Sukses


7 Pemain Enggak Jelas yang Diboyong Sir Alex Ferguson ke Manchester United, Bahkan Fotonya Pun Langka

Bola.com, Jakarta - Sir Alex Ferguson merupakan pelatih tersukses yang pernah dimiliki Manchester United.

Pria asal Skotlandia itu mengoleksi 38 trofi, 13 di antaranya gelar Liga Inggris. Setan Merah juga mendulang lima trofi Piala FA dan dua gelar Liga Champions.

Sir Alex Ferguson pensiun dari jabatannya di Manchester United pada 2013 setelah 26 tahun mencatatkan karier gemilang di Old Trafford.

Selama bekerja di Old Trafford, Ferguson berhasil mendatangkan pemain-pemain berkualitas tinggi. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Ruud van Nistelrooy hingga Nemanja Vidic.

Asa 105 pemain yang direkrut Sir Alex Ferguson selama 26 tahun bertanggung jawab di Manchester United. Ada pembelian terbaik, ada pula yang ampas.

Ada juga pemain antah-berantah, yang mungkin Anda telah lupa mereka pernah berseragam Manchester United.

Berikut adalah tujuh pemain Manchester United era Fergie yang mungkin baru saja terlepas dari ingatan Anda, disadur dari Planet Football.

 

2 dari 8 halaman

Tony Coton (Kiper)

Coton terkenal di Manchester City, di mana ia membuat hampir 200 penampilan.

Anda pasti lebih mudah untuk melupakan bahwa ia juga menghabiskan enam bulan di Manchester United pada musim 1995/1996.

Selama waktu itu ia tidak pernah memainkan satu pertandingan kompetitif pun dan hanya menjadi pemain pengganti. Ia lalu bergabung dengan Sunderland.

3 dari 8 halaman

Neil Whitworth (Bek)

Ferguson mungkin mengira dia telah menemukan permata ketika memburu bek tengah berusia 18 tahun dari Divisi Ketiga, Wigan pada tahun 1990.

Tapi Whitworth tidak pernah mungkin menggulingkan Gary Pallister atau Steve Bruce di tim utama. Dia hanya membuat satu penampilan untuk Setan Merah, setelah sembilan bulan gabung.

Dia menghabiskan waktu dengan status pinjaman di empat klub sebelum menandatangani kontrak dengan Kilmarnock secara permanen pada tahun 1994.

4 dari 8 halaman

Pat McGibbon (bek)

McGibbon direkrut dari klub Irlandia Utara, Portadown pada tahun 1992. Namun penampilan pertamanya untuk Manchester United ternyata menjadi yang terakhir.

Dalam pertandingan Piala Liga melawan York City pada tahun 1995, McGibbon dikeluarkan dari lapangan dan Manchester United kalah 0-3.

Masa depannya di Old Trafford pun suram setelah bencana ini.

5 dari 8 halaman

Brian Carey (bek)

Anda akan mengira Fergie mungkin telah mempelajari kesalahannaya pada saat dia merekrut McGibbon, mengingat dia sudah memiliki bek tengah Irlandia yang belum pernah dia tampilkan setelah direkrut dari Cork City tiga tahun sebelumnya.

Bek tengah tersebut adalah Brian Carey, yang kemudian bermain untuk Leicester City. Dia dua kali dipinjamkan ke Wrexham selama empat tahun di Old Trafford. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Wrexham sebelum menjadi manajer klub asal Wales itu.

6 dari 8 halaman

Giuliano Maiorana (Sayap kiri)

Giuliano Maiorana membuat delapan penampilan untuk Manchester United pada akhir tahun 1980-an, namun ada kemungkinan Anda belum pernah mendengar tentang dia.

Dia bergabung dari Histon (sekarang di Northern Premier League) seharga 30 ribu paun. Ia lumayan menjanjikan, tetapi cedera lutut menghancurkan kariernya.

Dia sebenarnya tetap di Old Trafford hingga 1994, tetapi tidak pernah membuat satu penampilan pun pada tahun 90-an. Ia hanya memainkan lima pertandingan lagi sepanjang kariernya, untuk Ljungskile SK di divisi kedua Liga Swedia.

7 dari 8 halaman

Erik Nevland (Striker)

Manchester United dikaitkan dengan Juninho dan Marcel Desailly pada 1997. Ferguson lalu mendapatkan Teddy Sheringham, Henning Berg dan penyerang Norwegia yang tidak dikenal, Erik Nevland.

Dia adalah seorang striker berusia 19 tahun yang bermain untuk Viking Stavanger. Setelah masa percobaan yang sukses di Old Trafford, dia ditawari kontrak empat tahun dan mau tidak mau dibandingkan dengan Ole Gunnar Solskjaer, yang bergabung setahun sebelumnya.

Tapi Nevland melempem dan pergi tiga musim kemudian. Dia cuma mendapat satu pertandingan di Liga Inggris.

Nevland mencetak 10 gol dalam dua setengah tahun bersama Fulham. 

8 dari 8 halaman

Graeme Tomlinson (Striker)

Manchester United menghabiskan 100 ribu paun untuk mengontrak Tomlinson dari Bradford City pada tahun 1994 dengan kontrak empat tahun.

Fergie hanya memainkan Tomlinson sekali, sebagai pengganti dalam pertandingan Piala Liga melawan Port Vale beberapa bulan setelah penandatanganan.

Dia lalu dipinjamkan sampai bergabung dengan Macclesfield Town pada tahun 1998. 

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer