Sukses


Tak Hanya Sadio Mane, Mohamed Salah Juga Rombak Desanya: Kucurkan Rp 7,2 Miliar untuk Bangun Sekolah hingga Rumah Sakit

Bola.com, Jakarta - Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama pesepak bola yang dermawan. Mantan rekan satu tim di Liverpool itu kompak membangun kampung halamannya.

Sadio Mane berasal dari Desa Bambali, Kota Sedhiou, Senegal. Sejak menjadi pesepak bola profesional, terutama pemain bintang di Eropa, Mane telah mendirikan rumah sakit di Bambali senilai 445 ribu poundsterling atau setara dengan Rp8,1 miliar.

Selain itu, pemain yang telah resmi bergabung dengan Bayern Munchen itu juga membangun sekolah gratis seharga Rp4,5 miliar di kampung halamannya.

Terbaru, Sadio Mane berencana untuk mendirikan stadion di Bambali. Demikian dilaporkan Africa Facts Zone dan Dakar 24 SN.

 

2 dari 5 halaman

Mohamed Salah Juga Rombak Desanya

Tak kalah dengan Sadio Mane, Mohamed Salah juga merombak desanya. Salah berasal dari Desa Nagrig, Kota Basyoun, Mesir.

Meski kini telah menjadi satu di antara pesepak bola top Eropa, Mohamed Salah tak pernah lupa akan kampung halamannya.

Menurut laporan Mirror, pemain berusia 30 tahun tersebut membangun rumah sakit, sekolah, pusat olahraga, dan juga menyediakan ambulans.

Mohamed Salah juga menyediakan lahan sekitar lima hektar untuk membangun pabrik pengolahan limbah. Dengan adanya pabrik tersebut, penduduk desa bisa memiliki sumber air bersih yang aman.

 

3 dari 5 halaman

Kucurkan Rp 7,2 Miliar

Berdasarkan laporan tahun lalu, Mohamed Salah telah menyumbangkan lebih dari 400 ribu poundsterling (Rp 7,2 miliar) untuk merombak Desa Nagrig. Selain itu, dia juga memberikan total 3.500 poundsterling kepada sejumlah keluarga per bulan.

"Salah membuat desa kecilnya tersorot di peta internasional," kata Walikota Nagrig, Maher Shetia pada 2017 lalu.

"Dia juga membangun badan amal dan akan membangun sekolah yang menelan biaya jutaan. Ini di samping sumbangannya ke rumah sakit Basioun dengan ruang ventilasi lengkap, inkubasi, dan unit ambulans," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Dipuja Publik Mesir

Mohamed Salah tak hanya dipuji masyarakat di kampung halamannya, tetapi juga publik Mesir. Berkat prestasi Salah di dunia sepak bola, Mesir semakin dikenal publik.

Selain itu, Mohamed Salah juga ikut membantu Timnas Mesir lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Itu adalah untuk pertama kalinya Mesir berlaga di Piala Dunia setelah terakhir kali terjadi pada 1990.

"Salah datang ke desa jika memungkinkan dan berjalan di antara orang-orang dan berfoto dengan mereka dengan sangat sederhana," kata sepupu Salah, Abadah Saeed Ghali

"Semua orang Mesir, tidak hanya provinsi Nagrig atau Gharbiya, bangga kepadanya," lanjut Abadah.

Sumber: Mirror

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Liverpool pada Musim Lalu:

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.
    Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.
    Sadio Mané adalah pesepak bola profesional Senegal yang bermain di Liga Premier Liverpool dan tim nasional Senegal.

    Sadio Mane

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Mohamed Salah

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer