Sukses


Liga Inggris: Pierre-Emerick Aubameyang Bakal Hengkang dari Arsenal, Tim Mana yang Mau Menampungnya?

Bola.com, Jakarta - Masa depan striker Pierre-Emerick Aubameyang dengan klubnya Arsenal semakin tidak jelas. Kedua pihak diibaratkan menuju persimpangan jalan.

Arsenal dan Pierre-Emerick Aubameyang dikabarkan telah sepakat untuk berpisah. Sang pemain asal Gabon itu sudah lama diparkir karena kasus indispliner, yang membuat pelatih Mikel Arteta cukup kesal.

Mikel Arteta, mengambil langkah berani dengan meminggirkan Aubameyang dari skuad inti. Sebab, pemain berusia 32 tahun itu telah melakukan beberapa pelanggaran yang sulit buat ditolerir lagi.

Namun seperti tak disangka, keputusan 'mengasingkan' Aubameyang dari skuad memiliki pengaruh yang positif. Arsenal memenangkan lima dari enam pertandingan terakhirnya dengan catatan 20 gol dan hanya kebobolan empat kali saja.

Hasil-hasil positif ini membuktikan kalau Arsenal tak lagi membutuhkan Aubameyang. Tidak heran kalau pihak klub berniat melepasnya sebelum bursa transfer musim dingin ditutup pada akhir bulan Januari ini.

Namun hal yang menjadi persoalannya adalah tim mana yang mau menampung bekas penggawa Borussia Dortmund tersebut setelah pergi dari Emirates Stadium. Pierre-Emerick Aubameyang dikabarkan masih diminati banyak tim, meski sejauh ini belum ada yang bergerak secara serius.

 

2 dari 4 halaman

Gaji Tinggi

Selain masalah indisipliner, faktor kuat lain yang bisa meyakinkan Arsenal melepas Aubameyang adalah gaji. Mantan penyerang Borussia Dortmund itu merupakan penerima gaji terbesar di Emirates Stadium saat ini.

Namun gaji juga bisa menjadi penghalang kepindahannya dari Arsenal. Bayaran sebesar 350 ribu pounds per pekan yang diterima Aubameyang saat ini terlalu sulit untuk dipenuhi klub-klub peminatnya.

Ditambah lagi, Aubameyang tidak bisa langsung digunakan lantaran sedang memperkuat Timnas Gabon di ajang Africa Cup of Nations. Mempertimbangkan situasi seperti ini, klub mana yang bersedia menampungnya?

"Saya diberitahu bahwa jika ada tawaran yang masuk, itu akan dipertimbangkan. Namun saat anda bicara soal kesepakatan dengan dia, siapa yang bisa melakukannya?" ujar presenter sekaligus reporter Sky Sports News, Dharmesh Sheth.

3 dari 4 halaman

Masih Terikat Kontrak

Bukan cuma masalah gaji, klub peminat Aubameyang juga harus membayar sejumlah uang sebagai biaya transfernya. Sebab Aubameyang masih terikat kontrak dengan sisa durasi 18 bulan.

"Jika ada kesepakatan, bentuknya akan seperti apa? Kalau peminjaman, apakah Arsenal bersedia membayar sebagian gajinya? Kalau transfer, siapa yang bisa menebus biaya itu ditambah gajinya?" lanjutnya.

"Ini masih babak yang sangat awal di bursa transfer, tapi saya berpikir apakah Mikel Arteta, jika dia punya keraguan soal apakah Arsenak bisa bertahan tanpanya, enam pertandingan terakhir telah menunjukkan kepadanya bahwa mereka bisa," lanjut dia.

"Lima kemenangan, satu-satunya kekalahan dari Man City. Mereka juga mencetak 20 gol di masa itu," pungkas Sheth.

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 7/1/2022)

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Persaingan Tim Favoritmu di Premier League

Video Populer

Foto Populer