Sukses


Liga Inggris: Kisah Sukses Man City Membajak 7 Pemain Arsenal, Bukayo Saka Next?

Bola.com, Jakarta - Manchester City seringkali sukses membajak pemain Arsenal. Bukayo Saka jadi pesepak bola teranyar yang dikait-kaitkan dengan kepindahan berikutnya.

Bukayo Saka yang berusia 20 tahun muncul dari akademi Arsenal. Dalam dua musim terakhir ini, dia menjadi andalan Mikel Arteta di lini serang The Gunners.

Musim lalu Saka mencetak 12 gol dan memberikan tujuh assist. Dia tampil dalam 43 pertandingan di semua kompetisi untuk The Gunners.

Saka sebenarnya masih memiliki sisa kontrak dua tahun lagi. Namun, Manchester City dilaporkan memiliki minat yang tinggi pada Saka.

Jika Saka pindah ke Etihad, dia akan mengikuti jejak tujuh pemain yang pindah dari Arsenal ke Man City di era Premier League. Siapa saja mereka?

2 dari 9 halaman

Bacary Sagna

Bacary Sagna memperkuat Arsenal selama tujuh tahun. Bek sayap asal Prancis tersebut memainkan 284 pertandingan di semua kompetisi untuk The Gunners.

Setelah kontraknya habis, Sagna melanjutkan kariernya di Mancheser City. Dia datang ke Etihad dengan status bebas transfer pada tahun 2014.

Sagna melewati masa puncaknya ketika bergabung dengan tim asuhan Manuel Pellegrini, tetapi masih membuat 86 penampilan dalam tiga musim.

3 dari 9 halaman

Kolo Toure

Kolo Toure adalah seorang legenda Arsenal dan masuk dalam skuat Invincible. Dia tercatat memainkan 326 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 14 gol bersama The Gunners.

Toure mengakhiri masa tujuh tahunnya di London utara ketika dia pindah ke Manchester City pada 2019. Dia kemudian membantu The Citizens memenangkan Premier League dan Community Shield.

Bek tengah asal Pantai Gading itu membuat 102 penampilan dalam empat musim di Etihad Stadium. Dia sempat membela Liverpool sebelum mengakhiri kariernya bersama Celtic.

4 dari 9 halaman

Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor pindah ke Inggris untuk bergabung dengan Arsenal yang kala itu dinakhodai Arsene Wenger pada 2006. Dia mencatatkan 62 gol dan 22 assist dari 142 penampilan di berbagai ajang untuk The Gunners.

Tiga tahun berselang, Adebayor memutuskan hengkang ke Manchester City. Namun, Adebayor tidak terlalu sukses setelah datang ke Etihad Stadium.

Penyerang asal Togo tersebut sempat dipinjamkan ke Real Madrid dan Tottenham. Adebayor hanya mencetak 19 gol dari 45 pertandingan di semua kompetisi untuk The Citizens.

5 dari 9 halaman

David Seaman

Mantan kiper nomor satu Inggris ini merupakan kiper Arsenal selama 13 tahun. Seaman tampil dalam 656 pertandingan di semua kompetisi untuk The Gunners

Seaman memenangkan berbagai macam gelar bersama Arsenal termasuk tiga gelar Premier League. Seaman kemudian bergabung dengan Manchester City pada tahun 2003 setelah dilepas oleh Arsenal.

Seaman hanya berseragam Man City selama satu musim. Dua tampil dalam 26 pertandingan untuk The Citizens sebelum cedera bahu memaksanya pensiun pada tahun berikutnya.

6 dari 9 halaman

Paul Dickov

Paul Dickov merupakan lulusan akademi Arsenal. Namun, dia jarang dilibatkan dalam permainan sehingga memutuskan untuk bergabung dengan Manchester City pada 1996 ketika klub berada di divisi kedua.

Selama mengabdi di Manchester biru, Dickov berhasil mencetak beberapa prestasi gemilang. Di antaranya membawa klub ke Premier League pada tahun 2005.

Dickov menghabiskan enam musim bersama The Citizens dan akhirnya hengkang ke Leicester City pada tahun 2002. Dia tercatat mencetak 41 gol dari 123 penampilan untuk klub tersebut.

7 dari 9 halaman

Samir Nasri

Samir Nasri bermain cukup jenius di Arsenal. Gelandang serang Prancis itu tampil dalam 125 pertandingan bersama The Gunners dan kemudian menjadi pemain favorit fans.

Namun, Nasir akhirnya pindah ke Manchester City pada 2011. Dia bergabung dengan tim asuhan Roberto Mancini dengan harga sekitar 25 juta pounds.

Nasri menghabiskan lima tahun di Manchester City. Dia ikut memenangkan dua gelar Premier League selama mengabdi di Etihad Stadium.

8 dari 9 halaman

Gael Clichy

Gael Clichy harus menunggu selama empat tahun sebelum menenangkan tempat reguler di Arsenal. Pemain asal Prancis itu sebelumnya hanya menjadi pelapis bagi Ashley Cole yang menempati posisi bek kiri.

Setelah membela Arsenal selama delapan tahun, Clichy memutuskan bergabung dengan Manchester City pada 2011. Dia pindah ke Etihad Stadium dengan biaya transfer sekitar 7 juta pounds.

Clichy sukses di Man City. Dia membuat lebih dari 200 penampilan dalam enam musim serta memenangkan dua gelar Premier League.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 10/6/2022)

9 dari 9 halaman

Posisi Arsenal dan Man City Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer