Sukses


Liga Inggris: Target Transfer MU dan Arsenal Ogah Jadi Pemain Seperti Virgil van Dijk

Bola.com, Jakarta - Bek Ajax Amsterdam yang juga target transfer Manchester United (MU) dan Arsenal, Lisandro Martinez, memberikan komentar mencatut nama bek Liverpool, Virgil van Dijk. Pemain yang kini masuk dalam daftar belanja MU dan Arsenal itu mengaku tidak suka jika diminta jadi pemain seperti Van Dijk.

Virgil van Dijk dikenal sebagai satu di antara bek tengah terbaik di dunia. Kehadiran pemain berusia 30 tahun itu memberikan dampak yang sangat besar bagi Liverpool. Bahkan ia juga menjadi sosok vital di Timnas Belanda.

Setelah Virgil van Dijk bergabung, The Reds bukan hanya disegani di Premier League, tapi juga di Liga Champions. Sekitar 4,5 musim di Liverpool, Virgil van Dijk meraih gelar Premier League dan Liga Champions.

Namun, Lisandro Martinez punya pendapat yang cukup menarik soal Virgil van Dijk. Alasannya, memiliki fisik tinggi seperti Van Dijk bukan faktor krusial.

2 dari 4 halaman

Postur Tinggi Saja Tidak Cukup!

Bicara aspek fisik, Virgil van Dijk punya modal yang bagus untuk menjadi bek tengah. Pemain berusia 30 tahun itu punya tinggi badan 193 cm dan postur yang sangat atletis. Jadi Virgil van Dijk amat kuat dalam duel satu lawan satu.

Namun, menurut Martinez, apa yang dimiliki Van Dijk di aspek fisik belum tentu menjadi faktor penting bagi seorang bek. Menurutnya, pemain seperti Virgil van Dijk akan jadi biasa saja jika tidak punya keunggulan lain.

"Saya lebih suka untuk tidak menjadi seperti Virgil van Dijk. Tinggi badannya memang menjadi keuntungan yang besar, tapi kalau tinggi saja, tanpa punya kualitas lain, tidak berguna juga," ucap Martinez.

"Posisi favorit saya adalah bek tengah. Saya memulai karier sebagai gelandang, tapi saya mempelajari semua kualitas yang dibutuhkan bek tengah yang bermain di tim menyerang Erik ten Hag," lanjut pemain asal Argentina itu.

 

3 dari 4 halaman

Bek Ideal di Mata Martinez

Lisandro Martinez memang berbeda dengan Virgil van Dijk. Tingginya hanya 174 cm. Pemain asal Argentina itu tampak tidak meyakinkan untuk duel-duel bola atas.

Tapi, Martinez memiliki contoh ideal agar bisa menjadi bek tangguh.

"Fabio Cannavaro merasa nyaman dengan bola. Meskipun tidak terlalu tinggi, dia berduel untuk setiap bola, seolah-olah itu adalah tekel terakhir untuk memenangkan pertandingan," kata Martinez.

"Saya menyukai gaya Cannavaro dan saya bertipe seperti dirinya," ujar mantan pemain Newell's Old Boys itu.

Sebagai informasi, Cannavaro bertinggi 176 cm. Dia adalah satu-satunya bek tengah yang mampu meraih gelar Ballon d'Or.

Sumber: Mirror

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 4/7/2022)

4 dari 4 halaman

Posisi Akhir Liverpool di Premier League 2021/2022

Video Populer

Foto Populer