Sukses


5 Bintang Arsenal yang Dijual Mikel Arteta: Pernah Jadi Pujaan Fans The Gunners

Bola.com, London - Arsenal tampil memukau pada awal musim Premier League 2022/2023. Penampilan apik klub berjulukan Meriam London itu tak terlepas dari peran manajer Mikel Arteta dalam menyusun skuad.

Arsenal saat ini berada di pucuk klasemen sementara Premier League 2022/2023 dengan raihan 24 poin. Jumlah itu dikumpulkan dari hasil sembilan kali main, dengan detil delapan kemenangan dan sekali kalah.

Arsenal musim ini mendatangkan lima pemain anyar. Mereka di antaranya adalah Gabriel Jesus, Oleksandar Zinchenko, Fabio Viera, Matt Turner, dan Marquinhos.

Selain itu, Arsenal asuhan Mikel Arteta juga tak segan melepas pemain mahal yang sudah tidak sesuai dengan skema permainan. Lantas, siapa saja pemain mahal yang dilepas manajer Mikel Arteta di Arsenal? Berikut ini lima di antaranya:

2 dari 7 halaman

Shkodran Mustafi

Arsenal mengeluarkan 41 juta euro untuk memboyong Shkodran Mustafi pada 2014 lalu. Meski direkrut dengan harga yang cukup mahal, performa Mustafi cenderung inkonsisten di lini belakang The Gunners.

Mustafi tidak pernah menjadi pilihan utama di bawah asuhan Mikel Arteta. Bek asal Jerman tersebut hanya memainkan 28 pertandingan bersama Arteta di Emirates Stadium.

Arsenal akhirnya memutus kontrak Mustafi pada Februari 2021. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Schalke sebelum bermain untuk Levante.

3 dari 7 halaman

Mesut Ozil

Arsenal merekrut Mesut Ozil dari Real Madrid dengan biaya 47 juta euro pada 2013. Dia tampil bagus dengan mengoleksi 44 gol dan 78 assist bersama The Gunners.

Sayangnya, Ozil kemudian terlibat konflik dengan manajemen Arsenal. Alhasil, gelandang asal Jerman tersebut dicoret dari skuat asuhan Mikel Arteta dalam waktu yang cukup lama.

Arsenal akhirnya memutus kontrak Ozil pada awal 2021 lalu. Setelah berstatus bebas transfer, Ozil kemudian bergabung dengan Fenerbahce secara gratis.

 
4 dari 7 halaman

Alexandre Lacazette

Arsenal mendatangkan Alexander Lacazette pada musim panas 2017 untuk mendongkrak lini depannya. The Gunners membayar 53 juta euro untuk menebusnya dari Lyon.

Performa Lacazette bersama Arsenal sejatinya cukup menjanjikan. Striker asal Prancis tersebut berhasil mengemas 71 gol dan 36 assist dari 206 pertandingan selama membela The Gunners.

Kontrak Lacazette berakhir pada musim panas 2022 dan tidak diperpanjang oleh manajemen Arsenal. Dia kemudian memilih untuk kembali ke Lyon secara gratis.

5 dari 7 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Arsenal merekrut Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund pada musim dingin 2018 lalu. Aubameyang datang ke Emirates Stadium dengan biaya sebesar 63,75 juta euro.

Aubameyang menjadi mesin gol utama Arsenal selama beberapa musim. Striker asal Gabon tersebut mencetak 92 gol dan 21 assist dari 163 pertandingan di semua kompetisi.

Namun, Aubameyang melakukan tindakan indisipliner yang membuatnya dikesampingkan dari skuad pada musim 2021/2022. Tidak berselang lama, Aubameyang sepakat berpisah dengan Arsenal dan hengkang ke Barcelona.

 
6 dari 7 halaman

Nicolas Pepe

Nicolas Pepe berstatus sebagai pemain termahal Arsenal. Pemain sayap asal Pantai Gading tersebut dibeli dengan harga 80 juta euro dari Lille pada musim panas 2019.

Meski direkrut dengan harga yang cukup mahal, performa Pepe bersama Arsenal cenderung inkonsisten. Dia hanya mencetak 27 gol dan 21 assist dari 112 pertandingan di semua kompetisi.

Pepe tidak masuk dalam rencana Mikel Arteta pada musim ini. Pemain berusia 27 tahun tersebut akhirnya dipinjamkan ke klub Prancis Nice sampai akhir musim.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 10/10/2022)

7 dari 7 halaman

Posisi Arsenal di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer