Sukses


Termasuk Alan Shearer, 6 Pemain Inggris yang Dicap Terbaik Sepanjang Masa

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris dikenal sebagai tim dengan penuh tradisi meski mengalami pasang surut prestasi. Inggris tetap menjadi kiblat sepak bola dunia dengan banyaknya pemain besar lahir dari negara itu.

Timnas Inggris tidak kalah dari negara-negara tradisi kuat sepak bola lainnya seperti Brasil, Italia, Jerman, Prancis, atau Spanyol. Terbukti Inggris juga pernah menjadi juara dunia di tahun 1966.

Soal prestasi, Inggris jelas kalah dari Brasil yang sudah mengoleksi lima trofi Piala Dunia, Italia dan Jerman empat kali. Sedangkan Prancis dan Argentina sudah dua kali tampil sebagai juara dunia.

Namun Inggris banyak melahirkan pemain-pemain hebat dari masa ke masa. Bahkan mereka mendapat predikat sebagai pemain terbaik yang pernah dilahirkan Inggris.

Satu di antara nama yang masuk dalam daftar adalah Alan Shearer. Penggemar Liga Inggris di era 90-an pasti dengan mudah mengenalnya. Shearer dikenal sebagai striker mematikan.

Lantas siapa saja pemain lain yang mendapat predikat yang sama dengan sosok Alan Shearer? Berikut ini adalah daftar enam pemain terbaik Timnas Inggris yang dihimpun dari Sportskeeda:

2 dari 7 halaman

Paul Scholes

Sepanjang karirnya, Paul Scholes menjadi pemain yang sering diremehkan. Ia adalah seorang pemain tengah yang secara teknik biasa-biasa saja.

Namun jangan salah, Paul Scholes memiliki kemampuan dalam memberikan umpan jauh tiada duanya. Serta tendangan gledek yang akurat untuk menjebol gawang lawan.

Satu di antara aksinya yang mudah diingat adalah gol indah ke gawang Barcelona untuk memastikan tempat di final Liga Champions. Secara keseluruhan, Scholes sudah tampil sebanyak 66 kali dan mencetak 14 gol untuk Timnas Inggris.

3 dari 7 halaman

Frank Lampard

Frank Lampard dijuluki gelandang paling top dalam sepanjang sejarah Liga Inggris di masanya. Ia dikenal karena sentuhan, kecekatan, dan membuat permainan yang indah.

Frank Lampard merupakan gelandang serba bisa yang berfungsi baik sebagai penyerang dan bahkan gelandang bertahan, juga bermain sebagai striker pendukung kapan pun dibutuhkan.

Frank Lampard adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Chelsea dengan 211 gol dalam 648 pertandingan. Dia membuat juga membuat 106 penampilan untuk Inggris dan mencetak 26 gol.

4 dari 7 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney mewakili sosok penyerang ganas yang pernah dilahirkan Inggris. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United dengan 253 gol atas namanya.

Rooney telah mengukir namanya dalam buku sejarah sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Inggris dengan 53 gol. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Liga Inggris sepanjang masa dengan 208 gol.

Sikap Wayne Rooney yang tidak mementingkan diri sendiri dan kemauan untuk bermain di posisi apapun sesuai dengan kebutuhan tim adalah aset terbesarnya sebagai pesepak bola. Selain sebagai pencetak gol yang produktif di usia dini, pemain Inggris ini juga terkenal karena etos kerjanya yang sangat baik di lapangan.

5 dari 7 halaman

Alan Shearer

Alan Shearer adalah pemain Inggris klasik no.9, dengan reputasi baik karena mampu mencetak gol dari sudut yang paling sempit.

Perawakannya yang tinggi dan fisiknya yang kuat membuatnya sangat tangguh untuk bertahan dan juga memungkinkannya menjadi sosok yang menakutkan dalam duel udara. Fakta bahwa 46 dari 260 gol papan atas di Liga Inggris berasal dari bola udara.

Alan Shearer bersinar saat mengantarkan Blackburn menjadi juara Liga Premier. Kemudian ia hijrah ke Newcastle United untuk mengukir rekor.

Dengan 204 gol, ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Newcastle United. Shearer memenangkan pencetak gol terbanyak dalam tiga musim di Liga Inggris.

6 dari 7 halaman

Gary Lineker

Sebagai salah satu penembak jitu terhebat di usianya, Gary Lineker memiliki kaki yang gesit dan sangat mengandalkan kemampuan teknisnya untuk mencetak gol.

Ia benar-benar menjadi momok di area penalti lawan. Kemampuannya untuk menipu pertahanan untuk menciptakan ruang untuk mencetak gol membuatnya mendapatkan julukan 'El Matador' ketika bersama Barcelona.

Gary Lineker mencetak 281 gol dalam 567 pertandingan sebagai pesepakbola profesional. Dia juga pencetak gol tertinggi ketiga untuk Inggris di belakang Wayne Rooney dan Bobby Charlton. Dia juga memegang rekor pencetak gol terbanyak untuk negaranya di Piala Dunia (10 gol).

7 dari 7 halaman

Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton terlahir sebagai seorang pawang gol ke gawang lawan. Dikenal karena tembakan jarak jauhnya yang mirip meriam, pria Inggris ini juga memiliki reputasi yang baik untuk mengalahkan lawan dengan dribbling-nya yang halus.

Sebagai buktinya, Sir Bobby Charlton mencetak 49 gol untuk Inggris dan 249 untuk Manchester United, menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk klub dan negara sampai Wayne Rooney melampaui angka tersebut.

Dia memainkan peran penting dalam kemenangan Piala Dunia Inggris pada Piala Dunia edisi 1966 dan kemenangan Liga Champions pertama Manchester United dua tahun kemudian. Sir Bobby juga meraih Ballon d'Or pada tahun 1966.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer