Sukses


Eks Presiden Inter Milan Erick Thohir Jadi Pemilik Klub Kasta Ketiga Liga Inggris

Bola.com, Oxford - Mantan Presiden Inter Milan, Erick Thohir, menguasai saham mayoritas klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United. Thohir menggandeng pengusaha Indonesia, Anindya Bakrie, untuk menjadi pemilik klub berjulukan Yellows itu.

Kepastian tersebut diumumkan dalam RUPS Oxford United, yang berlangsung pada Selasa (27/9/2022) di Oxford City, Inggris. Erick Thohir dan Anindya kini memiliki 51 persen saham Oxford United.

Komposisi pemegang saham Oxford masih sama. Ada pengusaha asal Thailand, Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth dan pengusaha Vietnam, Horst Geicke. Hanya saja sekarang orang Indonesia yang memimpin Oxford United.

Ini merupakan wujud nyata dari target yang sudah lama direncanakan, sejak Anindya dan Erick Thohir masuk ke Oxford United pada 2018. Kedua pengusaha muda itu sudah lama berkolaborasi di bidang bisnis, seperti kiprah mereka di industri media Tanah Air.

"Kami merasa terhormat mendapat kesempatan menjadi bagian dari Oxford United, sebuah klub sepak bola Inggris yang memiliki tradisi dan sejarah panjang serta reputasi yang membanggakan, khususnya bagi masyarakat di Oxford," kata Anindya Bakrie.

 

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Hubungan Indonesia-Inggris

Anindya pun menerangkan pihaknya memang hadir di tengah situasi sulit yang dihadapi masyarakat Inggris dan Eropa, karena saat ini terdampak inflasi dan krisis energi, perang Rusia-Ukraina serta berbagai hal lainnya.

"Ini justru menunjukkan komitmen kami dalam peningkatan hubungan negara antara Indonesia dan Inggris," tukasnya.

Keterlibatan Anindya dan Grup Bakrie dengan institusi di Oxford memang bukan hal yang baru.

Selain menjadi pemegang saham di Oxford United, Anindya juga bekerja sama dengan Oxford University dalam penelitian life science, selain dengan Larry Ellison Institute dan Tony Blair Institute, hingga membantu para mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Oxford.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Klub Luar Negeri Pertama

Kiprah Bakrie Group di bidang olahraga juga tercatat cukup panjang. Selain Oxford United, sebelumnya grup Grup Bakrie turut memiliki klub sepak bola Brisbane Roar (Australia), SAD Deportivo (Uruguay), dan C.S. Vise (Belgia).

Di tingkat lokal, Grup Bakrie pernah menaungi klub olahraga Pelita Jaya, dan saat ini ada Persija Jakarta dan Arema Malang. Anindya Bakrie juga dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Anindya juga menjelaskan tentang target Oxford United kedepan. "Ada empat hal yang menjadi fokus Oxford United," kata Anindya.

"Pertama, dengan adanya manajemen baru yaitu Chairman baru Grant Ferguson dan CEO baru Tim Williams, kami berharap Oxford United kedepan bisa ‘on-the-pitch performance’ dan semua target bisa dicapai dengan baik."

"Kedua, Oxford United akan menerapkan unsur corporate governance yang lebih baik karena bagaimanapun juga sepak bola adalah bisnis. Yang ketiga, kami juga ingin agar unsur community development dari Oxford United diperkuat."

"Kami ingin penduduk Oxford yang memiliki tagline ‘the city of dreaming spires’ bagi kotanya ini bisa lebih dekat dengan klub sepak bolanya. Berikutnya, Grup Bakrie sebagai entitas bisnis yang memiliki aspirasi dibidang transisi energi juga ingin menyelaraskan misi net zero yang ingin segera diterapkan oleh Oxford County," demikian Anindya memaparkan.

 

4 dari 4 halaman

Target di Oxford United

Berikutnya, manajemen baru juga akan menentukan target-target penting ke depan, seperti kapan klub ini ditargetkan promosi ke divisi EFL Championship, pembangunan stadion baru, dan banyak hal penting lainnya.

Anindya juga menegaskan fokus pembinaan pemain Oxford United ke depan. Tidak hanya memperkuat tim senior, klub juga akan fokus membangun akademi untuk membina pemain muda.

"Semoga nantinya fasilitas di Oxford United ini bisa juga dimanfaatkan paling tidak sebagai training ground bagi pemain nasional kita. Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia," tutup Anindya mengakhiri percakapan.

Video Populer

Foto Populer