Sukses


5 Catatan dari Duel Arsenal Vs West Ham di Liga Inggris: Finally Big 4, Tanpa Aubameyang Baik-baik Saja

Bola.com, Jakarta - Arsenal menumbangkan West Ham 2-0 dalam laga lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Emirates Stadium, Kamis (16/12/2021). 

Meraih tiga poin dari West Ham bukanlah perkara mudah. Tapi pada akhirnya, Arsenal bisa keluar sebagai pemenang.

Arsenal keluar sebagai pemenang dari laga yang berlangsung di Emirates Stadium tersebut dengan skor 2-0. Semua gol tercipta pada babak pertama, lahir melalui aksi Gabriel Martinelli dan Emile Smith Rowe.

Ada lima catatan menarik yang bisa dipetik dari pertandingan Arsenal vs West Ham.

2 dari 6 halaman

4 Besar Woy!

Empat besar klasemen Premier League selalu menjadi habitat alami Arsenal. Namun dalam beberapa tahun terakhir, mereka sangat jarang berkeliaran di posisi tersebut.

Arsenal tak pernah lagi menduduki empat besar sejak pekan keempat musim 2020/21. Mereka terjun hingga peringkat ke-15 setelah menuai sederet hasil yang tidak memuaskan, utamanya selama bulan November hingga Desember 2020.

Mereka mengakhiri musim 2020/21 di peringkat kedelapan. Hasilnya, publik jadi semakin tak percaya mereka mampu kembali ke habitat asalnya. Namun pada musim ini, Arteta berhasil membuktikan bahwa opini publik salah.

   

3 dari 6 halaman

Tanpa Aubameyang Baik-baik Saja

Tidak bisa dimungkiri kalau Pierre-Emerick Aubameyang adalah pemain penting Arsenal saat ini. Kendati demikian, the Gunners khususnya Arteta cukup berani untuk tidak membawa sang penyerang ke laga sepenting ini.

Aubameyang diasingkan dari skuad usai melanggar kesepakatan dengan klub terkait kepergiannya ke Prancis pekan lalu. Arteta tidak menyertakan namanya di laga kontra Southampton dan juga saat menghadapi West Ham.

Tanpanya, Arsenal baik-baik saja. Mereka mengumpulkan lima gol dari kedua pertandingan itu dan mencatatkan clean sheet. Arsenal sama sekali tidak dirugikan dalam situasi ini.

4 dari 6 halaman

Smith Rowe Semakin Bersinar

Emile Smith Rowe ibarat berlian yang sedang diasah oleh Arsenal. Setelah melakukannya dengan sangat telaten dan penuh kesabaran, kini raksasa Inggris tersebut sedang memetik tuahnya.

Pemain berusia 21 tahun itu punya kemampuan penyelesaian akhir yang baik. Ia bisa menjadi alternatif untuk mencetak gol ketika lini depan tidak bekerja dengan maksimal. Termasuk golnya ke gawang West Ham, Smith Rowe kini sudah mencetak enam gol di Premier League.

Penampilan Alexandre Lacazette sebenarnya patut diapresiasi. Hanya saja, harus diakui bahwa barisan depan Arsenal kesulitan menembus lini belakang West Ham sampai Smith Rowe masuk dan mencetak gol kedua.

5 dari 6 halaman

West Ham Juga Oke

Arsenal memang lebih dominan ketimbang West Ham yang bertindak sebagai tim tamu di laga ini. Kendati demikian, klub besutan David Moyes tersebut berhasil membuat the Gunners benar-benar kerepotan untuk meraih kemenangan.

Bayangnya, Arsenal melepaskan 21 tembakan yang delapan di antaranya berhasil menemui sasaran. Seharusnya, Arsenal bisa menang dengan margin skor yang lebih besar. Namun West Ham mampu meminimalisir jumlah kebobolannya.

Lebih hebatnya lagi, West Ham cuma kebobolan satu gol sejak bermain dengan 10 orang usai Vladimir Coufal mendapatkan kartu merah di menit ke-67. Itupun gol kedua tercipta dari skema serangan balik.

   

6 dari 6 halaman

Aman Sementara

Fans Arsenal boleh menitikkan air mata karena tim kesayangannya, setelah sekian lama, akhirnya kembali ke empat besar klasemen Premier League. Sayangnya, momen kebahagiaan ini bisa berakhir dengan cepat.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal unggul satu angka dari West Ham. Sudah jelas, mereka tak akan disalip klub berjulukan the Hammers tersebut. Untuk sementara, the Gunners aman.

Namun mereka masih sangat mungkin disalip oleh dua rivalnya, Manchester United dan Tottenham. Mereka punya dua laga tunda yang belum dimainkan.

Ini akan jadi beban tersendiri, sebab Arsenal wajib meraih poin penuh di laga-laga berikutnya agar tidak tersalip saat Manchester United dan Tottenham memenangkan partai tundanya.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, 16/12/2021)

Video Populer

Foto Populer