Sukses


Liga Inggris: Kisah Miris Julian Dowe, Anak yang Tinggal di Seberang Markas Man City

Bola.com, Manchester - Ini sepenggal kisah Julian Dowe. Kalian tahu siapa dia? Dowe adalah kisah tragis yang melibatkan Manchester City, di mana sanjungan tak berbanding lurus dengan kenyataan.

Lahir 9 September 1975, hari-hari Dowe seutuhnya ihwal sepak bola. Dibesarkan di No.4 Kippax Street, rumahnya hanya selemparan batu dari Maine Road, markas The Citizens (1923-2003).

Lucunya, meski banyak orang berkisah tentang Dowe kecil, ibunya sama sekali tidak tahu kalau anaknya sosok pemain berbakat.

Bakatnya yang luat bisa kemudian diendus tetangga Man City, Manchester United dan segera menempanya di akademi Setan Merah. Namun dia menyia-nyiakan kesempat emas tersebut. Semua tak berjalan mulus.

2 dari 5 halaman

Tim Junior Everton

Sebelum hijrah ke akademi Manchester City, Dowe terlebih dulu ke tim junior di Everton. Di kedua klub itu pun, Dowe gagal naik pangkat ke tim senior.

Semua berawal dari cedera parah yang mendera. Ketika itu, dalam balutan jersey Everton, Dowe mengalami cedera horor kala bentrok kontra Tranmere. Penyerang yang kini berusia 46 tahun itu dihajar dari belakang. Prak!

"Saya mendapat terjangan keras dari belakang. Ahli fisio mengatakan itu adalah kejang otot dan akan segera pulih cepat, tapi ternyata tidak," kata Dowe.

3 dari 5 halaman

Cedera Kambuhan

Cedera kambuhan itu pula yang menghalangi Dowe tampil prima kala melanjutkan kariernya ke tim remaja City. Cederanya ternyata lebih parah dari yang dia pikirkan. Bocah malang itu divonis patah tulang rotasional. Selama hampir satu tahun, Dowe harus berjalan dengan penyangga punggung.

Mimpi untuk beraksi bersama tim-tim besar pupus sudah. Dengan semangat tersisa, Dowe bertualang dari satu klub ke klub lain. Semuanya klub antah berantah.

Dari semua klub yang pernah dibelanya, mungkin hanya Wigan Athletic yang terdengar sedikit asyik di telinga. Di klub ini pun nasib Dowe tetap memble. Hanya setahun, dari 1992 hingga 1993, Dowe lagi-lagi harus mengais nasib mujur ke tempat lain.

4 dari 5 halaman

Mengadu Nasib ke Skotlandia

Dowe pernah mengadu hidup ke Skotlandia. Mau untung, malah buntung. Bagaimana tidak, dia salah klub. Informasi yang dia dapat di awal, dirinya akan bermain untuk tim beken di sana yakni Rangers atau Celtic. Tapi nyatanya bukan. Dia justru berlabuh ke tim yang tak berlaga di kasta teratas, Ayr United.

"Saya diberitahu dan saya berpikir itu adalah Rangers atau Celtic. Tapi ternyata tidak. Belakangan saya menyadari kalau itu merupakan tim kasta kedua. Itu benar-benar lelucon," kenang Dowe.

 

5 dari 5 halaman

Bisnis

Setelah Ayr United, Dowe hijrah dari satu klub ke klub lainnya. Dia terakhir kali membela New Mills, klub divisi satu Inggris (2003-2004).

Dowe masih tinggal menetap di Manchester sebagai pebisnis. Sadar kalau dirinya punya banyak pengalaman dan tentunya hampir semua berakhir getir, Dowe kerap memberikan nasihat atau tips bagi pemain muda agar tak punya nasib seperti dirinya.

Oke juga nih Bang Dowe.

 

Video Populer

Foto Populer