Sukses


5 Alasan Ini Bikin MU Lebih Moncer Jika Tendang Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Kabar kepergian Cristiano Ronaldo dari Manchester United tak kunjung berakhir. Meski MU masih enggan melepas, kepergian Ronaldo diyakini bisa membuat Tim Setan Merah jauh lebih baik.

Kapten Timnas Portugal itu disebut ingin angkat kaki dari Manchester United. Cristiano Ronaldo kabarnya enggan membela MU di ajang Liga Europa, dan masih berhasrat meraih trofi juara di Liga Champions.

Selain itu, CR7 juga merasa tak puas dengan aktivitas transfer The Red Devils pada musim panas tahun ini. Tidak ada pemain-pemain top yang didatangkan Manchester United ke Old Trafford.

Demi bisa hengkang dari MU, Cristiano Ronaldo mengutus sang agen, Jorge Mendes untuk mencari klub ideal. Namun sejauh ini, tak ada klub yang berminat menampung Ronaldo.

Di sisi lain, Manchester United juga masih enggan melepas sang megabintang. Padahal, MU diyakini bisa jauh lebih baik tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo. Apa sajakah itu? Berikut ini lima alasannya.

 

2 dari 7 halaman

Gaji Terlalu Mahal

Cristiano Ronaldo adalah pemain bergaji tertinggi di Manchester United, bahkan di Premier League. Gajinya per minggu di Setan Merah mencapai 510 ribu Poundsterling.

Dengan gaji sebesar itu, finansial jelas terdampak. Namun sebaliknya apabila Manchester United merelakannya pergi segera, maka akan ada banyak ruang kosong untuk dialokasikan ke pemain lain.

Apalagi Manchester United sedang berambisi mendekati sejumlah pemain incaran. Jika ruang untuk batasan gajinya tersedia, Setan Merah bakal lebih mudah untuk melakukan tarik-ulur gaji dengan pemain baru.

 

3 dari 7 halaman

Tidak Bisa Melakukan Pressing

Erik Ten Hag adalah tipe pelatih yang mengandalkan pressing atas melibatkan pemain depan saat lawan menguasai bola. Karakteristik permainan itu tidak cocok dengan Cristiano Ronaldo.

Diambil dari FBRef, jumlah upaya pressing Ronaldo paling rendah dibandingkan seluruh pemain Premier League musim lalu di posisi yang sama. Upaya pressingnya hanya 6,54 per 90 menit.

Ronaldo di musim lalu ditempatkan sebagai penyerang tengah. Dengan statistik tersebut dan karakter bermain yang diperlukan Ten Hag, Ronaldo jelas tidak cocok.

 

4 dari 7 halaman

Tidak Bisa Menahan Bola

Semua orang tahu betapa menakjubkannya Ronaldo ketika menggiring bola dan melewati lawan. Tetapi jika dipasangkan di penyerang tengah, ia harus pandai menahan bola (holding the ball) untuk membantu rekan-rekannya menyerang.

Kemampuan itu juga sama sekali tidak terdapat pada diri Ronaldo. Dari laman yang sama, Ronaldo terlalu bagus dalam urusan progressive carries atau menggiring bola dengan jumlah 5,4 per 90 menit.

Sementara itu, Ronaldo lemah dalam upaya kreasi serangan tanpa harus melakukan dribel. Progressive passes atau umpan ke depannya hanya 1,83 per 90 menit. 

5 dari 7 halaman

Hilangkan Label 'Ronaldo FC'

Cristiano Ronaldo berkat ketenarannya telah menjadi sorotan utama media. Ketika segala sesuatu disangkutkan ke dirinya, Manchester United menjelma seperti Ronaldo FC.

Ronaldo akan jadi perhatian utama publik dan media saat dia bermain. Entah itu akan mencetak gol atau bermain buruk.

Ronaldo tetap akan jadi sorotan utama ketika dirinya tidak bermain atau tidak dimainkan oleh pelatih. Sorotan semacam ini bisa hilang apabila Ronaldo jadi hengkang.

 

6 dari 7 halaman

Terlalu Bergantung kepada Ronaldo

Cristiano Ronaldo memang menjadi pencetak gol terbanyak Manchester United di semua ajang musim lalu. 18 gol sukses ditorehkan pemain berusia 37 tahun tersebut.

Namun, Manchester United jadi sangat bergantung dengan dirinya untuk mencetak gol. Dari zaman Ole Gunnar Solksjaer sampai Ralf Rangnick, Ronaldo jadi tumpuan utama tim untuk mencetak gol.

Ketergantungan ini tentunya sangat buruk lantaran MU kehilangan opsi mencetak gol dari pemain lain. Lagi-lagi, ketergantungan ini bisa hilang jika Ronaldo dilepas.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 7/7/2022)

7 dari 7 halaman

Simak Daftar Klub Premier League 2022/2023

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Premier League

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer