Sukses


5 Bintang Belgia Tersukses dalam Sejarah Premier League: Cemerlang di Chelsea dan Man City

Bola.com, Jakarta - Sejak era Premier League dimulai pada 1992, kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris ini sangat terbuka dengan kehadiran pemain asing, termasuk mereka yang datang dari Belgia.

Ada banyak pemain Belgia yang mendapatkan kesempatan memperkuat klub-klub besar Premier League. Sebagai contoh Eden Hazard dan Romelu Lukaku yang pernah menjadi bagian dari Chelsea.

Pemain seperti Mousa Dembele dan Toby Alderweireld juga pernah menginjakkan kaki di Premier League, di mana keduanya bermain untuk Tottenham Hotspur.

Namun, siapa ya pemain-pemain asal Belgia yang masuk kategori terhebat di Premier League? Berikut lima yang terhebat:

2 dari 7 halaman

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois bergabung dengan Chelsea pada 2011. Namun, kiper asal Belgia tersebut kemudian dipinjamkan ke Atletico Madrid selama tiga musim.

Penampilan Courtois di Spanyol begitu impresif sehingga Chelsea membawanya kembali menjelang musim 2014/2015. Courtois kemudian menjadi kiper nomor satu di Stamford Bridge.

Courtois turut membantu Chelsea memenangkan gelar Premier League pada musim debutnya. Dia kemudian menunjukkan performa impresif lagi untuk membantu The Blues memenangkan gelar Premier League pada musim 2016/2017.

3 dari 7 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku tiba di Premier League dengan bergabung bersama Chelsea dari Anderlecht pada musim panas 2011. Namun, dia gagal masuk starting XI The Blues dan hanya membuat 10 penampilan liga selama waktunya di klub.

Chelsea akhirnya meminjamkannya ke West Brom dan Everton sebelum menjualnya secara permanen ke The Toffees pada 2014. Lukaku menikmati masa paling suksesnya selama di Goodison Park. Dia mencetak 53 gol dalam 110 penampilan liga untuk tim Merseyside setelah transfer permanennya pada 2014.

Lukaku kemudian meninggalkan Everton untuk bergabung dengan Manchester United pada 2017. Ia menghabiskan dua musim bersama Setan Merah, mencetak 28 gol dalam 66 penampilan sebelum pindah ke Inter Milan pada 2019.

Pencetak gol terbanyak dalam sejarah Timnas Belgia itu kemudian kembali ke Chelsea sebelum dimulainya musim 2021/2022. Namun, dia kesulitan membuat dampak di Stamford Bridge dan kemudian dipinjamkan kembali ke Inter Milan pada musim ini.

4 dari 7 halaman

Vincent Kompany

Vincent Kompany merupakan satu di antara bek terbaik yang pernah bermain di Premier League. Stoper asal Belgia itu bergabung dengan Man City dari Hamburger SV pada musim panas 2008.

Vincent Kompany memainkan 265 pertandingan untuk Man City dengan mencetak 18 gol. Dia juga dipercaya menjadi kapten klub dan membantu timnya merebut banyak gelar juara.

Kompany membantu The Citizens merebut empat gelar juara Premier League, dua trofi Piala FA, empat trofi Piala Liga, dan dua kali juara Community Shield. Kompany kemudian meninggalkan Man City untuk bergabung dengan Anderlecht pada 2019 dan pensiun pada 2020.

5 dari 7 halaman

Eden Hazard

Eden Hazard datang ke Chelsea dari klub Prancis, Lille, pada 2012. Bermain bersama The Blues, Hazard membuktikan diri sebagai satu di antara pemain terbaik di dunia.

Hazard tampil dalam 245 pertandingan Premier League bersama Chelsea, mencetak 85 gol dan 54 assist. Dia memenangkan dua gelar Premier League, satu trofi Piala FA, satu trofi Piala Liga, dan dua trofi Liga Europa pada saat di Stamford Bridge.

Setelah meraih kesuksesan bersama Chelsea, Eden Hazard bergabung bersama Real Madrid pada 2019. The Blues mendapatkan lebih dari 100 juta euro dari penjualan Hazard.

6 dari 7 halaman

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne kali pertama tiba di Inggris bersama Chelsea pada 2012. Namun, dia tidak banyak mendapatkan kesempatan di Stamford Bridge sebelum akhirnya dijual ke Vfl Wolfsburg.

Bermain di Bundesliga, Kevin De Bruyne berhasil memamerkan bakatnya. Man City kemudian memecahkan rekor transfer untuk mendapat tanda tangannya pada musim panas 2015.

Bersama Man City, Kevin De Bruyne telah membuat lebih dari 200 penampilan dengan mencetak lebih dari 50 gol dan memberikan hampir 100 assist. Selain itu, Kevin De Bruyne telah memenangkan lebih dari 10 trofi, termasuk empat gelar juara Premier League.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 26/9/2022)

7 dari 7 halaman

Persaingan di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer