Sukses


5 Cerita Kebaikan Sadio Mane, Bintang Liverpool yang Tak Segan Bersihkan Toilet Masjid

Bola.com, Jakarta - Sadio Mane menjadi idola publik Liverpool, selain sosok Mohamed Salah. Ia merupakan pilar penting bagi The Reds dalam beberapa musim terakhir.

Sadio Mane bergabung dengan Liverpool dari Southampton pada musim 2016/2017 dan langsung menjadi andalan di Anfield. Pria asal Senegal pun ikut menjadi penentu kembalinya masa kejayaan Liverpool.

Bersama Mohamed Salah dkk. Sadio Mane setidaknya berhasil membawa Liverpool juara Liga Inggris dan Liga Champions dua musim lalu. Ia menjadi poros kekuatan sektor sayap kiri lewat kecepatan dan naluri mencetak golnya.

Ada hal lain yang ada dalam diri Sadio Mane yang memiliki kepribadian baik. Mane dikenal sebagai [emain berhati mulia dan juga dermawan, sehingga banyak orang yang menaruh respek kepadanya.

Meski sudah menjadi pemain kelas dunia, tak membuat Sadio Mane harus menjadi orang yang sombong. Berikut ini beberapa bukti kebaikan hati seorang pemain berusia 29 tahun ini:

2 dari 6 halaman

Bantu Kampung Halaman

Senegal - Sadio Mane (Bola.com/Adreanus Titus)

Sadio Mane sudah menjadi pemain sepak bola kelas dunia dan memiliki bayaran tidak sedikit. Meski tenar, ia tidak melupakan kampung halamannya yaitu desa Bambaly, Senegal.

Pria berusia 29 tahun itu sangat sadar akan kondisi kemiskinan di desa asalnya, dengan membangun sebuah rumah sakit di sana.

Mane kemudian menyumbangkan 250.000 poundsterling untuk mendanai sekolah menengah baru dan terlihat mengunjungi lokasi konstruksi untuk memeriksa kemajuannya.

Kemudian selama Piala Afrika 2021, ia secara pribadi membayar 50 penggemar Senegal untuk terbang ke Kamerun dan menyaksikan kemenangan semifinal mereka.

3 dari 6 halaman

Kisah Bersama Ballboy

Liverpool - Ilustrasi Sadio Mane (Bola.com/Adreanus Titus)

Sadio Mane mencetak dua gol dan mendapat predikat man of the match saat Liverpool mengalahkan Chelsea di final Piala Super Eropa 2019.

Tapi itu adalah sikapnya yang menghangatkan hati di luar lapangan yang membuat semua orang berbicara setelah pertandingan.

Sambil duduk di bangku, dia memanggil salah satu ballboy sebelum memberinya baju dan pelukan, dan anak muda itu jelas senang.

4 dari 6 halaman

Bersihkan Toilet Masjid

Kini, setelah meraih kesuksesan bersama klub terakhirnya Liverpool, Sadio Mane membuktikan bahwa kekhawatiran orang tuanya tidak terbukti. Dengan nama besarnya, Sadio Mane tetap menjadi pribadi yang taat terhadap ajaran Islam yang digariskan Allah SWT. (AFP/Khaled Desouki)

Sebuah sikap mulia dilakukan Sadio Mane setelah mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 Liverpool atas Leicester pada tahun 2018.

Sebagai seorang Muslim yang taat, ia malah terlihat membantu membersihkan toilet di masjid setempat di Liverpool hanya beberapa jam setelah peluit akhir.

“Sadio meminta agar tidak ada video yang dikirim. Dia ingin tetap berhati-hati dan tidak melakukannya untuk publisitas," kata Abu Usamah Al-Tahabi kepada BBC.

“Dia sering ke masjid. Di rumahnya dia memiliki Bentley tapi dia mendatangi kami dengan mobil yang tidak terlalu mewah, jadi dia menyamar. Dia bukan orang yang mencari keriuhan. Tidak ada kesombongan.”

5 dari 6 halaman

Membantu Staf

Mohamed Salah dan Sadio Mane berduel dalam laga Senegal Vs Mesir, leg kedua babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Me Abdoulaye Wade, Dakar, Rabu (30/3/2022). (AP/Stefan Kleinowitz)

Sadio Mane menunjukkan sikap rendah hati dengan tindakan tanpa pamrih lainnya saat bertugas untuk Timnas Senegal pada November 2019. Setelah turun dari bus tim, pemain sayap itu terlihat membantu anggota staf membawa botol air ke dalam stadion.

Sebagian besar pesepak bola hanya akan berjalan melewatinya tanpa berpikir dua kali. Seperti yang dilakukan beberapa anggota skuad yang seolah cuek, tetapi tidak bagi Sadio Mane.

6 dari 6 halaman

Permintaan Maaf ke Ederson

Tentang kesederhanaannya, Sadio Mane mengaskan bahwa ia tak tertarik untuk menjalani gaya hidup seperti Cristiano Ronaldo maupun Neymar. Ia masih mempunyai satu impian terbesarnya bersama Timnas Senegal, yaitu menjadi juara Piala Dunia. (AFP/Charly Triballeau)

Sadio Mane langsung mendapat kartu merah melawan Manchester City pada September 2017 setelah menabrak wajah Ederson. Kiper The Citizen. Lantas Mane menyesali insiden itu dan mengeluarkan permintaan maaf di media sosial sebelum mencoba menghubungi penjaga gawang.

“Kami tidak saling mengenal, tetapi saya ingin memiliki nomornya dan mengiriminya pesan yang tepat. Saya pikir itu baik-baik saja sekarang, ” kata Mane kepada ESPN.

“Jujur, setelah kejadian ini, saya tidak baik-baik saja. Saya sedang memikirkan kartu merah, tentu saja, tetapi kami adalah manusia dan kami harus bersikap baik satu sama lai.”

“Jika saya bisa melakukan yang lebih baik untuk mengabaikan [menghindari] tabrakan, saya akan melakukan yang terbaik untuk melakukannya. Tapi dia juga melakukan hal yang sama. Aku tidak bisa berbuat apa-apa sekarang,” beber Mane.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer