Sukses


Termasuk Ralf Rangnick, Deretan Pelatih yang Ternyata Pernah Menolak Kerja di Chelsea

Bola.com, Jakarta - Chelsea jelas merupakan tim besar dan cukup sukses di Inggris. Deretan prestasi berupa gelar juara Liga Inggris maupun Liga Champions sudah berhasil mereka torehkan.

Era kejayaan Chelsea sebenarnya dimulai sejak diambil alih oleh pengusaha Rusia, Roman Abramovich pada 2003 lalu. Abramovich telah menggelontorkan banyak uang untuk mendongkrak prestasi klub.

Dengan sokongan dana yang melimpah, Chelsea punya banyak pemain bintang yang merumput di Stamford Bridge. Tidak cukup sampai di situ, karena pelatih dengan nama besar juga didatangkan.

The Blues juga dipimpin sejumlah pelatih terkenal seperti Jose Mourinho, Antonio Conte hingga Thomas Tuchel. Mourinho dan Conte berhasil mempersembahkan gelar Premier League untuk Chelsea.

Sementara Tuchel mampu membawa The Blues mengangkat trofi Liga Champions. Kendati demikian, ternyata tidak semua pelatih tertarik untuk menukangi Chelsea. Karena terdapat sejumlah nama pelatih yang justru menolak bekerja di Stamford Bridge.

Berikut ini deretan lima pelatih yang pernah menolak menangani Chelsea:

2 dari 7 halaman

Jurgen Klinsmann

Setelah memimpin Jerman di Piala Dunia 2006, Jurgen Klinsmann diangkat menjadi pelatih Bayern Munchen. Namun, Die Roten bukan satu-satunya peminat Klinsmann.

Klinsmann didekati Chelsea pada tahun 2007 setelah mereka memecat Jose Mourinho. Namun, pelatih asal Jerman itu dilaporkan menolak tawaran tersebut.

Klinsmann dilaporkan lebih tertarik untuk menjadi pelatih tim nasional Inggris. Chelsea akhirnya memutuskan untuk mengangkat Avram Grant sebagai pengganti Mourinho.

3 dari 7 halaman

Ralf Rangnick

Ralf Rangnick pernah mendapat tawaran untuk melatih Chelsea pada awal 2021. Ketika itu dia menjadi salah satu calon pengganti Frank Lampard yang dipecat.

Namun, Rangnick menolak pinangan Chelsea tersebut. Alasannya, The Blues cuma memberikan kontrak selama empat bulan kepada pelatih asal Jerman tersebut.

Setelah menolak Chelsea, Rangnick kini berlabuh di Manchester United. Mantan pelatih RB Leipzig tersebut akan menukangi Setan Merah sampai akhir musim.

4 dari 7 halaman

Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann mengambil alih Bayern Munchen pada musim panas 2021. Die Roten mengikat Nagelsmann dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Namun, Nagelsmann sempat didekati Chelsea pada musim 2020/2021. Ketika itu, dia diproyeksikan sebagai pengganti Frank Lampard di Stamford Bridge.

Namun, pria Jerman itu menolak tawaran Chelsea tersebut. Pasalnya, Nagelsmann tidak ingin meninggalkan RB Leipzig di tengah musim.

5 dari 7 halaman

Josep Guardiola

Josep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Dia merengkuh banyak gelar bersama Barcelona, Bayern Munchen, hingga Manchester City.

Kesuksesan itu membuat Chelsea kepincut untuk memakai jasa Guardiola. Akan tetapi, Chelsea tidak pernah berhasil merekrut Guardiola sampai saat ini.

Chelsea sudah enam kali berusaha memboyong Guardiola ke Stamford Bridge. Sebanyak itu pula mereka mendapatkan penolakan.

6 dari 7 halaman

Sir Alex Ferguson

Sosok Sir Alex Ferguson tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan Manchester United. Pria asal Skotlandia tersebut mampu membawa Setan Merah ke era kejayaan.

Meski begitu, Ferguson ternyata pernah ditawari untuk melatih Chelsea. Namun, Ferguson tidak pernah mengindahkan tawaran The Blues tersebut.

Tawaran itu datang setelah Roman Abramovich mengambil alih Chelsea pada 2003. Saat itu The Blues masih ditangani oleh Claudio Ranieri sebelum akhirnya menunjuk Jose Mourinho pada 2004.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 10/12/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Persaingan Tim Favoritmu di Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer