Sukses


Liga Inggris: Tendang Kucing, Kurt Zouma Dihukum Kerja Sosial Selama 180 Jam

Bola.com, London - Pengadilan Thames Magistrates' Court memberikan sanksi berat kepada Kurt Zouma akibat perilaku tidak pantas pada hewan. Menurut laporan Sky Sports, bek West Ham United itu mendapatkan sanksi kerja sosial selama 180 jam.

Kurt Zouma mendapatkan kecaman setelah diketahui melalukan penyiksaan kepada kucing bengal yang merupakan hewan dilindungi di Inggris. Pemain asal Prancis itu menendang kucing pada Februari 2022.

Berbekal bukti rekaman 40 detik, Kurt Zouma kemudian diadukan seorang warga bernama Hazel Stevens ke Royal Society untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (RSPCA). Sejak saat itu, RSPCA lansung melakukan penyelidikan.

Dalam pengadilan, Kurt Zouma mengakui dua tuduhan yakni menendang pada bagian perut dan menampar kepala kucing tersebut. Akibat perilaku tidak terpuji itu, Kurt Zouma mendapatkan saksi bekerja sosial selama 12 bulan dengan total 180 jam.

Selain itu, Kurt Zouma juga dilarang memelihara kucing selama lima tahun. Pemain 27 tahun itu juga harus membayar biaya pengadilan yang mencapai 9 ribu pounds (Rp164 juta).

2 dari 5 halaman

Peringatan Keras

Kepala Petugas Inspektorat RSPCA, Dermot Murphy, ingin kasus Kurt Zouma bisa menjadi pelajaran buat masyarakat luar. Dermot Murphy berharap kasus penyiksaan kepada hewan tidak lagi terulang pada masa depan.

"Kami berharap kasus ini akan menjadi pengingat semua hewan harus diperlakukan dengan kebaikan, kasih sayang, dan rasa hormat. Kami tidak akan mentolerir kekejaman oleh siapapun," tegas Dermot Murphy.

Sanksi yang diterima Kurt Zouma diyakini tak akan mengganggu kariernya sebagai pesepak bola. Kerja sosial bisa dilakukan Kurt Zouma saat tidak ada agenda latihan dan pertandingan di West Ham United.

3 dari 5 halaman

Bahan Pelajaran

West Ham United sudah buka suara mengenai sanksi yang diterima Kurt Zouma. Klub asal London Barat itu berharap sanksi ini bisa menjadi pelajaran buat pemainnya itu.

"West Ham United ingin menjelaskan, kami ngutuk dengan keras segala bentuk pelecehan atau kekejaman terhadap hewan. Perilaku seperti ini tidak dapat diterima dan tidak sejalan dengan nilai-nilai klub," bunyi pernyataan resmi West Ham.

"Kami berharap, sekarang pengadilan telah mencapai keputusannya. Semua orang akan memberi Kurt kesempatan untuk belajar dari kesalahannya," ucap pernyataan tersebut.

4 dari 5 halaman

Rapor Kurt Zouma

Kurt Zouma bergabung dengan West Ham United dari Chelsea pada 2021. Kurt Zouma sejauh ini sudah tampil sebanyak 24 laga untuk klub berjulukan The Hammers itu.

West Ham merupakan klub kelima sepanjang karier Kurt Zouma. Sebelumnya, sang pemain sudah pernah berkarier di Saint-Etienne, Chelsea, Stoke City, dan Everton.

Kurt Zouma gagal bersaing di Chelsea dan harus beberapa kali melakoni masa pinjaman. Puncaknya adalah ketika sudah tidak ada harapan lagi melanjutkan karier di Stamford Bridge.

Sumber: Sky Sports

5 dari 5 halaman

Simak Klasemen Akhir Premier League

Video Populer

Foto Populer