Greenwood.

Sancho belum mencapai performa terbaik pada awal musim 2021/2022. Sementara, Greenwood telah berkembang sebagai winger dengan kemampuan yang lengkap. Pemain 20 tahun diprediksi bisa jadi andalan United di masa depan.

11 dari 13 halaman

Penyerang Tengah

Zidane punya banyak pilihan: Cristiano Ronaldo bisa menjadi penyerang tengah. Lalu, ada Edinson Cavani, Marcus Rashford, hingga Anthony Martial.

Jika mengacu pada skema bermain yang diterapkan Zidane di Madrid, maka Martial mungkin akan jadi pilihan utama. Martial adalah penyerang yang tidak statis. Dia sering membuka ruang untuk pemain lain, mirip dengan Benzema.

Satu hal lain, Martial muda sangat ingin bermain untuk Zidane di Real Madrid.

12 dari 13 halaman

Winger Kiri

Karena posisi penyerang tengah jadi milik Martial, maka winger kiri jadi milik Ronaldo. Ini adalah posisi lama Ronaldo. Dia memainkan peran ini dengan sangat baik bersama Real Madrid, baik era Zidane maupun pelatih sebelumnya.

Ronaldo punya kemampuan dribel dan kecepatan. Dia akan sangat berbahaya bagi pertahanan lawan. Tapi, kunci sukses peran ini ada pada Martial yang harus mampu menjadi 'pelayan' bagi Ronaldo. Baik memberi umpan atau bertukar posisi.

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 25/10/2021)

13 dari 13 halaman

Di Mana Posisi Manchester United Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer