Sukses


Deretan Klub-klub Raksasa yang Memecat Pelatihnya: Ole Gunnar Solskjaer Korban Terbaru

Bola.com, Jakarta - Manchester United secara resmi mengumumkan berakhirnya kerja sama dengan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer tim. Pria asal Norwegia itu dipecat dari jabatannya, Minggu (21/11/2021).

Klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer rsudah bukan lagi pelatih Manchester United. Manajemen klub Man United memberikan apresiasi kepada manajer asal Norwegia yang sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk The Red Devils.

Sempat merasakan performa bagus pada akhir musim lalu hingga awal musim ini, Manchester United kemudian merosot dan justru tampil inkonsisten dalam beberapa pekan terakhir. The Red Devils mengalami kekalahan telak 0-5 dari Liverpool, 0-2 dari Manchester City, dan 1-4 dari Watford.

Kekalahan dari Watford pada pekan ke-12 Premier League itu membuat desakan agar Solskjaer dipecat dari posisinya sebagai manajer tim makin kencang. Manchester United pun kini memutuskan untuk berpisah dengannya.

Manchester United bukanlah klub pertama yang mendepak pelatihnya musim 2021/2022 ini. Sejumlah klub-klub besar di Inggris dan Eropa lainnya sudah lebih dulu melakukan hal itu.

Siapa saja mereka? Berikut daftar dan ulasannya dari Bola.com:

2 dari 5 halaman

Barcelona

Barcelona akhirnya resmi memecat Ronald Koeman pada Kamis (28/10/2021) pagi WIB. Keputusan Barca untuk mendepak Koeman tak lepas dari hasil minor yang didapat pada musim ini.

Los Cules tampil mengecewakan pada musim 2021/2022. Dari 13 pertandingan yang sudah dijalani, Barcelona hanya meraih lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan lima kekalahan.

Pemecatan Ronald Koeman oleh Barcelona terjadi ketika Blaugrana menyerah 0-1 dari Rayo Vallecano pada laga pekan ke-11 La Liga di Estadio de Vallecas, Kamis dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Vallecano disarangkan Radamel Falaco pada menit ke-30.

Secara keseluruhan, Ronald Koeman sudah 67 kali menukangi Barcelona. Dia meraih 40 kemenangan, 11 kali hasil imbang, dan menelan 16 kekalahan.

3 dari 5 halaman

Tottenham Hotspur

Kekalahan telak Tottenham Hotspur dari Manchester United 0-3, Sabtu (30/10/2021) menjadi titk perpisahan klub berjuluk The Lillywhites dan Nuno Espirito. Terlebih kekalahan itu didapat saat bermain di hadapan pendukung sendiri.

Saat pemecatan Nuno Espirito, Spurs tercecer di posisi kedelapan dengan 15 poin, atau tertinggal sepuluh angka dari Chelsea sebagai pemuncak klasemen. Kini Spurs sudah memiliki pelatih baru yakni Antonio Conte.

Nuno Espirito Santo melakoni sepuluh pertandingan bersama Spurs di musim 2021/2022. Dengan catatan lima kali menang dan menelan lima kekalahan.

4 dari 5 halaman

Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer merupakan pelatih terkini yang kehilangan pekerjaannya di Manchester United. Kabar pemecatan Ole sebenarnya lama ditunggu, terutama para penggemar Setan Merah seiring prestasi yang jeblok saat ini.

Sempat merasakan performa bagus pada akhir musim lalu hingga awal musim ini, Manchester United kemudian merosot dan justru tampil inkonsisten dalam beberapa pekan terakhir. The Red Devils mengalami kekalahan telak 0-5 dari Liverpool, 0-2 dari Manchester City, dan 1-4 dari Watford.

Kekalahan dari Watford pada pekan ke-12 Premier League itu membuat desakan agar Solskjaer dipecat dari posisinya sebagai manajer tim makin kencang. Manchester United pun kini memutuskan untuk berpisah dengannya.

"Manchester United mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer telah meninggalkan perannya sebagai manajer. Ole akan selalu menjadi legenda di Manchester United dan dengan penyesalan kami harus mengambil keputusan sulit ini," bunyi pernyataan Manchester United dalam situs resminya.

"Sementara beberapa pekan terakhir begitu mengecewakan, itu tidak akan mengaburkan semua upaya yang telah dia lakukan selama tiga tahun terakhir untuk membangun kembali fondasi kesuksesan jangka panjang," lanjut pernyataan tersebut.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Manchester United di Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer