Sukses


5 Debutan Tertua MU di Liga Inggris: Gokil, Ada yang Berumur 37 Tahun!

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) terkadang menyia-nyiakan pemain muda didikan akademi klub. Sebut saja Kieran Richardson, Darren Gibson hingga Danny Welbeck yang terbuang dari Old Trafford di usia muda.

Ketika Red Devils membuang para pemain mudanya, di sisi lain justru merekrut pemain tua. Ada banyak pemain berusia 30 tahun lebih yang Manchester United datangkan.

Jadi, pemain-pemain tersebut menjalani debut bersama MU di Liga Inggris dalam usia yang dibilang sudah senja. Ada yang langsung bisa beradaptasi, ada juga yang butuh waktu menyesuaikan diri.

Salah satu pemain yang moncer meskipun baru debut di usia lebih dari 30 tahun bersama MU di Liga Inggris adalah Edwin van de Sar. Dia adalah salah satu kiper terbaik dalam sejarah Red Devils. 

Berikut lima pemain tertua yang menjalani debut bersama MU di Liga Inggris. Ada yang mampu membuktikan pengalamannya, sebagian lainnya hanya menjadi pelengkap.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Andy Goram (37 Tahun 1 Hari)

Ketika Fabian Barthez dan Raymond Van Der Gouw cedera bersamaan pada 2001, Manchester United mengalami krisis penjaga gawang. Jadi manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, membuat keputusan meminjam kiper klub Liga Skotlandia Motherwell bernama Andy Goram.

Goram melakukan debut bersama Manchester United di Liga PInggris sehari setelah ulang tahunnya yang ke-37. Tetapi dia kebobolan dua kali dalam kemenangan 4-2 melawan Coventry City dan ditarik keluar di menit ke-66 menit.

 

3 dari 6 halaman

2. Laurent Blanc (35 Tahun 9 Bulan 20 Hari)

Sir Alex Ferguson sudah beberapa kali mencoba mendatangkan bek Timnas Prancis, Laurent Blanc, namun gagal. Baru pada 2001 Inter Milan melepas Blanc yang sudah berusia 35 tahun untuk hengkang ke Manchester United.

Blanc melakukan debut di Liga Inggris saat Manchester United melawan Everton. Dia dan menghabiskan dua tahun di MU hingga memutuskan gantung sepatu pada 2003.

 

4 dari 6 halaman

3. Henrik Larsson (35 Tahun 3 Bulan 24 Hari)

Striker legendaris itu gabung MU dengan kontrak pinjaman dua bulan dari Helsingborgs pada 2007. Henrik Larsson membuat kesan bagus saat mencetak gol pada debutnya di Piala FA melawan Aston Villa.

Enam hari kemudian, dia menjalani debut di Liga Inggris saat MU menghadapi lawan yang sama. Striker berpaspor Swedia ini mencatat 12 penampilan lagi bersama MU hingga akhirnya kembali lagi ke Swedia.

 

5 dari 6 halaman

4. Zlatan Ibrahimovic (34 Tahun 10 Bulan 11 Hari)

Tidak hanya Larsson, Ibrahimovic juga merupakan striker tua asal Swedia yang direkrut Manchester United. Banyak yang menyangsikan apakah Ibrahimovic yang sudah berusia 34 tahun mampu tampil baik di Inggris pada 2016 .

Namun, ia segera membungkam semua keraguan dengan torehan tiga gol dalam dua pertandingan pertamanya di Liga Inggris. Dia mencetak 28 gol dari 46 penampilan untuk Manchester United musim itu sebelum cedera melanda.

 

6 dari 6 halaman

5. Edwin van der Sar (34 Tahun 9 Bulan 15 Hari)

Pada 2005, Manchester United masih mencari kiper tangguh untuk mengisi posisi Peter Schmeichel. Setan Merah akhirnya mendatangkan kiper berusia 34 tahun seharga 2 juta poundsterling dari Fulham, Edwin van der Sar.

Kiper ini melakukan debutnya melawan Everton di usia 34 tahun lebih. Dia kemudian menjadi legenda MU setelah membantu klub memenangkan empat gelar Liga Premier dan Liga Champions pada 2008.

Sumber: Planet Football

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer