Sukses


Liga Inggris: Proses Penjualan Rampung, Senin Esok Chelsea Sudah Punya Pemilik Anyar

Bola.com, Jakarta - Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly telah menyelesaikan proses pengambilalihan klub Liga Inggris, Chelsea, dengan dana mencapai 4,25 miliar pounds, Sabtu (28/5/2022).

Dengan begini, usai sudah rezim Roman Abramovich di Chelsea yang telah berjalan kurang lebih 19 tahun lamanya, pascasanksi yang djatuhkan kepadanya oleh pemerintah Inggris dan juga Premier League.

Kabar ini sekaligus membuat Chelsea berhak untuk kembali berkompetisi di Liga Inggris per musim depan setelah tiga bulan lamanya dihantui ketidakpastian.

"Chelsea dapat mengonfirmasi bahwa kesepakatan final dan definitif telah ditandatangani tadi malam untuk menjual klub ke konsorsium Todd Boehly/Clearlake Capital. Diharapkan transaksi akan selesai pada hari Senin. Klub akan menginformasikan lebih lanjut pada hari tersebut," bunyi pernyataan Chelsea.

 

2 dari 4 halaman

Hampir Jatuh ke Tangan Miliarder Inggris

Chelsea menunjuk bank dagang yang berbasis di New York bernama Raine Group untuk mengurus proses pembelian klub. Mereka juga yang telah mengurus segala keuangan The Blues selama bertahun-tahun.

Pengusaha Inggris, Sir Jim Ratcliffe, sebetulnya hampir menjadi pemilik Chelsea seutuhnya. Ia menawarkan dana dengan jumlah yang sama seperti Todd Boehly.

Abramovich akhirnya berhasil menguangkan Chelsea. Untuk memastikan pemerintah Inggris dan Komisi Eropa menandatangani kesepakatan, uang penjualan akan dibayarkan melalui 'rekening bersama', di mana nantinya uang tersebut terdistribusi ke korban perang Rusia-Ukraina.

Todd Boehly dilaporkan bakal menyuntikkan dana sebesar 1,75 miliar pounds langsung ke kas Chelsea, dengan total pengambilalihan mencapai 4,25 miliar pounds.

 

3 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya?

Jika semua berjalan lancar, segala sanksi yang dijatuhkan kepada Chelsea akan membuat roda finansial bisa kembali lancar, termasuk dalam manuver bursa transfer.

Sebelumnya, Chelsea tidak dapat melakukan negosiasi kontrak dengan anggota skuad yang ada saat beroperasi di bawah lisensi khusus. Akibatnya, beberapa pemain yang habis kontrak per Juni 2022 dipastikan hengkang, termasuk Antonio Rudiger dan Andres Christensen.

Sumber telah mengatakan kepada ESPN bahwa pemilik baru Chelsea diharapkan untuk mendukung pelatih Thomas Tuchel dengan dana yang signifikan untuk meningkatkan skuad sementara negosiasi kontrak dengan pemain, termasuk trio lini tengah N'Golo Kante, Jorginho dan Mason Mount.

Pembatasan lebih lanjut yang mencegah pembukaan megastore klub dan hotel stadion juga sekarang akan dicabut.

Sumber: Chelsea, ESPN

4 dari 4 halaman

Posisi Chelsea Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer