Sukses


Jurgen Klopp Telan Ludah Sendiri: Dulu Nyinyir Harga Paul Pogba, sekarang Ikuti Jejak Datangkan Darwin Nunez

Bola.com, Jakarta - Liverpool dikabarkan mencapai kesepatan untuk perekrutan Darwin Nunez. Penyerang Benfica itu segera menandatangani kontrak di Liverpool pada jendela transfer musim panas 2022.

Cukup menarik apabila benar Liverpool di bawah naungan Jurgen Klopp resmi menggaet Darwin Nunez. Adalah harganya yang terbilang fantastis. Liverpool disebut akan membayar 80 juta euro kepada Benfica dengan add-on senilai 20 juta euro.

Adalah karena Jurgen Klopp ternyata pernah nyinyir kepada sosok Paul Pogba saat pindah ke Manchester United dari Juventus pada 2016 silam juga dengan mahar 105 juta euro.

2016 lalu, Jurgen Klopp nyinyir saat Manchester United membeli Paul Pogba dengan harga mahal pada 2016 lalu. Kini, Klopp justru melakukan hal yang sama pada transfer Darwin Nunez.

Jurgen Klopp memulai tugasnya sebagai manajer Liverpool pada Oktober 2015. Saat itu, kondisi Liverpool tidak cukup ideal. Tidak ada belanja besar yang disiapkan klub untuk Klopp membangun tim.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Nyinyiran Jurgen Klopp

Selain Sadio Mane, Liverpool membeli Gini Wijnaldum, Loris Karius, Joel Matip, dan Ragnar Klavan pada awal musim 2016/2017. Dari nama-nama itu, jumlah transfer mereka tidak sampai harga beli Pogba.

Klopp kemudian membuat nyinyiran yang cukup melegenda untuk kebijakan transfer Manchester United.

"Hari di mana menghabiskan 100 juta pounds adalah sepak bola, saya tidak bekerja lagi, karena permainan adalah tentang bermain bersama," kata Klopp ketika itu.

"Begitulah cara semua orang di sepakbola memahaminya. Anda selalu ingin memiliki yang terbaik, tetapi membangun grup diperlukan untuk menjadi sukses," sambung manajer asal Jerman tersebut.

3 dari 6 halaman

Cara Berbeda

"Klub lain bisa keluar dan belanja lebih banyak uang dan mengumpulkan pemain top. Saya ingin melakukannya secara berbeda. Saya bahkan akan melakukannya secara berbeda jika saya bisa menghabiskan uang itu," kata Klopp.

Klopp memang tidak belanja mahal pada musim 2016/2017. Tapi, pada musim-musim berkutnya, Klopp mulai belanja pemain dengan harga cukup mahal. Sebut saja Alisson (62,5 juta euro), Naby Keita (60 juta euro), Fabinho (45 juta euro).

Transfer paling mahal Liverpool pada era Klopp adalah Virgil van Dijk. Bek asal Belanda itu dibeli dengan harga 84,6 juta euro dari Southampton. Klopp masih belum belanja pemain yang lebih mahal atau sama dengan harga Pogba.

4 dari 6 halaman

Munafik?

Tujuh tahun setelah komentar nyinyir untuk transfer Paul Pogba ke Manchester United, Klopp menelan ludahnya sendiri. Liverpool membeli Darwin Nunez dari Benfica dengan kesepakatan total mencapai 100 juta euro.

Liverpool membeli Nunez dengan harga yang hampir sama dengan harga Paul Pogba pada 2016 lalu.

Benfica telah mengkonfirmasi nilai transfer Nunez. Mereka akan mendapat 75 juta euro dari Liverpool dan sejumlah klausul bonus yang membuat transfer pemain 22 tahun itu menjadi 100 juta euro.

Nunez kabarnya akan mendapat kontrak berdurasi enam tahun alias hingga 30 Juni 2028 mendatang dengan gaji di bawah kisaran 250 ribu poundsterling per pekan. Dia langsung menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Liverpool.

5 dari 6 halaman

Pernyataannya Masih Relevan?

Jurgen Klopp telah mengingkari apa yang dikatakan pada 2016 lalu. Klopp membeli Darwin Nunez dengan kesepakatan total mencapai 100 juta euro. Klopp mengingkari prinsip 'membangun tim dengan cara yang berbeda'.

Tapi, apakah pernyataan Klopp pada 2016 tersebut masih relevan?

Bisa jadi ya. Sebab, 100 juta euro untuk satu pemain masih tergolong harga yang sangat mahal. Belum banyak pemain yang dihargai semahal itu sejak kepindahan Pogba ke United pada 2016.

Tapi, Klopp tidak sepenuhnya ingkar pada pernyataan yang dibuatnya. Sebelum Nunez, Liverpool sangat ketat dan efektif dalam belanja pemain. Sebagai contoh, Liverpool mendapatkan Mohamed Salah dengan harga 42 juta euro dan Andy Robertson dengan harga 9 juta euro.

Sumber: Bola, Sportsbrief

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 13/6/2022)

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan Liverpool di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer