Sukses


5 Gelandang Serbabisa di Liga Inggris: Jadi Bek Tengah Tetap Jago

Bola.com, Jakarta - Seorang pesepak bola harus mampu menjalankan instruksi pelatih saat bermain di posisi aslinya. Namun, banyak pemain yang justru punya kemampuan multifungsi alias bermain di luar posisinya.

Situasi itu sering dimanfaatkan pelatih ketika kondisi tim sedang darurat. Misalnya ada beberapa pemain kunci yang mengalami cedera sehingga spekulasi pengubahan posisi seorang pemain menjadi cara yang paling mungkin.

Dalam sepak bola, situasi seperti ini adalah hal yang wajar dan lumrah ditemui. Termasuk di Liga Inggris, kompetisi elite sepak bola dunia yang padat dan memungkinkan membuat pemain cukup sering cedera.

Kelebihan bermain multiposisi menjadi keunggulan tertentu buat seorang pemain. Konsekuensinya adalah mereka harus siap untuk menunjukkan performa yang sama bagusnya dengan posisi asli.

Bola.com mencatat, ada lima pemain yang punya kemampuan bermain multiposisi. Contohnya adalah seorang gelandang yang juga bisa diandalkan sebagai bek tengah.

Lantas, siapa sajakah pemain dengan multiposisi tersebut? Berikut ini lima gelandang di Liga Inggris yang juga bisa dimainkan sebagai bek tengah.

2 dari 6 halaman

Fabinho

Liverpool tak sia-sia mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan Fabinho. Sebab, Fabinho mampu bermain dengan baik untuk The Reds.

Fabinho nyaris tak tergantikan di lini tengah Liverpool. Sampai sejauh ini, Fabinho sudah tampil 134 kali dengan torehan empat gol dan delapan assist.

Namun, Fabinho tak hanya jadi gelandang bertahan di Liverpool. Fabinho sering turun sebagai bek tengah saat The Reds mengalami krisis pemain di posisi itu.

3 dari 6 halaman

Declan Rice

Declan Rice merupakan pemain didikan akademi Chelsea. Namun, gelandang asal Inggris tersebut justru berkembang pesat setelah pindah ke West Ham.

Rice cukup lama menempati posisi bek tengah selama karier juniornya. Pemain 22 tahun tersebut kemudian dipasang sebagai gelandang bertahan setelah menembus tim utama West Ham.

Sekarang, Rice disebut sebagai salah satu gelandang terbaik di Premier League. Dia sudah mencatatkan 161 penampilan di semua kompetisi untuk The Hammers.

4 dari 6 halaman

Fernandinho

Fernandinho merupakan salah satu pemain senior di skuat Manchester City. Dia telah memperkuat klub tersebut sejak tahun 2013.

Fernandinho juga punya karier yang sangat sukses di Etihad Stadium. Gelandang asal Brasil tersebut telah memenangkan empat gelar Premier League.

Meski posisi aslinya sebagai gelandang bertahan, Josep Guardiola tidak ragu memainkan Fernandinho sebagai bek tengah. Dia mampu bermain dengan baik di posisi tersebut.

5 dari 6 halaman

Scott McTominay

Scott McTominay merupakan produk akademi Manchester United. Dia sekarang ini sudah menjadi pemain reguler di lini tengah Setan Merah.

Di bawah kepemimpinan Ole Gunnar Solskjaer, McTominay sering bermain bersama Fred di lini tengah. Mereka berdua mengisi posisi double pivot.

Bukan cuma sebagai gelandang bertahan, McTominay jgua pernah dimainkan sebagai bek tengah. Dia memainkan peran tersebut saat membela timnas Skotlandia dan juga Manchester United.

6 dari 6 halaman

Kalvin Phillips

Kalvin Phillips merupakan gelandang andalan Leeds United. Dia merupakan jebolan akademi Leeds dan berada di tim utama sejak tahun 2014.

Sampai sejauh ini, Phillips sudah memainkan 223 penampilan di semua kompetisi untuk Leeds. Dia berhasil mencetak 14 gol dan 13 assist dari penampilanya tersebut.

Phillips sering dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Premier League. Meski begitu, Marcelo Bielsa pernah memainkan sang pemain sebagai bek tengah.

Disadur dari Bola.net (Aga Deta, published 24/11/2021)

Video Populer

Foto Populer