Sukses


Liga Inggris: Cara Jurgen Klopp Menyulap Liverpool Menjadi Tim yang Kembali Dihormati dan Ditakuti Lawan

Bola.com, Jakarta - Jika ditanya siapa yang paling berjasa mengangkat prestasi Liverpool, ya memang, para pemain kunci seperti Virgil van Dijk dan Mohamed Salah jadi faktor pentingnya. Tapi sosok Jurgen Klopp lah yang sukses menyulap wajah The Reds menjadi klub yang kembali disegani dan ditakuti oleh lawan-lawannya.

Liverpool saat ini masih berpeluang membungkus quadruple. Mereka sudah mengamankan trofi Piala FA dan Carabao Cup, lalu masih akan bermain di final Liga Champions.

Bahkan, Liverpool terlibat dalam persaingan Premier League sampai ke pertandingan terakhir. Saat ini mereka ada di peringkat dua klasemen sementara dengan 89 poin, tertinggal tipis dari Manchester City (90 poin).

Teranyar, Rabu (18/5/2022), Liverpool menundukkan Southampton dengan skor 2-1. Kemenangan inilah yang membuat persaingan jadi juara sampai ke pertandingan terakhir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Spesial karena Klopp

Kemenangan atas Southampton tidak datang dengan mudah. Bahkan, Jurgen Klopp mengambil risiko dengan membuat 9 pergantian dari starting XI terkuat Liverpool.

Rotasi sebesar itu tentu berisiko, tapi faktanya Liverpool bisa tetap menang. Di mata Jamie Carragher, performa dan kemenangan itu bukti kualitas Klopp.

"Ada suatu hal lebih yang diciptakan Jurgen Klopp dan itu bukan hanya soal starting XI utama. Ketika Anda punya sentuhan spesial, rasanya Anda bisa menurunkan tim apa pun dan bisa bermain apik," kata Carragher.

"Mentalitas itu menyeluruh di klub mereka. Kita semua tahu bahwa pemain yang turun ke lapangan hari ini adalah pemain-pemain bagus, alasan mereka bukan pilihan utama karena memang tidak sebagus tim inti."

3 dari 5 halaman

Luar biasa

Menurut Carragher, Klopp telah menciptakan sesuatu yang luar biasa di Liverpool. Kemenangan atas Southampton dengan skuad rotasi jadi bukti perkembangan pesat The Reds.

"Yang sudah dia ciptakan di sana, semangat tim, mentalitas tim, itu sungguh luar biasa. Dia dan Liverpool melewati masa-masa sulit musim lalu, banyak pemain cedera, Klopp kehilangan ibunya karena Covid," sambung Carragher.

"Biar begitu, mereka bisa kembali ke level tertinggi musim ini dan bermain sebaik sekarang hanya dengan merekrut satu pemain di musim panas."

"Benar, para pemain layak mendapatkan pujian, tapi ini semua terjadi karena Klopp," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Pesimistis Raih Juara Liga Inggris

Liverpool bersaing ketat dengan Manchester City dalam perburuan gelar juara Premier League musim ini. Namun, manajer The Reds, Jurgen Klopp, menyebut tidak mungkin bagi timnya untuk menjadi kampiun.

"Tentu saja itu (Liverpool juara) tidak mungkin, karena City bermain di kandang melawan Aston Villa, yang menjalani laga pada Kamis (Jumat dini hari WIB). Duel akan sulit melawan Burnley, karena mereka berjuang untuk bertahan di Premier League," kata Klopp.

"Tetapi, inilah sepak bola. Menurut saya, saat City menjadi juara (pada 2019) itu karena 11 milimeter. Jika seseorang ingin kami menjadi juara, kami harus menang terlebih dahulu dan Aston Villa perlu mendapatkan satu poin di City," lanjutnya.

"Itu mungkin, tidak mungkin, tetapi masih mungkin terjadi. Itu sudah cukup," ucap Jurgen Klopp.

5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool Saat Ini

Video Populer

Foto Populer