Sukses


Liga Inggris: Selain Ole Gunnar Solskjaer, Siapa Saja Pelatih Terburuk di Manchester United?

Bola.com, Jakarta - Manchester United merupakan satu di antara klub tersukses di Liga Inggris. Tentunya segudang prestasi hebat yang berhasil diraih klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Manchester United telah mengoleksi 13 gelar Premier League. Kesuksesan tersebut diraih pada era kepemimpinan Sir Alex Ferguson.

Setelah Ferguson pensiun, The Red Devils telah menunjuk lima manajer berbeda. Namun, kebanyakan dari mereka tidak berhasil memberikan kejayaan di Old Trafford.

Saat ini Setan Merah sedang ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Namun, pria asal Norwegia tersebut kini tengah diambang pemecatan usai hasil buruk yang dialami MU.

Hal ini menunjukkan bahwa menukangi klub sekaliber Man United tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak pelatih yang gagal melakukannya.

Berikut ini ulasan menarik lima pelatih terburuk yang pernah menangani Manchester United:

2 dari 7 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer diangkat menjadi manajer Manchester United pada pertengahan musim 2018-2019. Dia menggantikan Jose Mourinho yang dipecat.

Solskjaer mampu mendongkrak performa Man United sepeninggal Mourinho. Namun, dia sampai sekarang masih belum berhasil mempersembahkan gelar untuk klub meski memiliki skuat yang mewah.

Menyusul hasil yang mengecewakan dalam beberapa bulan terakhir, Solskjaer kini sedang berada dalam tekanan. Pria asal Norwegia tersebut bisa dipecat apabila keadaan tak kunjung membaik.

3 dari 7 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho bergabung dengan Manchester United pada musim 2016-17. Sebelum ke Old Trafford, Mourinho lebih dulu meraih gelar bersama Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid.

Musim pertama Mourinho di Man United berakhir dengan kesuksesan. Setan Merah berhasil memenangi Piala Liga Inggris juga Liga Europa.

Namun, performa Setan Merah menurun drastis pada musim 2018-2019. Mourinho dianggap gagal dan kemudian harus angkat kaki dari klub pada 18 Desember 2018.

4 dari 7 halaman

Frank O'Farrell

Frank O'Farrell mengambil alih Manchester United pada musim panas 1971. Pria asal Irlandia tersebut punya tugas berat menggantikan Sir Matt Busby di Old Trafford.

Namun, O'Farrell justru gagal mengangkat performa Man United. Bahkan dia terlibat perselisihan dengan bintang MU George Best.

O'Farrell pun dipecat pada Desember 1972 setelah menangani Man United selama 18 bulan. Dia harus angkat kaki meski kontraknya masih tersisa tiga tahun lagi.

5 dari 7 halaman

Louis Van Gaal

Louis Van Gaal ditunjuk sebagai pelatih Manchester United setelah Piala Dunia 2014. Pelatih asal Belanda tersebut mendapat dukungan penuh di bursa transfer.

Van Gaal mendatangkan pemain berkualitas seperti Angel Di Maria, Bastian Schweinsteiger, Radamel Falcao dan Ander Herrera. Namun, penampilan Man United justru jauh dari memuaskan.

Man United di bawah Van Gaal berhasil memenangkan FA Cup pada musim 2015-16. Namun, dia dipecat dua hari kemudian karena timnya gagal bersaing dalam perebutan gelar Premier League.

6 dari 7 halaman

David Moyes

David Moyes mengambil alih Manchester United pada musim panas 2013. Dia secara pribadi ditunjuk oleh Sir Alex Ferguson sebagai pengganti jangka panjangnya setelah 11 tahun yang mengesankan bersama Everton.

Sayang kiprah Moyes di Old Trafford jauh dari kata sukses. Pelatih asal Skotlandia tersebut gagal total mengangkat performa The Red Devils.

Moyes pun dipecat meski masih belum genap semusim bekerja di MU. Posisinya kemudian digantikan Ryan Giggs sebagai manajer sementara.

Disadur dari Bola.net (Aga Deta, published 17/11/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Peringkat Manchester United Saat Ini

Video Populer

Foto Populer