Sukses


Liga Inggris: Mengenal Richard Arnold, Penerus Ed Woodward yang Punya 4 PR di Manchester United

Bola.com, Jakarta - Manchester United resmi menunjuk Richard Arnold sebagai Wakil Ketua Eksekutif menggantikan Ed Woodward. Siapakah dia? PR apa saja yang ada di depannya?

Ed Woodward sebetulnya sudah tak bertugas sejak tahun lalu, tetapi baru akan benar-benar pergi pada 1 Februari setelah menunda kepergiannya untuk membantu mengawasi pemecatan Ole Gunnar Solskjaer dan penunjukan Ralf Rangnick untuk sementara.

Diyakini Woodward masih akan terlibat jika diperlukan, sementara Richard Arnold akan menggantikannya di posisinya saat ini, yaitu sebagai Wakil Ketua Eksekutif.

"Saya ingin berterima kasih kepada Ed atas pekerjaannya yang tak kenal lelah atas nama Manchester United selama sembilan tahun sebagai Wakil Ketua Eksekutif dan 16 tahun bersama klub," ujar Joel Glazer.

Richard Arnold akan menandai kiprahnya di jajaran eksekutif Manchester United bulan depan. Tugas utamanya adalah memperkuat relasi dengan suporter dan menyiapkan skema investasi atau megaproyek.

"Saya merasa terhormat memiliki kesempatan untuk melayani klub hebat ini dan para penggemarnya. Saya bertekad untuk mengembalikan kehormatan itu dengan cara apa pun yang saya bisa."

Richard Arnold telah berada di Manchester United selama 10 tahun, bekerja sama dengan Woodward, yang merupakan teman dari Universitas Bristol bersama-sama.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Profil Singkat

 

Richard Arnold merupakan lulusan Universitas Bristol dengan gelar BSc. Ia mengambil studi biologi, matematika, ekonomi, dan akuntansi. Ia menghabiskan enam tahun di PwC, di mana ia bekerja dan mendapatkan kenaikan pangkat dari manajer senior sebelum menjadi direktur finansial di GC Europe Ltd.

Tahun lalu, Bola.com membuka laman LinkedIn Arnold dan mencatat sejumlah rekam jejak menarik. Ia lima tahun menjabat sebagai managing director di Intervoice Group. Pada profilnya ia menulis, 'saya mengubah perusahaan yang selalu rugi menjadi bisnis yang menguntungkan'.

Arnold sebetulnya bukan orang asing di United. Pada 2007, ia pernah direkrut sebagai Direktur Komersial. Enam tahun berselang, ia diangkat sebagai managing director, tepat saat Woodward menjadi executive vice-chairman.

Melihat CV Arnold, fans Manchester United berhak berharap banyak pada sosoknya, yakni mengurangi defisit utang klub yang kabarnya mencapai triliunan rupiah sejak dibeli oleh keluarga Glazer.

Scroll ke bawah untuk merunut tugas berat Arnold di Manchester United:

3 dari 6 halaman

Menyelesaikan Situasi Kontrak Pogba

Masalah yang membayangi skuad Solskjaer adalah apakah Paul Pogba akan menandatangani kontrak baru atau hengkang.

Pada tahun terakhir kontraknya, pemain Prancis itu banyak dikaitkan dengan Paris Saint-Germain di jendela transfer musim panas, yang kabarnya akan berusaha untuk membawanya ke ibu kota asalnya tahun depan secara gratis.

Kehilangan penandatanganan rekor mereka tanpa alasan bukanlah situasi yang ideal bagi Setan Merah, yang sedang berdiskusi dengan agen Pogba, Mino Raiola, dengan harapan memperpanjang masa baktinya di Old Trafford.

Namun, jika sang gelandang menginginkan tantangan baru, United bisa mencari penjualan pada Januari untuk mendapatkan kembali sebagian dari £89 juta yang mereka bayarkan kepada Juventus untuk membawa pulang lulusan akademi pada 2016.

4 dari 6 halaman

Mengoptimalkan Ronaldo untuk Kepentingan Bisnis

Tak perlu naif, kehadiran Cristiano Ronaldo dapat menghasilkan keajaiban yang tak tertandingi dalam hal finansial untuk Setan Merah.

Dari penjualan kaus hingga pemasaran merek, kedudukan Ronaldo sebagai kekuatan global tidak diragukan lagi akan meningkatkan tabungan di Old Trafford.

Sekilas melihat antrean penjualan jersey memberi kesan bahwa box office Old Trafford pasti akan meledak begitu pencetak gol internasional pria terbaik sepanjang masa itu menginjakkan kaki di lapangan Theater of Dreams.

5 dari 6 halaman

Perbaiki Nama Glazer

Ini tidak akan mudah dan beberapa pendukung akan menganggapnya tidak mungkin.

Terlepas dari sentimen keluarga anti-Glazer selama bertahun-tahun, pemilik asal Amerika Serikat itu secara sah dan legal masih memiliki klub dan (akan) terus membuat frustrasi basis penggemar karena kurangnya investasi, baik secara finansial maupun emosional.

Harapannya, bagaimanapun, adalah bahwa apa yang dikatakan ketua bersama Joel Glazer dalam forum penggemar baru-baru ini akan menjadi kenyataan. Berbicara kepada para pendukung secara langsung untuk pertama kalinya sejak 2005 selama forum penggemar bulan Juni untuk memulai apa yang disebut 'era baru dialog' di Old Trafford.

Mungkin, membeli Ronaldo adalah satu upaya untuk 'membeli' para penggemar?

6 dari 6 halaman

Di Mana Posisi MU Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer